7 Langkah Bersihkan Rumah ala Room Service Hotel

Nggak cuma cepat, cara ini juga dijamin mampu buat rumahmu bersih!

10 April 2021

7 Langkah Bersihkan Rumah ala Room Service Hotel
Pinterest.com/aditya enterprise

Jika sedang menginap di hotel, pasti kamu selalu merasa nyaman saat berada di sana selama berjam-jam.

Tak hanya karena kasurnya yang empuk dan seprai yang lembut, kamar hotel juga terkenal akan kebersihannya.

Nah, berbicara mengenai kebersihan kamar hotel, maka kamu pasti ingin tahu bagaimana cara para pekerja hotel membersihkan setiap ruangan?

Untuk menjawab kegelisahanmu, berikut Popmama.com telah merangkum 7 langkah mudah membersihkan rumah ala room service hotel yang dapat kamu lakukan sendiri!

1. Bersihkan barang yang berserakan terlebih dahulu

1. Bersihkan barang berserakan terlebih dahulu
thespruce.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan dahulu kamar yang berantakan sebelum mulai merapikannya. 

Biasanya pekerja hotel akan mengosongkan tempat sampah terlebih dahulu, menaruh seprai dan handuk di tempat baju kotor dan hal lain yang terlihat berantakan di kamar. 

Setelah itu untuk kamar mandi, kamu harus menyingkirkan handuk, alas kaki, botol kosong dan apapun yang ada di atas wastafel atau toilet.

Intinya, bersihkan dahulu segala barang-barang yang seharusnya tidak berada di tempat tersebut.

2. Gunakan lap microfiber

2. Gunakan lap microfiber
Pexels.com

Rahasia dalam mengelap perabotan dengan efisien adalah bahan lap yang digunakan. "Lap berbahan microfiber adalah yang terbaik," ujar Agustin Canongo, Direktur Housekeeping di Hotel Loews Vanderbilt, Tennesee, Amerika Serikat yang dilansir dari thespurce.com.

Jika kamu tidak memilikinya, gunakanlah lap berbahan kapas 100% seperti cloth diaper yang bersih, sarung bantal bekas atau kaos yang tak terpakai. 

Hindari lap berbahan polyester karena akan menghasilkan lebih banyak debu.

Editors' Picks

3. Bereskan tempat tidur dengan cepat

3. Bereskan tempat tidur cepat
Pinterest.com/kathy tierney

Membereskan tempat tidur yang ukurannya lebih besar dari twin size akan menghabiskan banyak waktu dimanapun kamu memulainya. 

Perhatikan sisi kiri dan kanan yang benar dalam memasang seprai tempat tidur, jika kamu memasangnya di sisi yang salah, maka kamu akan kesulitan menariknya kesana kemari agar terlihat seimbang.

4. Bersihkan debu yang menempel

4. Bersihkan debu menempel
Pixabay/MabelAmber

Partikel debu hanya akan terus bersirkulasi jika dibiarkan di ruangan dalam waktu yang lama. 

Cara terbaik untuk menghilangkan debu yang menempel, seperti di tirai atau tempat tidur adalah mengepaknya dengan handuk tangan.

Handuk ukuran ini dapat membersihkan debu tanpa harus membuat tanganmu lelah. Jika debu tersebut menempel di penghisap debu, ketukan bagian ujung ke lantai kemudian hisap menggunakan penghisap debu lagi.

5. Sapu dulu sebelum mengepel lantai

5. Sapu dulu sebelum mengepel lantai
Pexels.com

Biasakan untuk selalu menyapu atau menghisap debu terlebih dahulu sebelum mulai mengepel. Mulailah untuk mengepel dari ujung yang paling jauh hingga ke pintu.

Menyapu terlebih dahulu dimaksudkan agar debu yang ada tidak menempel pada kain pel, dengan begitu ruanganmu juga akan menjadi lebih bersih.
 

6. Bersihkan kamar mandi terakhir

6. Bersihkan kamar mandi terakhir
Pexels.com

Mengingat bahwa kamar mandi merupakan ruangan yang paling kotor di rumah, maka pastikanlah kamu membersihkan ruangan yang satu ini di urutan terakhir.

Mulailah membersihkan tempat tidur terlebih dahulu, kemudian lanjutkanlah ke ruang keluarga dan ruang tamu. Jika sudah selesai, kamu bisa mulai membersihkan area ruang makan dan dapur.

Setelah tuntas membersihkan seluruh ruangan rumah, maka kamu bisa mulai membersihkan kamar mandi di bagian terakhir untuk meminimalisir perpindahan bakteri.

7. Simpan dengan baik peralatan

7. Simpan baik peralatan
Pexels.com

Para pekerja hotel selalu menyimpan dengan baik semua peralatan membersih. Kamu juga bisa melakukannya di rumah dengan mengumpulkan ember kecil yang berisi semua perlengkapan, semprotan, sikat dan sapu.

Dengan begitu, maka waktu bersih-bersih akan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, peralatanmu juga menjadi terawat dan awet.

Nah, itulah ketujuh langkah mudah membersihkan rumah ala room service hotel.

Ternyata tak sesulit yang dibayangkan, bukan?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.