Jangan Sampai Salah, Ini Cara Menjaga Panci Stainless Steel Tetap Awet

Peralatan masak jadi seperti baru dengan rajin merawat panci stainless steel

30 Maret 2021

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Menjaga Panci Stainless Steel Tetap Awet
Pixabay/Taken

Bahan material stainless steel banyak digunakan pada berbagai macam benda. Mulai dari perabot rumah, peralatan makan, hingga peralatan masak. Memang stainless steel dinilai cukup tahan lama, tidak mudah penyok, dan tahan terhadap korosi.

Penggunaan stainless steel sebagai alat masak kini menjadi incaran banyak ibu rumah tangga yang mulai sadar terhadap pentingnya memasak makanan yang sehat.

Pemilihan alat masak dari stainless steel dianggap sebagai salah satu yang aman bagi kesehatan. Sebab, stainless steel tidak akan menyebabkan pelepasan zat berbahaya ke dalam makanan saat mengalami pemanasan.

Selain aman untuk kesehatan, panci stainless steel juga relatif terjangkau dan mudah perawatannya, tidak mudah berkarat ataupun pecah. Hal ini yang membuat ibu rumah tangga lebih memilih panci stainless steel dibandingkan dengan bahan lainnya.

Walaupun perawatan panci stainless steel terbilang mudah, apabila tidak dirawat dan digunakan dengan baik maka akan membuat penampilan panci stainless steel menjadi kurang menarik dan rusak.

Popmama.com ada beberapa cara menjaga panci stainless steel agar tetap awet yang bisa Mama lakukan. Simak informasi berikut ini ya, Ma!

1. Hindari menyiram panci stainless steel saat masih panas

1. Hindari menyiram panci stainless steel saat masih panas
Freepik/halayalex

Agar panci stainless steel tetap terlihat awet seperti baru, jangan menyiram panci saat masih dalam keadaan panas. Hal ini penting untuk menghindari efek kejutan pada panci yang bisa menyebabkan panci menjadi penyok, melengkung, atau berlubang.

Cara menjaga panci stainless steel tetap awet adalah dengan membiarkan panci dalam kondisi hangat atau dingin terlebih dahulu. Dengan begitu kemungkinan panci menjadi penyok, melengkung, atau berlubang bisa dihindari.

Editors' Picks

2. Jangan memasukkan garam saat air di dalam panci belum panas

2. Jangan memasukkan garam saat air dalam panci belum panas
Freepik

Biasanya, saat kita merebus mie atau pasta, dianjurkan untuk memberikan garam pada rebusan air. Dalam hal ini, perlu diperhatikan kalau memberikan garam pada air rebusan tidak disarankan saat air masih dalam kondisi dingin. Sebab, hal tersebut bisa membuat permukaan panci menjadi berlubang. Oleh karena itu, cara menjaga panci stainless steel tetap awet adalah dengan memberikan garam saat air sudah mendidih.

3. Segera bersihkan panci sebelum makanan menjadi berkerak

3. Segera bersihkan panci sebelum makanan menjadi berkerak
Pexels.com/rawpixel.com

Cara menjaga panci stainless steel tetap awet yang tentu harus dilakukan adalah mencuci pancinya. Walaupun panci stainless steel tidak boleh langsung dicuci dalam keadaan panas, tetapi jangan juga meninggalkannya terlalu lama yang dapat mengakibatkan makanan menjadi mengerak di permukaan panci.

Cuci panci segera setelah panci sudah dingin. Mama bisa meninggalkan panci sambil makan terlebih dahulu. Lalu setelah makan, Mama bisa mencuci panci tersebut.

4. Hindari penggunaan sabut besi untuk membersihkan panci

4. Hindari penggunaan sabut besi membersihkan panci
Tokopedia.com

Pada proses makanan tertentu, terkadang makanan akan menempel pada bagian permukaan. Memasak nasi misalnya. Banyak yang merasa kalau panci stainless steel tahan terhadap goresan sehingga mencucinya menggunakan sabut besi agar kerat makanan terangkat.

Hal ini bisa membuat panci menjadi tergores. Sehingga, bagian permukaan panci bisa terlihat goresan-goresan halus akibat penggunaan sabut besi. Inilah yang membuat panci terlihat kusam.

5. Keringkan panci dengan lap bersih setelah dicuci

5. Keringkan panci lap bersih setelah dicuci
ikea.co.id

Mama tentu ingin panci stainless steel kesayangan terlihat mengilap seperti baru. Rajin dicuci dan menggunakan spons lembut untuk mencucinya. Tetapi ada cara menjaga panci stainless steel tetap awet yang sering dilewatkan, yaitu mengelapnya dengan kain kering yang bersih.

Agar panci stainless steel selalu mengilap, Mama harus mengelap panci setelah dicuci. Cara ini akan mencegah jamur atau noda bekas air terbentuk di permukaan panci yang bisa membuat panci menjadi kusam.

Cara menjaga panci stainless steel tetap awet sebetulnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menjaga agar panci stainless steel tidak mudah melengkung, berlubang, atau tergores. Jika sudah mengetahuinya, sebetulnya hal itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.