Catat! Ini 10 Tanaman yang Paling Ditakuti Tikus

Coba tanam tanaman berikut ini untuk menghindari tikus masuk ke dalam rumah yuk, Ma!

28 Mei 2021

Catat Ini 10 Tanaman Paling Ditakuti Tikus
Unsplash/maretak

Tikus menjadi salah satu musuh keluarga, apabila kehadirannya telah mengganggu keadaan rumah. Apalagi, hewan satu ini juga mudah menyebarkan penyakit, seperti leptospirosis dan bisa merusak perlatan rumah tangga. 

Maka dari itu, banyak orang berusaha untuk mencegah tikus masuk ke rumah dengan berbagai cara. Salah satu cara mudah mengusir tikus adalah dengan menggunakan lem tikus, namun bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak tega memberikan lem tikus yang bisa menyakiti tikus tersebut.

Tak perlu khawatir, karena Mama bisa mennggunakan cara alternatif lainnya yakni dengan menanam beberapa tanaman yang menjadi musuh tikus. 

Kira-kira apa saja tanaman yang ditakuti tikus ya, Ma?

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanaman yang ditakuti tikus dan bisa Mama tanam di rumah. 

1. Tanaman sage

1. Tanaman sage
Bonnieplants.com

Bagi pecinta tanaman hias mungkin tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Nah, jika Mama memiliki hobi mengoleksi tanaman hias, coba menanam tanaman sage putih atau sage hijau di rumah.

Pasalnya, tanaman satu ini tak hanya memiliki bentuk daun yang sangat indahm tetapi juga memiliki aroma yang khas dan terbukti ampuh mengusir tikus di dalam maupun di luar rumah.

Letakkan pot tanaman sage di bagian rumah yang sering dilewati oeh tikus. Aroma dari daun tanaman sage akan membuat tikus takut untuk melewati dan masuk ke dalam rumah. 

2. Cengkeh

2. Cengkeh
Unsplash/k15photos

Cengkeh dikenal sebagai bahan baku dapur yang mudah ditemukan dan memiliki aroma yang sangat khas. Ternyata, dibalik aroma cengkeh yang khas dan segar, aroma dari tanaman ini dianggap ampuh untuk mengusir tikus dengan baik lho, Ma. 

Mama bisa menanam tanaman cengkeh di halaman rumah supaya tikus takut untuk masuk ke dalam rumah. 

3. Daun mint

3. Daun mint
Unsplash/chenyueg

Daun mint menjadi salah satu tanaman yang daunnya bisa diolah sebagai campuran makanan dan minuman lantaran memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan. Selain itu, daun mint juga kerap kali digunakan oleh banyak orang sebagai salah satu makanan untuk terapi yang baik. 

Kendati demikian, aroma yang cukup menyengat dari daun mint ini ternyata tidak disukai oleh tikus. Hewan pengerat satu ini akan langsung menjauhi area yang terdapat daun mint di sekitarnya. Sehingga, Mama disarankan untuk menanam daun mint baik di luar maupun di dalam rumah. 

4. Bunga lavender

4. Bunga lavender
Unsplash/otutunaru

Tanaman bunga lavender sangat dikenal sebagai salah satu tanaman yang digunakan sebagai tanaman hias dan aromaterapi di dalam rumah. Bunga satu ini memiliki aroma yang sangat khas dan terbukti ampu membuat perasaan menjadi lebih tenang. 

Tak hanya itu ternyata bunga lavender juga bisa digunakan untuk mengusir tikus dengan mudah, Ma. Untuk hasil terbaik, Mama bisa pindahkan pot tanaman bunga lavender ke area yang sering dilewati tikus, maka hewan satu ini tidak akan berani melewati jalan tersebut.

Selain itu, Mama juga bisa memetik bunga lavender dan mengeringkannya agar bisa menaburkannya di seluruh bagian rumah. 

Editors' Picks

5. Tanaman bawang putih

5. Tanaman bawang putih
Unsplash/mufidpwt

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang wajib digunakan sehingga rasa masakan menjadi lebih meningkat dan bisa memunculkan nafsu makan. Aroma yang dimiliki bawang putih sangat keras dan ampuh membuat tikus takut untuk mendekatinya. 

Mama bisa menanam tanaman bawang putih di luar rumah sebagai cara terbaik untuk mengusir tikus dan mencegah tikus masuk ke dalam rumah. 

6. Tanaman durian yang sudah berbuah

6. Tanaman durian sudah berbuah
Unsplash/cbetito

Buah dengan aroma yang sangat tajam satu ini tak hanya nikmat dikonsumsi tetapi juga bisa digunakan untuk mengusir tikus lho, Ma. 

Aroma tajam yang terdapat pada durian menjadikan tanaman ini sebagai tanaman pengusir tikus yang terbaik. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Mama bisa menunggu tanaman durian mulai berbuah dan mengeluarkan aroma khasnya. Maka, tikus akan takut untuk melewati tanaman ini. 

7. Pohon dan buah bintaro

7. Pohon buah bintaro
Eol.org

Pohon bintaro diketahui bisa tumbuh tinggi hingga 12 meter dan akan mengeluarkan buah yang berbentuk bulat. Buah bintaro ternyata memiliki kandungan racun yang tinggi dan mampu mengeluarkan aroma yang hanya bisa dicium oleh tikus. 

Mama bisa mencoba untuk menanam pohon satu ini yang sudah mulai tumbuh buah di halam rumah guna mencegah tikus masuk ke dalam rumah. 

8. Tanaman cabe rawit

8. Tanaman cabe rawit
Unsplash/jeppevadgaard

Tanaman cabe rawit adalah salah satu tanaman yang paling ditakuti oleh binatang, termasuk tikus. Kendati demikian, tanaman ini masih tetap digunakan oleh manusia sebagai salah satu bumbu masakan. 

Untuk mencegah tikus yang masuk ke dalam rumah, Mama bisa menanam tanaman ini di luar rumah atau dengan menggunakan pot kecil agar mudah dipindahkan. 

9. Tanaman nangka

9. Tanaman nangka
Unsplash/vinodjhieo

Berbentuk hampir sama dengan durian, buah satu ini juga memiliki aroma yang cukup keras. Aroma keras dari tanaman nangka inilah yang membuat tikus takut untuk menghampiri rumah dengan tanaman nangka di sekitarnya.

Tanaman nangka yang sudah berbuah biasanya akan mengeluarkan aroma yang lebih keras dan mampu membuat tikus takut untuk menghampirinya. 

10. Tanaman buah sirsak

10. Tanaman buah sirsak
Amazon.com

Buah sirsak dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam namun menyegarkan. Akan tetapi, salah satu bagian dari tanaman sirsak ini ampuh untuk mengusir tikus lho. Ya, daun tanaman sirsak yang memiliki aroma khas bisa membuat tikus menjauh dari tanaman ini. 

Jika Mama memiliki tanaman sirsak, petik beberapa daunnya lalu tekan hingga sedikit hancur hingga aromanya keluar. Lalu, letakkan daun sirsak tersebut pada tempat yang kerap kali dilewati oleh tikus sebagai cara terbaik. 

Nah, itulah deretan tanaman yang ditakuti oleh tikus sekaligus ampuh mengusir hewan satu ini dari rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.