Anti Gerah, Ini Tips Membuat Rumah Tetap Sejuk Walau Tanpa AC

Rumah sejuk dengan sirkulasi udara yang baik

10 Januari 2021

Anti Gerah, Ini Tips Membuat Rumah Tetap Sejuk Walau Tanpa AC
Freepik/Tirachardz

Memiliki rumah yang nyaman dan sejuk adalah impian semua orang. Apalagi Indonesia adalah negara tropis yang memiliki musim kemarau cukup terik. Rumah yang sejuk menjadi salah satu hal utama yang diperhitungkan.

Untuk menghadirkan udara yang sejuk di dalam rumah bisa saja menggunakan AC. Tetapi, penggunaan AC memiliki beberapa risiko dari penggunaannya. Mulai dari isu pemanasan global, penggunaan listrik menjadi meningkat, hingga faktor perawatannya. Hal ini yang membuat sebagian orang memilih untuk tidak menggunakan AC.

Walaupun tanpa AC, ruangan di dalam rumah bisa tetap sejuk dan nyaman untuk beraktivitas. Ada beberapa tips untuk membuat rumah tetap sejuk walau tanpa AC. Informasinya ada di penjelasan Popmama.com berikut ini.

1. Membuat banyak jendela dan ventilasi udara

1. Membuat banyak jendela ventilasi udara
Pixabay/stocksnap

Tidak bisa dipungkiri jika jendela dan ventilasi dalam sebuah rumah memiliki peran besar untuk sirkulasi udara. Jendela dan ventilasi akan membuat pergantian udara masuk maupun keluar. Sehingga, ruangan menjadi sejuk dan tidak pengap ataupun lembab. 

Jika lahan rumah terbatas dan tidak memungkinkan membuat jendela di area dinding, buatlah jendela di bagian atap. Usahakan untuk tetap ada jendela di setiap ruang. Sebab, jendela dan ventilasi berperan penting untuk membuat rumah tetap sejuk walau tanpa AC.

2. Matikan lampu, TV, dan alat elektronik lainnya di siang hari

2. Matikan lampu, TV, alat elektronik lain siang hari
Freepik/lifeforstock

Di siang hari, usahakan untuk tidak menyalakan lampu, TV, dan alat elektronik lainnya. Sebab, alat elektronik akan menghasilkan panas yang dapat memengaruhi suhu ruang menjadi hangat.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan komputer ataupun laptop. Apabila hal ini tidak bisa dihindari, maka carilah tempat yang lebih terbuka untuk menghindari suhu panas di dalam ruang.

Meminimalisasi penggunaan perangkat elektronik cukup efektif membuat rumah tetap sejuk walau tanpa AC.

Editors' Picks

3. Hindari penggunaan sintetis pada sofa, kursi, ataupun kasur

3. Hindari penggunaan sintetis sofa, kursi, ataupun kasur
Freepik/alexandercho

Agar rumah tetap sejuk walau tanpa AC maka Mama harus menghindari penggunaan bahan sintetis pada sofa, kursi, ataupun kasur. Bahan sintetis dapat mengganggu kenyamanan saat tubuh sedang berbaring lama di sofa, kursi, atau kasur karena panas. Kain sintetis tersebut tidak dapat mengalirkan udara ke area tubuh yang menempel langsung pada permukaan sofa, kursi, atau kasur.

4. Gunakan kipas angin ataupun exhaust fan

4. Gunakan kipas angin ataupun exhaust fan
Pixabay/StockSnap

Tips lain bisa dengan menggunakan kipas angin ataupun exhaust fan untuk membuat rumah tetap sejuk walau tanpa AC. Kipas akan membuat aliran udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk. Sedangkan exhaust fan dapat membantu mengeluarkan udara panas yang ada di dalam rumah sehingga ruangan menjadi sejuk.

5. Tutup jendela dengan tirai

5. Tutup jendela tirai
Pexels/Carlos Caamal

Menutup jendela dengan menggunakan tirai ternyata sering dijadikan salah satu upaya untuk membuat rumah tetap sejuk walau tanpa AC. Saat posisi jendela terbuka angin dari luar rumah dapat menyejukkan ruangan namun sinar matahari dapat membuat ruangan menjadi panas. Sehingga, dengan menutup jendela menggunakan tirai dapat menghalangi sinar panas masuk ke dalam rumah.

6. Letakkan tanaman hias di sudut ruang

6. Letakkan tanaman hias sudut ruang
Freepik/jcomp

Tanaman akan berfotosintesis dan menghasilkan oksigen. Fenomena ini akan membuat siapa pun yang berteduh di bawah pohon di siang hari akan merasa sejuk.

Melihat fenomena ini, kita bisa mengambil contoh untuk meletakkan tanaman hias di dalam rumah agar membuat rumah menjadi sejuk walau tanpa AC. Tanaman hias membantu udara di ruangan menjadi lebih sehat dan bersih sehingga kenyamanan ruangan menjadi bertambah. Di samping itu, dekorasi warna hijau alami dari tanaman membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.