6 Tips agar Cucian Cepat Kering saat Musim Hujan

Ini menguntungkan karena Mama tidak perlu menunggu cucian kering hingga berhari-hari

1 November 2020

6 Tips agar Cucian Cepat Kering saat Musim Hujan
Freepik/bearfotos

Menurut hasil pantauan BMKG pada awal bulan Oktober lalu, sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi mengalami hujan-sedang lebat. Beberapa diantaranya berpotensi disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Secara umum dapat diprakiraan bahwa bulan Oktober 2020 menjadi awal dari musim hujan. 

Musim ini cukup memengaruhi aktivitas sehari-hari yang salah satunya adalah menjemur pakaian. Tidak adanya terik matahari bisa menyebabkan pakaian lebih lama kering.

Padahal, Mama dan keluarga membutuhkan pakaian tersebut untuk aktivitas sehari-hari. Jika Mama memaksa menggunakan pakaian yang belum sepenuhnya kering, bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Untuk mengatasi hal itu, Mama bisa mencoba beberapa tips agar cucian cepat kering saat musim hujan yang telah Popmama.com susun berikut ini.

1. Prioritaskan pakaian yang butuh lebih cepat untuk dipakai

1. Prioritaskan pakaian butuh lebih cepat dipakai
Freepik

Memprioritaskan pakaian yang akan lebih dulu dipakai merupakan tips agar cucian cepat kering saat musim hujan.

Jangan memasukkan seluruh pakaian kotor sekaligus ke dalam mesin cuci jika terik matahari tidak terlihat. Mama bisa memilih pakaian kerja, seragam sekolah anak, atau jas Papa untuk dicuci lebih dulu.

Dengan begitu, tidak akan ada tumpukan cucian yang belum kering di jemuran Mama. Jumlah cucian di jemuran bisa memengaruhi kecepatan keringnya pakaian.

Jika tidak terlalu banyak yang dijemur maka semakin banyak rongga udara sehingga pakaian lebih cepat kering.

2. Mencampur handuk kering dengan pakaian yang baru dicuci untuk menyerap sisa air

2. Mencampur handuk kering pakaian baru dicuci menyerap sisa air
Pexels/Dom J

Tips agar cucian cepat kering saat musim hujan lainnya adalah menambahkan handuk kering di antara pakaian yang baru selesai dicuci.

Pertama, ambil handuk kering dan taruh di atas cucian yang baru dicuci dalam mesin cuci, lalu pilih tombol untuk mengeringkan. Atau bisa juga dengan merentangkannya di atas handuk lalu mengggulungnya.

Handuk akan menyerap kelembapan dan mencegahnya diserap kembali ke dalam pakaian.

Editors' Picks

3. Cara menggantung cucian yang dijemur berdasarkan jenisnya

3. Cara menggantung cucian dijemur berdasarkan jenisnya
Pexels/Skitterphoto

Cara menggantung pakaian juga menjadi salah satu tips agar cucian cepat kering saat musim hujan Saat menggantungkan hoodie, jepit bagian kepala dan leher hingga seakan terbentang. Ini dapat memaksimalkan area yang terbuka dan mempercepat pengeringan.

Untuk mengeringkan kemeja, kancing kerahnya dan tegakkan. Dengan begini, pakaian akan kering tanpa kerah yang masih basah.

Sementara untuk jeans yang memiliki kantong, Mama bisa membalik ke sisi dalam celana lalu menggantungnya pada gantungan dengan penjepit. Gantungan jenis ini akan membuat bahan celana tidak saling menempel sehingga mempercepat pengeringan.

Jika ingin mengeringkan kaos, pilih hanger jas untuk mencegah bahan bagian depan dan belakang saling menempel.

Kemudian untuk seprai, gunakan jemuran model berdiri yang direntangkan. Jemur seprei di atas dua bagian besinya sehingga bahan seprai tidak saling menempel.

4. Menggunakan jemuran model berdiri atau jemuran bertingkat

4. Menggunakan jemuran model berdiri atau jemuran bertingkat
ruparupa.com

Tips agar cucian cepat kering saat musim hujan adalah menjemurnya dengan menggunakan jemuran model berdiri atau bertingkat. Mama hanya tinggal menggantung pakaian atau merentangkan di atasnya agar benar-benar kering.

Besi pada jemuran ini membering ruang sehingga mencegah bahan pakaian saling menempel.

5. Menggunakan setrika untuk mengurangi kelembapan yang tersisa

5. Menggunakan setrika mengurangi kelembapan tersisa
Freepik

Mama bisa mengeringkan pakaian saat musim hujan dengan bantuan setrika. Ini karena setrika panas dapat mengurangi kelembapan yang tersisa pada pakaian.

Jika Mama masih menemukan ada bagian yang masih lembap pada pakaian dengan bahan tebal, seperti jeans atau sweater maka menyetrika akan mengeringkannya dengan mudah.

Untuk mencegah kerusakan pada pakaian, Mama bisa meletakkan kain di atasnya sebelum menyetrika.

6. Menggunakan hairdryer cukup efektif untuk keadaan mendesak

6. Menggunakan hairdryer cukup efektif keadaan mendesak
Freepik/artiss

Apabila Mama benar-benar sedang terdesak harus mengenakan pakaian yang masih lembap maka menggunakan hairdryer bisa menjadi salah satu tips agar cucian cepat kering saat musim hujan.

Pengering rambut cukup efektif digunakan dalam keadaan mendesak atau darurat jika Mama tidak punya pilihan lain untuk mengeringkan pakaian.

Nah, Mama bisa sedikit bernapas lega karena cucian tidak perlu terlalu menumpuk lagi di jemuran. Pakaian pun bisa kering sepenuhnya dan bebas bau.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.