5 Keuntungan Bisnis dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga juga tetap bisa berpenghasilan dari rumah

30 Oktober 2020

5 Keuntungan Bisnis dari Rumah Ibu Rumah Tangga
Pixabay/nastya_gepp

Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti menutup kemungkinan untuk Mama tetap bekerja.

Tanpa harus meninggalkan kewajiban terhadap keluarga, Mama masih tetap bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Cara yang bisa dilakukan yaitu membangun bisnis dari rumah.

Kini, dengan berkembangnya teknologi, siapapun bisa berbisnis. Banyak ibu rumah tangga yang hanya bermodalkan media sosial dan tekadnya, sukses membangun bisnisnya sendiri. Sebagian besar mereka menjalankan bisnis dari rumah.

Mama juga bisa memulai bisnis dari rumah. Popmama.com akan beritahu apa saja keuntungan bisnis dari rumah untuk Mama yang sudah menjadi seorang ibu rumah tangga. Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Memiliki penghasilan tambahan

1. Memiliki penghasilan tambahan
Freepik

Ketika berbicara bisnis, tentu hal yang diinginkan adalah mendapatkan keuntungan finansial. Dengan memiliki bisnis dari rumah maka Mama dapat memiliki penghasilan tambahan dari hasil keuntungan bisnis yang dijalankan.

Dengan bisnis yang Mama jalani, Mama juga bisa membuktikan bahwa perempuan yang sudah berkeluarga juga mampu mandiri secara finansial. Kemandirian secara keuangan ini dapat membantu perekonomian keluarga atau sebagai dana darurat keluarga.

Editors' Picks

2. Tetap berpenghasilan tanpa meninggalkan kewajiban keluarga

2. Tetap berpenghasilan tanpa meninggalkan kewajiban keluarga
Freepik/Tirachardz

Banyak perempuan yang sudah berkeluarga merasakan kegalauan yang luar biasa. Mereka ingin bekerja untuk menambah penghasilan tetapi khawatir jika kewajiban untuk keluarganya menjadi terbengkalai.

Jika Mama membuat bisnis dari rumah maka kekhawatiran tersebut akan hilang. Walaupun Mama bekerja tetapi dengan adanya bisnis dari rumah maka pekerjaan di rumah tetap terkontrol. Hal terpenting juga Mama tetap dapat mendampingi perkembangan anak-anak dan menemaninya bermain dan belajar.

3. Waktu kerja yang bisa diatur sesuai kondisi

3. Waktu kerja bisa diatur sesuai kondisi
https://www.pexels.com/photo/woman-carrying-her-baby-and-working-on-a-laptop-4079281/

Keuntungan lainnya ketika Mama menjalankan bisnis dari rumah adalah waktu kerja yang bisa diatur sesuai kondisi di rumah. Mama tidak perlu cemas akan datang terlambat karena harus menyiapkan sarapan anggota keluarga, menyiapkan kebutuhan sekolah anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Sebab, Mama melakukan pekerjaan ini di rumah dan Mama yang menjadi pemimpinnya. Sehingga Mama bisa mengatur sendiri peraturan jam kerja untuk bisnis Mama.

4. Mengisi waktu luang dengan produktif

4. Mengisi waktu luang produktif
Freepik/tirachardz

Terkadang membuat bisnis dari rumah bukan sekadar untuk mencari penghasilan tetapi juga sebagai aktivitas yang lebih produktif untuk mengisi waktu luang. Apalagi jika anak-anak Mama sudah memasuki usia sekolah. 

Di waktu dimana anak-anak sekolah, bisnis dari rumah akan menjadi aktivitas yang membantu Mama untuk mengisi waktu luang. Daripada hanya menonton drama atau kumpul-kumpul dengan ibu rumah tangga lain lebih baik diisi dengan hal yang lebih menghasilkan.

5. Memberikan pelajaran kepada anak tentang wirausaha

5. Memberikan pelajaran kepada anak tentang wirausaha
Shutterstock/paulaphoto

Keuntungan memiliki bisnis dari rumah yang tak kalah pentingnya adalah memberikan pelajaran secara langsung kepada anak tentang wirausaha. Anak-anak akan melihat langsung bagaimana orangtuanya berbisnis. Sehingga mereka bisa belajar bagaimana menjalankan suatu bisnis.

Pelajaran yang lainnya, Mama bisa mengajarkan tentang kerja keras dan menanamkan nilai kemandirian dari berbisnis. Sebab, anak akan melihat sendiri bagaimana orangtuanya berusaha keras saat menjalankan bisnis dari rumah.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan dengan membuat bisnis dari rumah bagi ibu rumah tangga. Jangan jadikan label ibu rumah tangga menjadi penyebab untuk tidak bisa memiliki penghasilan sendiri. Sebab, banyak perempuan yang sudah berkeluarga di luar sana yang mampu sukses dengan bisnis dari rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.