Buruan Borong, Inilah Prediksi Tanaman Hias yang Populer pada 2021

Untuk Mama yang suka berkebun, sebaiknya segera beli agar tidak kehabisan dan harganya melonjak naik

8 Januari 2021

Buruan Borong, Inilah Prediksi Tanaman Hias Populer 2021
Popmama.com/Putri Syifa N
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Menanam mulai banyak diminati oleh banyak orang semenjak Pandemi Covid-19. Karena Pandemi Covid-19, masyarakat melakukan hampir semua kegiatan di rumah. Menanam menjadi salah satu aktivitas baru yang diminati untuk mengisi kegiatan selama di rumah.

Bahkan sampai 2021 nanti, tren menanam pasti akan tetap banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa tanaman menjadi langka dan harganya naik. Salah satunya adalah tanaman Janda Bolong, daunnya yang unik membuatnya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Nah, karena sudah dipenghujung tahun 2020. Inilah beberapa tanaman yang diprediksi akan populer pada 2021 mendatang. Untuk Mama yang suka menanam baiknya mempersiapkannya dari sekarang. Agar tidak kehabisan dan harganya sudah melonjak tinggi.

Popmama.com telah merangkum beberapa tanaman yang akan hits pada 2021. Kira-kira apa saja ya, Ma?

1. Fishbone cactus atau kaktus tulang ikan

1. Fishbone cactus atau kaktus tulang ikan
Shopee.co.id

Fishbone cactus adalah kaktus tulang ikan. Sesuai dengan namanya, kaktus ini berbentuk seperti tulang ikan sehingga terlihat menarik dan unik. Fishbone cactus berasal dari hutan hujan Meksiko. Perawatan dari tanaman Fishbone cactus juga cukup mudah.

Fishbone cactus biasanya dijual dengan nama kaktus Ric Rac atau kaktus Anggrek. Bila Mama merawatnya dengan benar dan lagi beruntung maka kaktus ini akan berbunga pada malam hari.

Bunga yang dihasilkan pun berwarna merah muda dan bertekstur lembut. Mama dapat membeli kaktus ini di online shop.

2. Blue star fern

2. Blue star fern
hortology.co.uk

Tanaman Blue star fern merupakan jenis pakis yang bentuk daunnya memanjang. Tanaman ini sangat coock ditempatkan di kamar mandi karena akan tumbuh subur jika kelembaban udaranya tinggi. Tanaman Blue star fern juga mudah dirawat.

Tanaman Blue star fern bisa tumbuh mencapai 2 sampai 3 meter. Lakukan pemupukan sebulan sekali. Tanaman ini juga tidak akan mati jika tidak disiram dalam beberapa hari.

Jadi, Mama tak perlu panik saat lupa menyiram tanaman ini. Karena tanaman ini mampu bertahan dalam kekeringan. Mama dapat membeli tanaman ini di online shop lur negeri karena di Indonesia masih jarang ditemukan.

3. Calathea velvet

3. Calathea velvet
Tokopedia.com

Tanaman Calathea velvet merupakan tumbuhan yang memiliki daun yang unik. Daunya yang berwarna hijau gelap. Tanaman Calathea velvet berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini cukup mudah dirawat karena menyukai cahaya dan kehangatan.

Tanaman ini juga bisa tumbuh di tempat yang lembab secara tidak langsung. Jadi, tanaman ini dapat di tanam di daratan rendah dan tinggi.

Untuk penyiraman lakukan satu hari sekali setiap pagi atau sore. Beri pupuk pada tanaman ini setiap dua minggu atau 14 hari sekali. Mama dapat membeli tanaman  ini di online shop.

Editors' Picks

4. String of hearts

4. String of hearts
Amazon.com

Tanaman String of hearts ini memiliki daun yang unik yaitu berbentuk hati. Selain berbentuk hati, daun ini juga bermotif. Tanaman String of hearts cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah untuk mempercantik dekorasi.

Tanaman String of hearts juga mudah dirawat. Tanaman ini menyukai sinar matahari namun tidak secara langsung. Jadi, Mama hanya perlu meletakan tanaman ini di dalam rumah, namun berhadapan dengan jendela.

Penyiraman pun hanya diberi secukupnya apalagi pada saat musim hujan berikan sedikit saja. Tanaman ini cukup beri pupuk selama satu bulan sekali. Mama dapat membeli tanaman ini di online shop.

5. Happy bean plant

5. Happy bean plant
Pinterest.com

Tanaman happy bean plant ini memiliki daun yang unik karena berbentuk memanjang. Nama tanaman ini artinya bahagia yang berarti tidak perlu diperhatikan lebih banyak dari pada tumbuhan lainnya.

Tanaman happy bean plant dapat menyimpan air di dalam tubuhnya. Sehingga Mama tak perlu menyiramnya secara berlebihan.

Letakan tanaman happy bean plant di tempat yang terang, namun jauh dari matahari. Tanaman ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Namun, Mama bisa menanyakan kepada penjual tanaman di toko ataupun pinggir jalan.

6. Chinese money plant

6. Chinese money plant
Tokopedia.com

Tanaman chinese money plant memiliki daun seperti mangkuk. Berbentuk lebar dan agak melengkung ke dalam membuat tanaman ini cocok dijadikan sebagai hiasan rumah. Daun pada tanaman ini juga tampak mengkilap.

Tanaman chinese money plant akan berbunga saat musim panas. Bunga yang dihasilkan berukuran kecil dan berwarna merah muda. Tanaman chinese money plant sangat mudah dirawat. Letakan tanaman di tempat terang, namun tidak terkena cahaya matahari langsung.

Untuk penyiraman cukup siram ketikam tanah bagian atas tanaman ini mengering. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak busuk karena terlalu banyak air.Mama dapat membeli tanaman ini di online shop.

7. Lidah mertua

7. Lidah mertua
Shopee.co.id

Lidah mertua adalah tanaman yang berbentuk seperti pedang panjang kokoh dan memiliki motif berwarna kuning.

Tanaman lidah mertua cocok diletakan di sudut ruangan sebagai dekorasi. Untuk Mama yang belum mahir dalam berkebun, baiknya menanam tumbuhan ini karena tak perlu perhatian lebih untuk merawatnya.

Selain untuk dekorasi rumah, ternyata tanaman lidah buaya mampu menyerap udara kotor di dalam ruangan.

Lidah buaya juga mampu menyerap radiasi dari alat elektronik yang ada di ruangan. Tanaman lidah mertua juga mampu tumbuh di tempat yang minim air dan cahaya matahari. Mama dapat membeli tanaman ini di online shop ataupun toko tanaman terdekat.

8. African milk tree

8. African milk tree
Ebay.com

Tanaman African milk tree ini berasal dari Afrika. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai pagar di Afrika. Tanaman ini tumbuh dengan cepat sehingga merawatnya cukup mudah karena tahan akan musim panas.

Tanaman ini akan tetap subur dan tumbuh di semua musim. African milk tree cocok ditanam di tanah pasir. Karena tanaman ini mampu tahan di musim panas, cukup siram tanaman seminggu sekali. Mama dapat membeli tanaman ini di online shop luar negeri karena masih jarang ada di Indonesia.

Itulah beberapa tanaman yang akan populer pada 2021. Untuk Mama yang menyukai tanaman hias, baik segera berburu tumbuhan agar tidak kehabisan atau harganya melonjak naik. Lalu, untuk Mama yang baru memulai berkebun, baiknya menanam tanaman yang mudah dahulu.

Ternyata menaman juga memilki banyak manfaat untuk kesehatan dan rumah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.