Tips Mudah Bersihkan 7 Ruangan Rumah yang Sulit Dijangkau

Jagalah kebersihan mulai dari rumah kita sendiri

12 Juni 2018

Tips Mudah Bersihkan 7 Ruangan Rumah Sulit Dijangkau
Unsplash/sayan nath

Secara harfiah, ruangan yang bersih dapat dikatakan bahwa sejauh mata memandang, ruangan tersebut terbebas dari debu dan kotoran.

Namun, karena keterbatasan kemampuan dan jarak pandang manusia, maka ada beberapa tempat yang tak dapat dijangkau oleh mata dan nyatanya masih tersimpan banyak debu dan kotoran.

Jika sudah begini, maka ruangan tersebut sudah tidak bisa dikatakan bersih lagi. Hal-hal seperti inilah yang sering kali terlupakan oleh beberapa keluarga dalam satu rumah.

Tak heran jika salah satu anggota keluarga sering mengalami alergi namun tak tahu apa penyebab pastinya.

Bisa saja penyebab dari alergi tersebut adalah partikel debu yang masih berkeliaran di sekitar rumah dan menempel pada beberapa bagian rumah yang sulit terjangkau.

Nah, untuk mengatasi itu semua, jalan satu-satunya adalah dengan membersihkannya secara rutin. Meskipun sulit, kamu tetap perlu melakukannya agar keluarga tetap terhindar dari kuman dan penyakit.

Tidak perlu pusing, Popmama.com akan memberikan tips mudah untuk membersihkan beberapa ruangan rumah yang sulit terjangkau.

Simak baik-baik penjelasannya ya!

1. Lampu dan kipas angin gantung

1. Lampu kipas angin gantung
Unsplash/octav cado

Kamu tidak harus duduk di pundak salah satu anggota keluargamu untuk membersihkan kipas angin gantung dan lampu.

Kamu juga tidak perlu naik menggunakan tangga hanya untuk membersihkan itu semua. Ada cara yang lebih mudah dan praktis kok untuk membersihkannya.

Kamu hanya perlu menggunakan kemoceng! Namun sebelumnya, kamu memerlukan gagang sapu bekas untuk menyambung gagang kemoceng agar lebih panjang dan dapat meraih kipas angin gantung dan lampu.

Setelah gagang sapu bekas dan kemoceng berhasil disambungkan, maka kamu dapat mulai membersihkan lampu dan kipas angin gantung dengan mudah dan pastinya tanpa bantuan orang lain.

2. Langit rumah dan gypsum atap

2. Langit rumah gypsum atap
Unsplash/katy belcher

Bagian rumah yang satu ini paling sering dihuni oleh binatang kecil yang mengeluarkan jaring. Yup, laba-laba.

Mengingat hal tersebut sulit untuk dihindari, maka ada baiknya jika kamu rutin membersihkannya tiap kali jaring-jaring tersebut muncul di sekitar langit-langit dan gypsum atap rumahmu.

Cara membersihkannya pun mudah, kamu tidak perlu menggunakan tangga ataupun alat bantu lainnya untuk mencapai tubuhmu ke atas.

Kamu hanya perlu membeli satu sapu berukuran panjang yang dikhususkan untuk membersihkan langit-langit serta gypsum atap rumah.

Namun perlu diingat, jangan samakan dengan sapu untuk membersihkan lantai rumah ya!

Jika disamakan, maka nantinya atap rumahmu akan kotor dan bernoda akibat kotoran yang menempel pada sapu rumah.

Maka dari itu, sediakan satu sapu dengan gagang panjang khusus untuk membersihkan bagian yang sulit untuk dijangkau seperti langit-langit dan gypsum atap rumah.

3. Bagian atas furnitur

3. Bagian atas furnitur
Unsplash/charles deluvio

Sulit pastinya bagi kamu yang memiliki banyak lemari dan furnitur rumah lainnya yang memiliki ketinggian yang sulit untuk dijangkau.

Mengingat bagian atap furnitur tersebut jauh dari pandangan mata, maka bukan tidak mungkin jika bagian tersebut menyimpan banyak debu karena tidak pernah dibersihkan.

Sebelum anggota keluargamu mengalami alergi dan penyakit akibat debu dan kotoran yang menumpuk, maka ada baiknya jika kamu segera membersihkannya.

Kali ini, kamu membutuhkan kursi yang cukup tinggi agar kamu dapat meraih bagian atas dari furnitur tersebut.

Jika sudah terjangkau, kamu dapat mulai membersihkannya dengan kain lembut yang sudah dicelupkan ke dalam dua cangkir larutan air hangat dan satu sendok teh cairan pembersih rumah.

Pastikan semua permukaan atap furnitur tergosok dengan benar. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih.

Editors' Picks

4. Tirai plastik

4. Tirai plastik
Unsplash/denny muller

Meskipun tirai jendela merupakan salah satu furnitur yang mudah terlihat dan seringkali dibuka dan ditutup, namun nyatanya masih banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihannya.

Alasannya pun beragam, dari mulai malas hingga sulit untuk dibersihkan karena memiliki beberapa area yang sulit untuk dijangkau.

Namun selama ada niat pasti akan selalu ada jalan. Salah satu jalan yang dapat kamu lalui untuk membersihkan tirai jendela adalah dengan mengggunakan kemoceng dengan gagang panjang.

Sama seperti membersihkan kipas angin gantung dan lampu, kamu juga dapat menggunakan kemoceng dengan gagang yang sudah disambung dengan gagang sapu bekas untuk membersihkannya.

Dijamin, debu yang menempel pada tirai akan luruh dalam sekejap!

5. Bagian belakang pintu

5. Bagian belakang pintu
Unsplash/daniel corneschi

Membersihkan bagian belakang pintu diperlukan cairan khusus yang kamu buat sendiri. Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah menyedot debu-debu pada bagian belakang pintu dengan vacuum cleaner.

Cara membuat cairan pembersihnya pun mudah, kamu hanya perlu mencampurkan larutan yang berisi dua cangkir air hangat, satu sendok teh cuka dan satu sendok teh cairan pembersih.

Setelah itu, gosok bagian belakang pintu dengan sikat berbulu, kemudian bilas dengan air.

6. Dinding kamar mandi

6. Dinding kamar mandi
Unsplash/mitchell orr

Saat mandi, maka sabun dan busa pasti akan menempel pada bagian dinding kamar mandi dan kita seringkali lupa untuk membersihkannya kembali.

Dari sabun yang menempel tersebut, lama kelamaan akan mengering dan membuat area dinding licin dan bernoda.

Maka dari itu, luangkan waktu liburanmu untuk membersihkannya! Kamu hanya perlu membersihkannya dengan spons basah yang sudah dibilas dengan air bersih sebelumnya. Gosok secara merata.

Jika nodanya tidak kunjung hilang, gunakanlah denga sikat lembut hingga noda bekas sabun dapat hilang dan tersamarkan.

7. Bagian belakang lemari es

7. Bagian belakang lemari es
Pixnio.com

Mengingat begitu pentingnya peran lemari es bagi sebagian keluarga, maka penting bagi kamu untuk memperhatikan kebersihannya.

Bukan hanya untuk menjaga kebersihannya saja, namun merawat kulkas juga dapat memperpanjang masa penggunaanya.

Bagian dalam kulkas merupakan bagian yang paling sering dilihat dan mudah untuk dibersihkan. Namun, bagaimana dengan bagian belakangnya?

Bagian inilah yang seringkali terlupakan hingga begitu banyak debu yang menempel disana. Jangan biarkan begitu saja, kamu harus segera membersihkannya!

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan kemoceng untuk meruntuhkan debu dan beberapa jaring laba-laba pada bagian belakang lemari es. Ingat, jangan bersihkan dengan air karena ada begitu banyak mesin dan kabel pada bagian belakangnya.

Jika salah membersihkan, maka bukan hanya lemari es kamu saja yang rusak, tapi bisa saja hal tersebut dapat menimbulkan bencana lain seperti korsleting listrik.

Nah, itulah ketujuh cara mudah untuk membersihkan 7 bagian rumah yang sulit untuk dijangkau. Setelah mengetahui bagian-bagian yang perlu dibersihkan beserta tipsnya, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

Budayakan untuk hidup bersih agar selalu sehat ya!