Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Alat Perkakas yang Wajib Dimiliki di Rumah

Memiliki alar perkakas lengkap di rumah akan sangat membantu jika sewaktu-waktu dibutuhkan

16 Maret 2021

10 Alat Perkakas Wajib Dimiliki Rumah
Pixabay/Free-Photos

Saat menghuni sebuah rumah, kita lebih sering fokus memikirkan furnitur atau peralatan rumah tangga apa saja yang harus dibeli. Hal yang lebih sering dipikirkan adalah meja, lemari, rak, peralatan masak, peralatan makan, dan sebagainya. Tapi ada satu jenis peralatan yang sering dilupakan, yaitu alat perkakas.

Alat perkakas ini sebetulnya wajib ada di rumah. Peralatan ini akan sering membantu saat keadaan darurat jika terjadi sesuatu terkait bangunan atau peralatan lainnya. Jika di rumah tersedia alat perkakas maka Mama tidak perlu meminjam kepada tetangga atau memanggil tenaga ahli untuk memperbaiki kerusakan yang sebetulnya bisa dibenahi sendiri.

Berikut ini adalah beberapa alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah. Simak penjelasan Popmama.com berikut ini ya.

1. Obeng memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda di bagian ujung

1. Obeng memiliki ukuran bentuk berbeda bagian ujung
Pixabay/blickpixel

Obeng adalah alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah. Biasanya obeng dijual dalam satu set yang terdiri dari beberapa jenis dan ukuran mata obeng. Ada yang berbentuk plus ada juga yang berbentuk.

Penting untuk memiliki obeng dengan ukuran dan bentuk yang lengkap. Sebab bentuk dan ukuran sekrup bisa berbeda tergantung jenis bendanya.

2. Kunci inggris dapat menyesuaikan ukuran benda

2. Kunci inggris dapat menyesuaikan ukuran benda
Pixabay/Chillsoffear

Tak perlu sampai ke Inggris untuk bisa mendapatkan kunci inggris. Di toko bangunan akan dengan mudah mendapatkan alat perkakas yang satu ini.

Sama halnya dengan obeng, kunci inggris bisa disesuaikan dengan ukuran yang berbeda pada jenis mur atau baut ukuran tertentu. Alat perkakas ini wajib dimiliki di rumah untuk melepas atau menguatkan pemasangan mur atau baut dengan lebih mudah.

3. Tang dapat mencengkram benda dengan kuat

3. Tang dapat mencengkram benda kuat
PIxabay/Bru-nO

Tang menjadi salah satu alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah. Alat ini akan sangat membantu dalam berbagai macam hal. Tang dapat mencengkram benda atau barang dengan sangat kuat. Hal ini memudahkan kita untuk melepas paku yang menempel dengan kuat di kayu atau dinding. Selain itu, tang juga bisa digunakan untuk memotong kawat dan kabel.

4. Sekrup dan baut penting untuk mengaitkan antar benda

4. Sekrup baut penting mengaitkan antar benda
Freepik/vectorpouch

Terkadang kita mengalami kondisi dimana terdapat barang yang rusak karena sekrup atau bautnya lepas. Dengan kita memiliki cadangan sekrup atau baut di rumah maka akan dengan mudah barang tersebut diperbaiki.

Tetapi banyak yang tertukar dengan dua benda ini. Sekrup memiliki uliran penuh pada bagian batang dengan bagian ujung meruncing. Biasanya bagian kepalanya terdapat ukiran plus atau minus untuk obeng.

Sedangkan baut memiliki batang dengan uliran penuh atau sebagian. Baut memerlukan mur sebagai penguat agar tidak terlepas. 

Editors' Picks

5. Paku berfungsi untuk menancapkan benda dengan kuat

5. Paku berfungsi menancapkan benda kuat
Pixabay/canduwebdesign

Memiliki fungsi yang hampir serupa dengan sekrup dan baut, paku juga digunakan untuk memasang suatu benda ke benda lainnya. Paku memiliki 3 jenis yang berbeda, yaitu paku beton, paku kayu, dan paku patung. Masing-masing digunakan untuk benda yang berbeda.

Ketersediaan paku di rumah sangat penting. Biasanya, alat perkakas ini akan sangat diperlukan jika Mama perlu untuk memasang lukisan atau pajangan. Paku menjadi alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah.

6. Palu membantu memasang paku atau memecahkan benda keras

6. Palu membantu memasang paku atau memecahkan benda keras
Pixabay/Annabel_P

Jika ingin memasang paku, tentu palu akan sangat dibutuhkan. Alat ini mampu mempermudah Mama untuk menancapkan paku ke permukaan yang keras. Tak hanya untuk memasang paku, palu juga sering digunakan untuk memecahkan es atau benda keras lainnya. 

Palu menjadi salah satu alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah karena benda ini akan cukup sering digunakan. Sebab, benda ini sangat bisa diandalkan dalam berbagai hal.

7. Gergaji sangat dibutuhkan untuk memotong kayu atau ranting pohon

7. Gergaji sangat dibutuhkan memotong kayu atau ranting pohon
Pixabay/prostooleh

Gergaji sangat dibutuhkan dalam urusan memotong kayu, pipa, ranting, atau bahan material lainnya. Alat ini cukup penting jika di rumah memiliki pohon-pohon tinggi atau suami Mama sering membuat perabot rumah dari kayu. Walaupun tidak terlalu sering digunakan, gergaji adalah alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah.

8. Meteran bangunan mempermudah mengukur material

8. Meteran bangunan mempermudah mengukur material
Freepik/luis_molinero

Berfungsi sebagai alat pengukur, meteran bangunan dapat mengukur suatu barang atau ruang dengan jangkauan yang lebih panjang. Biasanya digunakan untuk mengukur luas tanah, bengunan, atau furnitur rumah dengan lebih mudah.

Meteran bangunan biasanya terbuat dari seng tipis yang dapat menggulung. Sehingga, walaupun bentuknya panjang, tetapi tetap mudah disimpan karena dapat digulung setelah digunakan.

9. Bor mempermudah pemasangan paku atau sekrup ke dinding

9. Bor mempermudah pemasangan paku atau sekrup ke dinding
Pixabay/bidvine

Bor juga menjadi salah satu daftar alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah. Bor menjadi alat yang sangat diandalkan ketika Mama ingin memasang paku atau sekrup ke tembok. Bor dapat dengan mudah menembus tembok sehingga pemasangan paku atau sekrup menjadi lebih cepat. Tidak hanya bisa memasang sekrup, bor juga bisa digunakan untuk melepas sekrup yang sudah terpasang dengan cepat.

10. Tangga wajib ada untuk bisa menjangkau area yang tinggi

10. Tangga wajib ada bisa menjangkau area tinggi
Freepik/pvproductions

Tak kalah penting dari alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah lainnya, tangga juga wajib dimiliki. Tangga akan memudahkan Mama untuk menjangkau tempat-tempat yang tinggi. Akan sering digunakan untuk memasang lampu atau mengambil dan menaruh barang-barang di tempat yang tinggi.

Dengan melengkapi list alat perkakas yang wajib dimiliki di rumah ini akan memudahkan Mama apabila ada barang yang harus diperbaiki atau dipasang. Jika peralatan yang dimiliki lengkap maka akan lebih cepat dan praktis mengerjakannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk