Buat Tempat Gym Sendiri di Rumah dengan Peralatan Kebugaran Ini

Tetap bisa ke tempat gym dengan peralatan kebugaran ini di rumah

22 Februari 2021

Buat Tempat Gym Sendiri Rumah Peralatan Kebugaran Ini
Pixabay/Michael_Laut

Di masa pandemi ini sangat sulit untuk melakukan aktivitas di luar rumah karena banyak tempat publik yang dibatasi aksesnya.

Salah satu hal yang saat ini sulit dilakukan adalah berolahraga di tempat gym. Banyak tempat gym yang menutup tempatnya karena kekurangan pelanggan.

Para pelanggan lebih memilih berolahraga di rumah. Mulai dari mengikuti program olahraga online ataupun memanggil pelatih pribadi ke rumah.

Walaupun tidak dapat pergi ke tempat gym, Mama bisa membuat sendiri tempat gym di rumah dengan peralatan kebugaran sederhana. Memang peralatannya tidak sebesar dan selengkap peralatan di tempat gym. Namun, peralatan ini tetap bisa memberikan efek dan hasil yang sama jika digunakan dengan penggunaan yang tepat.

Ada beberapa peralatan yang Popmama.com rekomendasikan untuk dimiliki di rumah.

1. Dumbbell untuk melatih kekuatan tangan

1. Dumbbell melatih kekuatan tangan
Freepik/Dragana_Gordic

Dumbbell adalah salah satu peralatan kebugaran yang wajib dimiliki di rumah untuk melatih kekuatan otot tangan. Berat alat ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Jika latihan menggunakan alat ini sering dilakukan maka Mama bisa meningkatkan kapasitas beban yang digunakan.

2. Ketel digunakan untuk gerakan mengayun

2. Ketel digunakan gerakan mengayun
Pixabay/LukeL

Ketel juga adalah alat wajib yang harus dimiliki jika ingin menciptakan ruang gym di rumah. Walaupun konsepnya sama-sama sebagai alat beban untuk melatih otot tubuh bagian atas, tetapi penggunaannya berbeda. Biasanya alat ini digunakan untuk gerakan mengangkat atau mengayun. Bisa juga alat ini digunakan untuk gerakan modifikasi seperti push up, squad, maupun plank.

Editors' Picks

3. Core slider melatih otot utama tubuh

3. Core slider melatih otot utama tubuh
Tokopedia.com

Peralatan kebugaran yang tak kalah penting lainnya adalah core slider. Alat ini mampu digunakan untuk melatih berbagai otot, terutama otot core. Core slide juga bisa digunakan untuk melatih otot lengan dan juga paha. Alat ini membantu tubuh untuk melakukan gerakan otot dengan cara berseluncur dan menahannya.

4. Treadmill digunakan untuk latihan cardio

4. Treadmill digunakan latihan cardio
Pixabay/profivideos

Latihan kardio yang paling banyak dilakukan orang adalah berlari. Memang berlari adalah latihan kardio yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan memiliki treadmill di rumah maka Mama tidak perlu pergi keluar rumah untuk bisa melakukan jogging. 

Peralatan kebugaran ini memang memiliki ukuran yang cukup besar. Tetapi saat ini sudah banyak produsen peralatan kebugaran yang membuat treadmill dapat dilipat dan mudah untuk disimpan.

5. Sepeda statis sangat cocok untuk yang hobi bersepeda

5. Sepeda statis sangat cocok hobi bersepeda
Freepik/ javi_indy

Untuk seseorang yang memunyai hobi bersepeda, peralatan kebugaran ini akan membantu melepas rindu terhadap keinginannya untuk kembali bersepeda di luar rumah. Sepeda statis juga salah satu alat yang dapat melatih kekuatan otot layaknya peralatan kebugaran yang ada di tempat gym.

6. Pull up bar untuk membentuk otot lengan atas dan kekuatan otot perut

6. Pull up bar membentuk otot lengan atas kekuatan otot perut
Freepik

Peralatan kebugaran yang satu ini biasanya sering digunakan oleh para laki-laki untuk membentu otot lengannya. Tetapi, tidak berarti perempuan tidak boleh menggunakan alat ini. Alat ini juga ternyata bisa digunakan oleh perempuan untuk mengencangkan otot-otot lengannya.

Alat ini digunakan dengan cara bergelantungan pada bar yang melintang di antara kedua penyangga. Lalu secara perlahan tubuh diangkat hingga gadu sejajar dengan bar.

7. Samsak tinju bisa untuk melatih gerakan beladiri

7. Samsak tinju bisa melatih gerakan beladiri
pixabay/xusenru

Tak ketinggalan samsak tinju yang bisa menjadi pelengkap peralatan kebugaran di rumah.

Alat ini sangat membantu untuk melatih kekuatan lengan, perut, dan juga kaki. Dengan menggunakan alat ini, Mama juga bisa melatih gerakan bela diri. Samsak tinju juga bisa berguna sebagai alat untuk pelampiasan emosi saat suasana hati sedang kurang baik.

Beberapa peralatan kebugaran ini akan membantu Mama untuk tetap berlatih walaupun tidak pergi ke tempat gym. Mama bisa memiliki tempat gym sendiri di rumah dengan beberapa peralatan kebugaran di atas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.