7 Tips Mencuci saat Musim Hujan agar Pakaian Tidak Bau Apek

Tetap bisa kering tanpa bau apek

5 Januari 2021

7 Tips Mencuci saat Musim Hujan agar Pakaian Tidak Bau Apek
Pixabay/StockSnap

Saat musim hujan tiba, masalah yang sering dihadapi banyak orang adalah aroma baju yang menjadi bau apek.

Sebab, saat musim hujan jarang sekali mendapatkan panas dari sinar matahari dan baju mudah terkena percikan air hujan sehingga menjadi lembab. Kondisi pakaian yang lembab dan tak kunjung kering ini membuat bakteri tumbuh dan menyebabkan bau yang tidak sebab di baju.

Akibat baju yang menjadi bau apek setelah dicuci, pada akhirnya baju pun harus kembali dicuci agar baju bisa beraroma lebih segar. Sebab, jika hanya mengandalkan parfum, terkadang bau apek masih tetap tercium.

Untuk mengatasi hal ini, Popmama.com punya tips mencuci saat musim hujan agar pakaian tidak bau apek. Simak informasi berikut ini ya!

1. Gunakan mesin cuci yang bisa mengeringkan pakaian

1. Gunakan mesin cuci bisa mengeringkan pakaian
Freepik

Saat ini, banyak mesin cuci yang juga memiliki fitur pengering sekaligus. Ada mesin cuci yang memiliki fitur pengering dengan menggunakan panas hingga pakaian benar-benar menjadi kering. Sehingga, saat dikeluarkan dari mesin cuci, pakaian bisa langsung disetrika atau dilipat dan disimpan ke lemari pakaian.

Tetapi ada juga fitur pengering yang hanya membuat pakaian menjadi setengah kering. Sehingga, saat pakaian dikeluarkan dari mesin cuci tetap harus dijemur. Jika demikian maka Mama tetap perlu menjemurnya kembali. Agar pakaian tidak bau apek maka Mama perlu menggantungnya di ruangan yang hangat dan mendapat sirkulasi angin yang baik dan tidak lembab.

2. Gantung menggunakan hanger dan renggangkan

2. Gantung menggunakan hanger renggangkan
Unsplash/MODERN ESSENTIALS

Agar pakaian tidak bau apek, Mama perlu menggantung pakaian menggunakan hanger. Hindari menjemur di jemuran dengan menggantungnya di besi-besi jemuran karena sisi dalam yang terlipat akan menjadi lembab.

Saat menggantung menggunakan hanger pun Mama perlu merenggangkan antara satu pakaian dengan pakaian lainnya. Hal ini agar pakaian bisa mendapat angin sehingga terhindar dari bau apek akibat pakaian yang lembab.

Editors' Picks

3. Jemur pakaian di dekat lampu

3. Jemur pakaian dekat lampu
Freepik/Topntp26

Cara agar pakaian tidak bau apek yang juga bisa Mama lakukan adalah dengan menjemur pakaian di dekat lampu. Lampu bisa memancarkan panas. Hal ini akan membuat pakaian menjadi lebih cepat kering.

Cara ini juga bisa berguna saat harus mengeringkan pakaian di malam hari saat pakaian harus digunakan besok pagi.

4. Manfaatkan kipas angin saat mengeringkan di dalam ruang

4. Manfaatkan kipas angin saat mengeringkan dalam ruang
Free/jannoon028

Ketika musim hujan tiba, mau tidak mau Mama harus menjemur pakaian di dalam ruangan. Masalahnya adalah jika pakaian dijemur di dalam ruangan akan menyebabkan pakaian menjadi lembab.

Agar pakaian tidak bau apek saat dijemur di dalam ruang, manfaatkan kipas angin untuk mengeringkan pakaian. Cara ini bisa membuat pakaian menjadi cepat kering dan terhindar dari bau apek.

5. Setrika baju yang sudah dikeringkan dan gantung

5. Setrika baju sudah dikeringkan gantung
Pexels/Pixabay

Cara lain agar pakaian tidak bau apek dan lebih cepat mengering yaitu dengan menyetrika. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa pakaian baru bisa disetrika saat kondisi pakaian sudah setengah kering. Hindari menyetrika saat pakaian masih dalam keadaan basah karena akan membahayakan.

6. Keringkan dengan menggunakan hair dryer

6. Keringkan menggunakan hair dryer
Freepik/artiss

Cara ini sering dilakukan saat sedang bepergian atau menginap di hotel. Mengeringkan baju bisa dengan memanfaatkan hair dryer agar lebih cepat kering walau tanpa terkena panas sinar matahari. Selain itu, cara ini juga dilakukan sebagai usaha agar pakaian tidak bau apek.

Akan tetapi, jika harus mengeringkan semua pakaian satu per satu dengan menggunakan hair dryer tentu akan menggunakan banyak energi listrik. Oleh karena itu, gunakan hair dryer untuk mengeringkan pakaian yang berukuran kecil atau berbahan tipis agar lebih cepat.

7. Gunakan pewangi pakaian

7. Gunakan pewangi pakaian
www.dominfo.ba

Cara lainnya yang sudah cukup sering dilakukan agar pakaian tidak bau apek yaitu dengan menggunakan pewangi pakaian. Pewangi pakaian sangat membantu untuk menjaga kesegaran pakaian. Selain itu, biasanya pewangi pakaian juga dilengkapi dengan bahan pelembut sehingga pakaian menjadi lebih lembut saat dikenakan.

Walaupun musim hujan memaksa kita untuk menjemur pakaian di dalam ruangan, tetapi ada banyak cara agar pakaian tidak bau apek dan tetap terjaga kesegaran aromanya. Kini, musim hujan bukan lagi menjadi penghalang untuk mencuci pakaian.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.