Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Daun Berubah Warna Menjadi Kuning

Daun berubah warna menjadi kuning karena kurang nutrisi lho, Ma

20 Januari 2021

Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Daun Berubah Warna Menjadi Kuning
Popmama.com/Onic Metheany

Tanaman hias memang bagus dijadikan dekorasi rumah. Ruangan menjadi indah dan terlihat lebih asri. Tanaman hias juga bisa menghilangkan stres dan menyegarkan mata. Selain itu, tanaman hias juga mampu menyaring polusi udara sehingga ruangan menjadi lebih sejuk.

Namun, tanaman hias perlu diperhatikan setiap hari agar tumbuh subur. Menanam tanaman hias memang seperti mempunyai anak, harus diperhatikan agar tetap hidup. Bahkan tanaman hias bisa mati atau kering tergantung bagaimana Mama merawatnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan dalam merawat tanaman hias. Pasti Mama bertanya-tanya mengapa daun berubah menjadi kuning. Kira-kira apakah penyebab daun berubah warna menjadi kuning?

Nah, untuk itu Popmama.com telah merangkum beberapa informasi tentang penyebab daun berubah warna menjadi kuning. Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Tanaman butuh lebih banyak air

1. Tanaman butuh lebih banyak air
Freepik/freepik

Ternyata daun bisa berubah menjadi warna kuning karena akar membutuhkan banyak air. Bisa jadi, Mama hanya menyiramnya terlalu sedikit dan tidak mengenai akar tanaman. Sehingga akar menjadi kering dan berujung daun yang menguning.

Namun, Mama bisa mengatasinya dengan melakukan penyiraman secara berkala sehingga kelembapan tanah tetap terjaga. Selain itu, Mama bisa merendam bagian bawah pot dengan baskom berisi air.

Rendam selama 30 menit agar air bisa meresap sampai ke akar. Lakukan cara ini satu bulan sekali agar akar tetap sehat dan tidak kekurangan air lagi.

Editors' Picks

2. Tanaman terlalu sering disiram

2. Tanaman terlalu sering disiram
Pexels/Daria Shevtsova

Tanaman yang sering disiram pun daunnya akan berubah menjadi kuning. Jadi, Mama harus pas saat melakukan penyiraman. Karena kekurangan dan kelebihan air bisa mengakibatkan daun menjadi kuning.

Jika tanaman menerima terlalu banyak air maka akar tidak ada ruang untuk bernafas. Akibatnya akar terendam air dan busuk karena tidak mendapatkan udara. Mama bisa mengatasi hal ini dengan mencolok-colok tanah agar udara bisa masuk ke dalam tanah.

3. Tanaman masih beradaptasi dengan lingkungan

3. Tanaman masih beradaptasi lingkungan
Freepik/wirestock

Saat Mama membeli tanaman hias baru dan dipindahkan ke pot, daun bisa menguning. Namun, Mama tak perlu khawatir bisa jadi tanaman ini sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jadi, pastikan tanaman sudah mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup.

Agar tanaman bisa beradaptasi dengan cepat dan tidak berujung stres. Mama juga bisa memberikan pupuk pada tanaman agar lebih subur dan membantu menghilangkan stres karena harus beradaptasi dengan lingkungan barunya.

4. Tanaman terlalu banyak terkena sinar matahari

4. Tanaman terlalu banyak terkena sinar matahari
Pexels/Designecologist

Ternyata tanaman tidak selalu membutuhkan banyak sinar matahari lho, Ma. Ada beberapa tanaman hias yang tidak bisa terlalu lama di bawah sinar matahari karena akan membuat daun terbakar, kering, dan menguning.

Walaupun tanaman membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Tetapi pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, tidak lebih dan kurang. Jadi, ketahui dahulu tanaman apa yang bisa berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama dan sebentar.

5. Tanaman kurang nutrisi

5. Tanaman kurang nutrisi
Freepik/v.ivash

Tanaman juga membutuhkan nutrisi agar tetap tumbuh dengan subur. Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan vitamin, mineral, dan lainnya. Tanaman membutuhkan nutrisi, selain air dan cahaya matahari.

Tanaman membutuhkan zat besi agar tumbuh dengan subur. Hal ini dikarenakan jika tanaman kekurangan zat besi daun bisa menguning.

Jadi pastikan unsur hara makro dan mikro pada tanah tetap stabil dan terjaga. Mama bisa memberikan pupuk untuk tanaman agar nutrisi tanaman dapat terpenuhi.

Itulah beberapa penyebab tentang penyebab daun berubah warna menjadi kuning. Jadi, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi mengapa daun berubah menjadi kuning. Untuk itu, rawatlah tanaman agar tetap subur dan rumah menjadi lebih asri dan sejuk.

Semoga artikel ini dapat menjawab kebingungan Mama tentang daun dari tanaman hias yang menguning.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.