Investasi Keluarga di Masa Pandemi, Pentingkah?

Harus sekarang atau nanti dulu?

24 September 2021

Investasi Keluarga Masa Pandemi, Pentingkah
Shutterstock/Syda Productions

Investasi untuk sebagian besar orang masih dianggap tidak perlu. Masih banyak orang-orang yang belum begitu memprioritaskan investasi dalam perencanaan keuangan mereka. Kaum muda yang belum berkeluarga di Indonesia, masih banyak juga yang memiliki pandangan tersebut. Mereka masih berpikir YOLO (You Only Live Once) dan tidak mau investasi dulu karena dirasa belum perlu atau belum menikah.

Biasanya investasi ini agak sulit dilakukan oleh individu yang telah berkeluarga, terlebih keluarga muda. Berbagai tantangan dihadapi keluarga muda saat hendak berinvestasi. Lantas, seberapa pentingkah investasi ini untuk keluarga seperti Mama di masa seperti sekarang?

1. Kenapa harus mulai berinvestasi sedini mungkin?

1. Kenapa harus mulai berinvestasi sedini mungkin
Shutterstock/Makistock

Sebagai keluarga muda, Mama dan Papa pastinya mengharapkan masa depan keluarga yang cerah dan terjamin kesejahteraannya. Hal tersebut tentu tidak datang secara instan ya, Ma. Perlu berbagai usaha.

Biasanya keluarga muda atau keluarga baru seperti Mama, masih mencoba menyelaraskan ritme pengeluaran dengan berbagai kebutuhan yang berubah dari kondisi pada saat masih belum berkeluarga.

Alhasil kesempatan investasi berkurang karena Mama masih kebingungan dalam me-manage keuangan keluarga. Padahal berinvestasi sedini mungkin tidak mengenal kapan karena bisa dilakukan secepatnya, #YakinBisa yuk!

Editors' Picks

2. Investasi apa yang cocok?

2. Investasi apa cocok
Shutterstock/Makistock

Jika dana sudah tersisa atau Mama sudah menyisakan dana khusus untuk keperluan investasi timbullah masalah lainnya. Di masa pandemi seperti sekarang, kira-kira investasi apa yang cocok untuk keluarga muda seperti Mama dan Papa? 

Tak sampai di situ, Mama pun mulai bingung dengan beragam ketentuan dan syarat saat memulai investasi. Tentunya Mama nggak boleh salah pilih apalagi sampai tertipu seperti investasi bodong. Memilih dengan teliti lalu pikirkan bersama Papa agar hasilnya baik ya, Ma.

3. Pentingkah investasi di masa pandemi?

3. Pentingkah investasi masa pandemi
Shutterstock/aslysun

Pandemi mengajarkan bahwa kita harus punya pondasi keuangan yang kokoh di masa depan yang serba tak menentu ini, Ma. Oleh karena itulah, penting sekali kita mencoba melihat sedikit jauh ke depan dan mulai investasi sejak dini. Apapun tujuan investasi Mama dan Papa, baik untuk pendidikan anak, rumah impian, dan sebagainya, #YakinBisa dimulai dari sekarang.

Nah pertanyaannya, bagaimana cara memulainya? Buat Mama dan Papa yang masih bingung, jangan khawatir karena HSBC Advance bakal memberikan jawabannya lewat Webinar series #YakinBisa.

Mama bisa mulai daftar untuk ikut Webinar Kita #YakinBisa seri kedua dengan tema investasi keluarga yang mengambil judul “Langkah Awal Siapkan Investasi Keluarga Di Masa Pandemi”. Webinar ini akan digelar pada 30 September 2021 pukul 15.30 - 17.00 WIB.

Dalam Webinar series ini akan ada beberapa pembicara seperti Ryan Filbert (Praktisi & Inspirator Investasi No. 1 Indonesia) dan Fransisca K. Arnan (Head of Customer Propositions & Marketing, PT Bank HSBC Indonesia). Pada Webinar seri kedua ini, Popmama X HSBC Advance yakin kalau Mama Papa akan dapat lebih banyak ilmu yang bermanfaat bagi keuangan keluarga.

4. Jika iya, mulai dari mana ya?

4. Jika iya, mulai dari mana ya
Shutterstock/iSOMBOON

Saat Mama sudah memilih, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi? Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, apakah investasi menjadi kewajiban? Tentunya untuk yang satu ini, kembali ke Mama dan Papa.

Namun ilmu soal investasi ini perlu banyak belajar agar nggak salah pilih. Itu sebabnya Mama bisa banget belajar mengenai investasi lewat Webinar series HSBC Advance X Popmama.com yang akan digelar pada 30 September mendatang. Lewat Webinar yang akan digelar jam 15.30 WIB ini, Mama bisa belajar banyak seputar investasi mulai dari gimana caranya memulai untuk yang nggak tahu sama sekali tentang investasi sampai pilihan investasi apa yang terbaik untuk keluarga muda. Pastinya ilmu-ilmunya bermanfaat banget untuk Mama dan Papa. 

Jangan lupa ya Mama Papa! Klik di sini dan buruan daftar karena kuota terbatas! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.