Mengenal Cat Duco untuk Memperindah Tampilan Furnitur Rumah

Merubah tampilan furnitur rumah dengan mengecat ulang menggunakan cat duco

22 Februari 2021

Mengenal Cat Duco Memperindah Tampilan Furnitur Rumah
Freepik/master1305

Selama masa pandemi ini kita diharuskan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini tentu membuat kita menjadi lebih sering berada di rumah.

Sudah hampir setahun berbagai aktivitas dialihkan ke rumah sudah pasti rasa bosan seringkali menghampiri. Berbagai kegiatan baru coba untuk dilakukan untuk mengurangi kebosanan. Salah satu hal yang kini juga mulai ramai dilakukan banyak orang adalah dengan menata ulang kembali rumah agar mendapatkan suasana baru.

Banyak hal bisa dilakukan untuk mengubah tampilan rumah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah tampilan furnitur yang digunakan.

Untuk mengubah tampilan furnitur, Mama bisa menggunakan cat duco. Cat duco sendiri kini cukup sering digunakan untuk mengubah tampilan furnitur menjadi lebih indah. Tapi apa itu cat duco? Bagaimana pengaplikasiannya?

Yuk, ikuti informasi dari Popmama.com berikut ini!

1. Bahan yang digunakan cat duco

1. Bahan digunakan cat duco
Tokopedia.com

Seiring berkembangnya zaman, cat duco memiliki dua variasi, yaitu solvent based dan water based. Biasanya, bahan yang digunakan di dalam cat duco terdapat bahan nitrocellulose (NC) yang juga sering ditemukan pada cat khusus mobil atau mesin industri.

Dalam pengaplikasian, solvent based akan membutuhkan campuran thinner. Hal ini menimbulkan bau yang menyengat. Selain bau yang menyengat, penggunaan thinner dinilai dapat membahayakan kesehatan orang yang menggunakannya.

Sedangkan cat duco dengan water based dinilai lebih aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Kelebihan cat duco water based ini juga dapat membuat cat yang bertahan lama. Hasil lapisan cat tidak bau dan lebih halus. Selain itu, cat ini lebih mudah diaplikasikan.

2. Cara pengaplikasian cat duco

2. Cara pengaplikasian cat duco
Pixabay/zivica

Penggunaan cat duco tidak sama dengan cat pada umumnya yang masih menggunakan kuas. Untuk mengaplikasikan cat duco, diperlukan alat semprot yang memiliki kekuatan yang tepat. Tekanan pada semprotan tidak boleh terlalu kencang dan tidak boleh terlalu lemah. Saat mengaplikasikannya pun harus dengan jarak yang tepat, sekitar 30 cm dari permukaan benda yang dicat.

Editors' Picks

3. Harga cat duco yang lebih terjangkau

3. Harga cat duco lebih terjangkau
Freepik

Jika berbicara harga, antara cat duco berbahan dasar solvent dengan water based akan terkesan lebih mahal yang water based. Namun, cat duco dengan water based lebih cepat mengering dan mudah pengaplikasiannya, sehingga lebih menghemat waktu pengerjaan. Sedangkan cat solvent based atau cat minyak akan cepat menguap bila terkena sinar matahari dan lebih lama mengering.

4. Warna cat duco bisa dicampur

4. Warna cat duco bisa dicampur
Freepik/rawpixel.com

Bagi seseorang dengan daya kemampuan berkreasi yang tinggi pasti akan sangat menyukai jenis cat ini. Sebab, warna cat duco dapat dicampur dan disesuaikan sesuai dengan keinginan. Bahkan, ia dapat menciptakan sendiri warna yang tidak dapat ditemukan di pasaran.

5. Hasil akhir cat duco bisa disesuaikan

5. Hasil akhir cat duco bisa disesuaikan
Freepik/prostooleh

Ingin hasil akhir yang mengilap atau doff bisa disesuaikan dengan selera. Cat duco bisa memenuhi kedua hasil akhir tersebut. Jika ingin mendapatkan hasil akhir yang mengilap maka bisa ditambahkan lapisan berupa glossy clear coat. Sedangkan untuk hasil akhir doff maka bisa ditambahkan lapisan berupa doff clear coat.

6. Harus digunakan secara teliti

6. Harus digunakan secara teliti
Freepik

Walaupun cat duco relatif mudah digunakan, tetapi dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian saat mengaplikasikannya. Cat duco yang diaplikasikan pada permukaan kayu bergelombang dapat menimbulkan keretakan jika tidak dilakukan dengan benar.

7. Kekurangan cat duco yang dapat menyebabkan penyakit

7. Kekurangan cat duco dapat menyebabkan penyakit
Freepik/Kuprevich

Memang cat duco memiliki banyak keunggulan. Tetapi ada kekurangan yang harus diwaspadai dari penggunaan cat duco ini, terutama cat duco solvent based. Penyebabnya antara lain penggunaan thinner sebagai campuran cat yang dapat dengan mudah menguap dan terhirup penggunanya.

Selain itu, cat duco solvent based dapat mengiritasi kulit jika terkena cipratannya. Jadi, hindari mainan anak yang terlapisi oleh cat duco agar tidak ada serpihan cat yang tertelan oleh anak.

Itu dia beberapa informasi tentang cat duco yang dapat membantu memperindah tampilan furnitur di rumah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.