Ini Bahayanya Jika Mama Kebiasaan Pakai Sepatu dari Dalam Rumah

Penting untuk kesehatan Mama dan keluarga.

2 April 2020

Ini Bahaya Jika Mama Kebiasaan Pakai Sepatu dari Dalam Rumah
Freepik/senivpetro

Tak masalah jika Mama menyimpan sepatu pada rak di dalam rumah, asalkan memakai dan membuka sepatunya di luar rumah. Itu sudah jelas untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Mama beserta keluarga. Ditambah lagi, saat ini sedang maraknya kasus Covid-19.

Seperti yang telah ditinjau secara medis oleh Tania Elliot, MD, Spesialis Alergi dan Penyakit Menular di rumah sakit NYU Langone Health, New York.

Penelitian menemukan bahwa sepatu dapat menjadi pembawa virus dan bakteri. Meskipun sepatu Mama kemungkinan tidak menyebarkan penyakit, tapi penting untuk selalu melepasnya di luar rumah. Kalau perlu, semprot disinfektan jika kotor. 

Berikut Popmama.com rangkum bahayanya jika Mama atau keluarga punya kebiasaan pakai dan buka sepatu di dalam rumah. 

1. Sepatu membawa kuman ke dalam rumah

1. Sepatu membawa kuman ke dalam rumah
Freepik/kjpargeter

Di luar rumah sangat banyak bakteri, kuman, dan virus. Apalagi Covid-19 sedang gencar-gencarnya menyebar. Kuman menempel lebih banyak di bagian luar sepatu.

Terbayang kan, Ma, bagaimana jadinya kalau memakai dan melepasnya di dalam rumah. Kuman-kuman akan menempel di lantai dan menyebabkan penyakit bagi Mama sekeluarga.

Editors' Picks

2. Sendal rumah juga menebar kuman

2. Sendal rumah juga menebar kuman
pixabay.com/reimoon0

Mama dan keluarga punya kebiasaan memakai sandal di dalam rumah? Jika iya, harus benar-benar diperhatikan kebersihannya.

Apalagi jika sandal dipakai ke seluruh penjuru ruang di rumah. Ambil contoh dapur, kotoran dan minyak sisa memasak makanan yang ada di lantai menempel pada sandal Mama.

Kemudian, Mama gunakan sandal itu ke ruangan lainnya sehingga menyebabkan lantai lain kotor.

3. Bahaya untuk anak-anak

3. Bahaya anak-anak
Freepik

Kuman dari sepatu yang tersebar di lantai rumah bisa lebih berbahaya jika Mama punya anak kecil. Pada dasarnya, anak kecil senang bermain di lantai lalu menyebar mainannya ke seluruh penjuru rumah.

Hal itu, dapat membuat kuman dari sepatu menempel. Apalagi, mereka juga suka memasukkan tangan ke dalam mulut tanpa sadar. Ketika imun si kecil sedang menurun dapat membuatnya terserang penyakit. Pastinya, Mama tidak ingin si kecil menjadi sakit karena kuman, bukan?

Cara Mensterilkan Sepatu

Cara Mensterilkan Sepatu
Freepik

Mama dan Papa dapat membersihkan sepatu dengan sabun dan air. Lepas sol sepatu kemudian rendam dalam air hangat bersabun lalu biarkan mengering.

Selain itu, pemutih dan air juga bisa mensterilkan sepatu. Namun, hanya untuk membersihkan bagian dalam sepatu atau bagian luar sepatu yang berwarna putih.

Itu untuk menghindari pudarnya warna sepatu. Mesin cuci juga dapat digunakan, tappi hanya untuk sepatu berbahan seperti katun dan nilon. Jangan masukkan sepatu berbahan kulit atau suede.

Pastikan Mama dan keluarga untuk membersihkan tangan setelah memakai maupun membuka sepatu. Dan ikuti protokol kesehatan setelah pergi dari luar rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.