Penyebab Istri Tidak Percaya Diri saat Berhubungan Badan dengan Suami

Pernah merasakan seperi ini nggak, Ma?

13 Mei 2021

Penyebab Istri Tidak Percaya Diri saat Berhubungan Badan Suami
Freepik/rawpixel.com

Pernikahan adalah sebuah momen yang dinantikan oleh sepasang kekasih, setelah sudah menikah banyak sekali perubahan yang dialami dalam kehidupan.

Sebagian perempuan menjadi tidak percaya diri dalam berhubungan badan dengan suami.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebab banyak perempuan yang mengalami (body image) yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri dengan kondisi tubuh kamu. Terlebih di bagian payudara, perut, paha, dan vagina.

Untuk megetahui lebih jelas memahami tentang penurunan kepercayaan diri pada perempuan, kamu perlu mengetahui segala penyebab yang dapat terjadi olehnya

Kali ini Popmama.com telah merangkum berbagai pemicu yang membuat perempuan mengalami penurunan kepercayaan diri, disimak yuk, Ma!

1. Perubahan bentuk tubuh setelah menikah dan melahirkan membuat perempuan tidak percaya diri

1. Perubahan bentuk tubuh setelah menikah melahirkan membuat perempuan tidak percaya diri
Freepik/Nensuria

Pernah nggak saat suami mengajak berhubungan intim tetapi kamu enggan untuk melakukannya?

Mungkin kamu merasa tubuh kamu sudah tidak seperti sebelum menikah, hal ini tentu sangat menurunkan tingkat percaya diri kamu.

Bukan cuma itu masalah ini bisa mengganggu kehidupan kamu dan suami, lho.

Sesudah menikah tentu berhubungan intim menjadi salah satu rutinitas yang harus dipenuhi.

Jika salah satu pasangan tidak mau untuk berhubungan intim tentu ini akan menjadi sebuah masalah. Suami maupun istri akan merasa tertekan saat diantaranya berulang kali tidak mau untuk melakukan aktivitas seksual.

Jika pun mau perempuan ingin melakukan seks, mereka cenderung untuk memilih melakukannya dengan suasana yang gelap. Sehingga tubuh mereka tidak terlihat oleh suami.

Padahal sebenarnya suami akan mengerti bila kamu membicarakan persoalan ini kepadanya.

Dengan melakukan komunikasi maka ini dipercaya dapat membuat  hubungan terbuka seperti ini akan membawa kebaikan untuk rumah tangga kamu.

Editors' Picks

2. Aroma tidak sedap dari organ kewanitaan membuat suami tergesa-gesa dalam berhubungan seksual

2. Aroma tidak sedap dari organ kewanitaan membuat suami tergesa-gesa dalam berhubungan seksual
Popmama.com/Ainun Fadhilah

Kamu pernah melakukan hubungan intim lalu suami cepat-cepat untuk orgasme dan mengakhiri aktivitas seksual yang sedang dilakukannya, apakah pernah?

Bisa jadi saat itu suami buru-buru melakukan hubungan badan sebab ia merasa tidak nyaman dengan bau yang tidak sedap dari vagina kamu.

Bila kamu merasa sering keputihan dengan mengeluarkan bau yang tak sedap, sebaiknya kamu mencari solusinya.

Untuk memastikan jika hal ini pemicunya, kamu bisa langsung ajak bicara sang Suami dengan begitu kalian mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasangan.

"Tujuan berhubungan seksual untuk mencapai kepuasan bersama, bila mendapati organ vagina yang berbau harus segera ditangani. Vagina yang bersih, sehat, dan tidak berbau membuat perempuat menjadi percaya diri saat berhubungan seksual. Vagina yang mengeluarkan bau bisa jadi menunjukan gejala-gejala penyakit, bila terjadi pertumbuhan bakteri maka akan cepat menyebar saat berhubungan intim dan berbahaya", ujar dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), Sexologist.

Jika benar, kamu harus segera mencari solusinya supaya area kewanitaan kamu menjadi tidak berbau lagi, selain itu dari segi psikis aroma yang tidak sedap dari vagina bisa mengganggu kepercayaan diri perempuan.

Mulut vagina yang tidak bersih dan berbau mengidentifikasi kalau kamu sedang mengalami gangguan kesehatan di area tersebut.

Melalui hubungan badan virus dan bakteri yang ada pada vagina dapat menyebar kepada suami. 

Perlu diketahui bahwa hubungan seksual sangat penting untuk menjaga kehrmonisan hubungan rumah tangga kamu lho, jadi jangan malu untuk mencari solusinya ya!

3. Bentuk vagina yang longgar, tidak kencang, dan berubah bentuk

3. Bentuk vagina longgar, tidak kencang, berubah bentuk
Freepik

Vagina yang sudah berubah bentuk terlebih setelah kamu dan suami memiliki anak merupakan sebuah hal yang wajar, tetapi banyak perempuan yang merasa dirinya memiliki kekurangan sebab organ intimnya tidak seperti awal.

Oleh sebab itu banyak istri yang nggak mau untuk berhubungan intim, padahal sebenarnya mereka masih memiliki hasrat untuk beradu kasih sayang di atas ranjang.

Menahan hasrat akan membuat psikis kamu menjadi kurang baik dan merasa tertekan, untuk itu lebih baik kamu berkomunikasi dengan suami.

Kamu juga tidak perlu merasa kurang percaya diri selama vagina kamu bersih dan tidak berbau, serta tidak mengalami gangguan.

Perubahan pada bentuk vagina adalah hal yang alami.

Sekarang ini sudah banyak peremajaan vagina yang bisa mewujudkan kamu untuk memiliki bentuk vagina yang kamu inginkan, jadi kamu bisa dengan tenang sebab solusinya sudah ada.

Namun, untuk perihal operasi tidak disarankan jika kamu hanya ingin merubah bentuk vagina, tindakan operasi diperbolehkan bila vagina kamu mengalami gangguan kesehatan. 

Cara Mengatasi Kepercayaan Diri Seorang Istri saat Melakukan Hubungan Intim Bersama Suami

Cara Mengatasi Kepercayaan Diri Seorang Istri saat Melakukan Hubungan Intim Bersama Suami
Freepik/ Jcomp

Perubahan tubuh setelah menikah pasti akan kamu alami, semua terjadi dengan alami. Terlebih kamu sudah melahirkan si Kecil, untuk itu kamu perlu menerima bentuk tubuh yang tidak sama seperti semula.

Cara untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya kamu berkomunikasi dengan suami, dengan terbuka kamu dan suami makin memahami kondisi satu sama lain.

Jika organ intim kamu mengalami gangguan seperti menghasilkan bau tak sedap, kamu harus mencari solusinya bisa dengan menggunakan sabun khusus membersihkan vagina. 

Perlu diperhatikan memilih sabun untuk membersihkan area tersebut harus sangat teliti.

Jangan merasa bersalah atau tidak percaya diri, lebih baik untuk mencari solusinya agar suami bergairah lagi melakukan aktivitas seksual. Untuk mengencangkan vagina kamu bisa melakukan berbagai peremajaan vagina seperti laser, botox, dan sebagainya.

Sebelum melakukan peremajaan vagina sebaiknya tanyakan dulu bahan apa yang dipakai dan apakah memiliki efek samping.

Bila kamu masih tidak yakin kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter ya!

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan perempuan tidak nyaman saat berhubungan dengan suami, semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.