Cara Menghilangkan Bau Cat yang Menyengat dengan Mudah

Aroma cat seringkali membuat tidak nyaman karena baunya yang menyengat

30 Maret 2021

Cara Menghilangkan Bau Cat Menyengat Mudah
Freepik/Naypong

Mengubah suasana di dalam ruangan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan mengecat ulang dinding dengan warna cat baru atau warna yang sama untuk membuat dinding terlihat lebih bersih dan terawat. 

Tetapi yang sering menjadi masalah adalah bau cat yang menyengat membuat tidak nyaman saat berada di dalam ruangan.

Walaupun bau cat tidak akan selamanya terjadi, tetapi hal ini cukup mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, Popmama.com punya beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bau cat yang menyengat dengan mudah. Yuk ikuti penjelasan berikut ini!

1. Buka semua pintu dan jendela setiap ruangan akan dipakai

1. Buka semua pintu jendela setiap ruangan akan dipakai
Pexels/hermaion

Saat akan menggunakan ruangan yang baru dicat, bukalah seluruh pintu dan jendela. Ini adalah salah satu cara menghilangkan bau cat yang menyengat di dalam ruangan yang baru dicat.

Dengan membuka pintu dan jendela ruangan udara di dalam ruangan bisa keluar dan udara dari luar bisa masuk ke dalam sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik.

Pergantian udara ini mencegah baut cat yang menyengat terkunci di dalam ruangan. Sehingga, bau cat akan lebih cepat menghilang.

Editors' Picks

2. Letakkan arang pada ruangan yang baru dicat

2. Letakkan arang ruangan baru dicat
Pixabay/cocozi

Penggunaan arang juga diyakini dapat menghilangkan bau cat yang menyengat. Arang diyakini mampu menyerap bau dari zat kimia yang terdapat pada cat dinding.

Cara ini tergolong mudah karena Mama hanya perlu meletakkan arang di sudut ruangan selama semalaman. Maka keesokan harinya bau cat dapat berkurang.

3. Gunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau menyengat cat

3. Gunakan bubuk kopi menghilangkan bau menyengat cat
Pixabay/Humusak

Bubuk kopi sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Selain dapat menghilangkan bau amis pada daging, kopi juga bisa menghilangkan bau cat menyengat di dalam ruangan. Sebab, kopi memiliki aroma yang kuat sehingga dapat mendominasi aroma yang ada di dalam sebuah ruangan.

Untuk menghilangkan bau cat dengan menggunakan kopi, gunakanlah jenis kopi hitam bubuk, bukan kopi instan dengan berbagai macam campuran. Kopi hitam bubuk memiliki aroma yang lebih kuat sehingga lebih mampu menghilangkan bau cat.

4. Aroma terapi juga bisa digunakan untuk mengharumkan ruangan

4. Aroma terapi juga bisa digunakan mengharumkan ruangan
Freepik/pvproductions

Cara lain untuk menghilangkan bau cat adalah dengan menggunakan aroma terapi. Aroma terapi sebetulnya lebih sering digunakan untuk memberikan efek relaksasi atau mood booster.

Tetapi juga bisa digunakan untuk memberikan aroma harum di dalam ruangan. Oleh karena itu, Mama bisa menggunakan aroma terapi yang ada di rumah untuk menghilangkan bau cat.

5. Kulit jeruk dan lemon memiliki aroma yang bisa menghilangkan bau

5. Kulit jeruk lemon memiliki aroma bisa menghilangkan bau
Freepik/frimufilms

Biasanya kalau ada seseorang yang mengupas kulit jeruk aromanya akan membuat kita menyadari ada seseorang yang sedang mengupas jeruk, kan? Hal ini dikarenakan jeruk memiliki aroma esensial yang cukup kuat. Begitu juga dengan lemon. Maka jangan heran kalau air cuci tangan atau sabun cuci piring diberikan potongan jeruk atau lemon untuk menghilangkan bau.

Kulit jeruk dan lemon bisa Mama gunakan untuk menghilangkan bau cat yang menyengat akibat zat kimia. Dengan meletakkan beberapa potong kulit lemon dan jeruk, atau bisa juga dengan buahnya, maka ruangan akan beraroma lebih segar khas jeruk dan lemon.

Sebetulnya, menghilangkan bau cat yang menyengat dapat dengan mudah dilakukan. Hanya dengan membiarkan pintu dan jendela terbuka, pergantian udara bisa dengan cepat menghilangkan bau cat. Tetapi, jika menambahkan bahan-bahan alami maka bau cat akan lebih cepat hilang disertai dengan aroma yang lebih segar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.