Unik! Contek 7 Inspirasi Desain Musala di Dalam Rumah

Tak perlu area yang luas, kamu juga bisa membuat musala mini di dalam rumah!

18 Juni 2019

Unik Contek 7 Inspirasi Desain Musala Dalam Rumah
Pinterest.com

Sebuah rumah ideal adalah rumah yang bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Bagi yang beragama muslim, salah satu ruangan yang paling dibutuhkan adalah musala.

Meskipun ibadah salat bisa dilakukan di ruangan lain seperti kamar dan ruang tamu, namun ruangan khusus merupakan salah satu cara untuk membuat ibadah lebih khusuk.

Tidak perlu ruangan yang terlalu besar, karena musala minimalis yang simpel namun tetap modern bisa menjadi pilihanmu. 

Lantas, apa saja inspirasinya?

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 ide desain musala dalam rumah yang unik dan minim budget.

1. Musala menghadap ke taman

1. Musala menghadap ke taman
pinterest.com/de_ra

Inspirasi pertama adalah musala yang menghadap ke arah taman. Selain menenangkan, bersembahyang menghadap pepohonan juga dapat memberikan energi yang lebih positif.

Untuk mendapatkan desain musala yang satu ini, kamu tak perlu lagi repot-repot mengatur pencahayaan, karena kaca bening ke arah taman belakang sudah dapat membantu ruangan menjadi lebih terang dan hemat energi.

Agar lebih nyaman, kamu dapat menambahkan sajadah lembut serta bantal-bantal kecil. Siapkan juga furnitur berupa meja kecil dari rotan untuk meletakkan tasbih dan Alquran agar lebih rapi dan tertata.

2. Musala bernuansa pastel

2. Musala bernuansa pastel
pinterest.com/didekor

Selanjutnya adalah musala bernuansa pastel. Kamu dapat mendekor musala minimalis di pojok ruangan ini dengan cat tembok bernuansa pastel yang lembut dan menenangkan.

Hias juga dindingnya dengan wallpaper bermotif Islami untuk menambah kesan musala yang lebih kental. Sebagai hiasan, kamu juga dapat menempelkan kaligrafi Allah dan Muhammad di dinding.

Karena musala yang satu ini berada di pojok ruangan dan tidak terdapat jendela, maka ada baiknya juga jika kamu menambahkan kipas angin agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar dan tidak membuatmu gerah.

3. Musala mini dengan tumbuhan sintetis

3. Musala mini tumbuhan sintetis
pinterest.com/lili sukowati

Inspirasi selanjutnya adalah musala super mini yang dipenuhi dengan tumbuhan sintetis. Jika kamu tidak bisa mendapatkan musala yang mengahadap taman belakang, kamu juga bisa menyiasatinya dengan tumbuhan sintetis.

Meski palsu, setidaknya kamu bisa mendapatkan nuansa hijau yang menenangkan saat bersembahyang. Tak harus tembok, kamu juga bisa menggunakan pagar-pagar kecil sebagai sekatnya. 

Editors' Picks

4. Musala bernuansa hitam

4. Musala bernuansa hitam
pinterest.com/metta juanita

Bagi kamu yang suka dengan nuansa hitam, maka inilah inspirasi desain musala yang dapat kamu aplikasikan di rumah.

Meski kamu pecinta warna hitam, namun usahakan juga agar kamu mengkombinasikannya dengan warna lain, seperti warna emas.

Jika bosan dengan karpet, kamu juga bisa menggunakan lantai parket yang terkesan lebih natural dan dingin.

Mengingat bahwa ruangan musala yang satu ini cukup tertutup, maka ada baiknya jika kamu menggunakan AC untuk sirkulasi ruangan yang lebih baik.

5. Musala dengan sajadah warna

5. Musala sajadah warna
pinterest.com/mmebaobab

Selanjutnya adalah musala dengan sajadah warna. Tak hanya berfokus pada dekorasi musala, kamu juga harus memikirkan furnitur yang ada didalamnya.

Salah satu poin utama yang perlu diperhatikan adalah sajadah. Agar lebih menghidupkan ruang, kamu dapat memilih sajadah dengan warna terang, seperti merah, biru, pink, ataupun kuning.

Jika sajadah sudah on point, maka seimbangkanlah ruangan dengan warna yang netral, seperti putih ataupun abu-abu.

6. Musala dengan sekat

6. Musala sekat
pinterest.com/pious couple

Berbeda dengan inspirasi musala-musala sebelumnya, dekorasi ruangan beribadah yang satu ini lebih diutamakan untuk para tamu yang ada di rumah.

Pasalnya, musala yang satu ini juga terdapat sekat antara deretan perempuan dan deretan laki-laki.

Dengan desain yang satu ini, kamu sebagai tuan rumah juga bisa bersembahyang bersama dengan tamu ataupun kerabat yang berbeda jenis kelamin.

Untuk pemilihan cahaya, musala yang satu ini juga lebih memilih warna jingga yang hangat dan menenangkan. Suasana beribadah pun menjadi lebih khusus.

7. Musala bernuansa putih

7. Musala bernuansa putih
pinterest.com/the degrood team

Terakhir adalah musala bernuansa putih. Warna yang satu ini memang menjadi salah satu warna yang dianjurkan oleh Islam. Maka dari itu, inspirasi musala yang satu ini juga dapat menjadi referensimu di rumah.

Namun, jika kamu memiliki anak kecil, sebaiknya pilihlah cat tembok yang mudah untuk dibersihkan agar dinding musala tidak cepat kotor.

Mengingat dinding sudah berwarna netral, maka pilihlah karpet musala yang bermotif agar menghidupkan suasana ruang.

Nah, itulah ketujuh inspirasi desain musala di dalam rumah.

Dari ketujuh pilihan di atas, mana yang paling kamu suka?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!