Setelah Menikah, Pasti 6 Hal Ini Jadi Ketakutan Terbesar Seorang Mama

Bikin tidur nggak tenang dan makanan jadi hambar

12 April 2019

Setelah Menikah, Pasti 6 Hal Ini Jadi Ketakutan Terbesar Seorang Mama
Shutterstock/paulaphoto
Shutterstock/paulaphoto

Sebelum dan setelah memiliki anak, sebenarnya tanpa sadar Mama memiliki tanggung jawab baru yang harus dipenuhi, khususnya untuk si Kecil dan juga untuk suami. Pernah nggak sih Ma, tiba-tiba Mama teringat dengan beberapa hal yang langsung bikin hati nggak ‘karuan’ seperti 6 poin di bawah ini.

1. Uang belanja habis saat pertengahan bulan

1. Uang belanja habis saat pertengahan bulan
Shutterstock/Lopolo
Shutterstock/Lopolo

Sebagai Menteri Keuangan dari keluarga, pasti Mama punya panggilan untuk mengelola keuangan keluarga dengan benar. Bukannya meragukan Mama nih, tapi di dalam hidup ini ada begitu banyak ketidakpastian yang bisa tiba-tiba membuat uang belanja habis di tengah bulan. Tapi tenang Ma, Popmama di sini akan bagi-bagi tips supaya Mama bisa mengelola keuangan keluarga dengan lebih efisien.

Pertama, selalu prioritaskan apa yang dibutuhkan, contohnya seperti biaya sekolah anak, cicilan, dan sembako. Popmama tahu kalau makan malam di restoran bersama keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, seiring meningkatnya inflasi, ada baiknya untuk kita atur kembali kapan bisa menikmati santap lezat di restoran. Popmama yakin kalau Mama bisa menciptakan kreasi kuliner yang sama lezatnya kok.

Kedua, buat rencana keuangan. Tapi, buat rencana keuangan ini tidak perlu yang terlalu ketat kok, Ma. Jangan mengabaikan kebutuhan ya. Ketiga, cari penghasilan tambahan. Di sela-sela kesibukan mungkin Mama akan melihat peluang-peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan. Misalnya Mama sering ikut arisan. Lalu, teman-teman arisan Mama pasti akan 'curhat' tentang kebutuhannya. Nah, kalau memang ada kebutuhan mereka yang bisa Mama penuhi, kenapa tidak?

2. Saat menunggu pasangan yang tak kunjung pulang

2. Saat menunggu pasangan tak kunjung pulang
Shutterstock/Nutlegal Production
Shutterstock/Nutlegal Production

Menunggu pasangan pulang setelah beraktivitas adalah hal yang biasa, namun terkadang kalau ia nggak kunjung pulang tanpa kabar yang pasti, pasti hati Mama jadi ketar-ketir deh. Biasanya, hal yang terpikirkan seorang istri adalah tiga hal nih. Pertama, mungkin pasangan sedang lembur jadi nggak bisa mengabarkan. Kedua, mungkin pasangan sedang bertemu klien. Ketiga, jangan-jangan terjadi apa-apa di jalan. Wah, pikiran yang ketiga ini nih yang sering bikin nggak bisa tidur.

Saran Popmama, sebaiknya Mama tinggalkan pesan teks untuk memberi tahu bahwa Mama menunggunya pulang. Kalau ia sedang lembur, pasti akan langsung cepat-cepat ingin pulang deh. Tetap positive thinking ya Ma!

3. Mama atau anggota keluarga ada yang sakit

3. Mama atau anggota keluarga ada sakit
Shutterstock/Gorodenkoff
Shutterstock/Gorodenkoff

Duh, ketika ada anggota keluarga yang sedang sakit pasti rasanya sedih banget. Rasanya Mama ingin melakukan apa pun untuk kesembuhannya. Apalagi kalau yang sakit ini adalah anak sendiri. Pasti banyak Mama yang ingin bertukar tempat dengan si Kecil supaya ia bisa segera sembuh dan biar Mama saja yang sakit. Tapi, tentu saja ini bukanlah hal yang mustahil. Tapi, ada kok satu hal yang bisa Mama lakukan untuk sebagai bukti rasa cinta terbesar untuk keluarga yakni dengan mendaftarkan diri dan keluarga ke asuransi. Misalnya, dengan mendaftarkan diri ke layanan Hospital & Surgical Care Premier dari Allianz.

Layanan Allianz Hospital & Surgical Care Premier ini adalah rider, atau layanan tambahan, yang bisa Mama dapatkan setelah memiliki asuransi Allianz. Lewat layanan ini, orang-orang tercinta Mama akan mendapatkan layanan medis terbaik di berbagai negara di dunia lho. Allianz akan mengganti biaya perawatan sesuai tagihan, dengan pilihan kamar perawatan private dan semi private sesuai plan yang Mama pilih. Usia masuk dari layanan ini pun dimulai dari 1 bulan hingga 70 tahun. Jadi, anak, pasangan, saudara, dan orangtua bisa Mama masukkan ke dalam layanan ini kok. Nah, terlihat ‘kan kalau Allianz memang #LebihCare sama Mama dan keluarga. Untuk mengetahui manfaat lebih dari layanan Allianz Hospital & Surgical Care Premier, Mama bisa klik di sini.

Editors' Picks

4. Pulang dengan keadaan rumah bak ‘kapal pecah’

4. Pulang keadaan rumah bak ‘kapal pecah’
Shutterstock/Anna Nahabed
Shutterstock/Anna Nahabed

Remuk redam adalah ungkapan yang paling bisa menggambarkan perasaan ketika pulang mendapati rumah dalam keadaan kacau balau. Rasanya mau marah, tapi sudah lelah. Tapi kalau nggak marah, sampai kapan harus seperti ini terus. Popmama mengerti karena Popmama pun pernah merasakan hal yang sama.

Nah, tips dari Popmama ini adalah coba untuk duduk dulu. Atur napas dan minum dulu deh. Lalu, coba deh ajak anak untuk duduk bersama dengan tenang. Lalu, coba ajak dia untuk membereskan segala kekacauan tersebut. Namun, kalau kejadian ini terus berulang, mau tidak mau Mama harus siapkan hukuman berjenjang. Nggak perlu yang terlalu keras kok Ma, yang penting tegas.

5. Saat anak berkelahi

5. Saat anak berkelahi
Shutterstock/Romrodphoto
Shutterstock/Romrodphoto

Melihat anak bermain bersama teman-teman sebayanya adalah hal yang menyenangkan. Tapi, melihat si Kecil berkelahi dengan saudaranya atau anak lainnya pasti membuat hati seorang ibu gak ‘karuan’. Pertama, ia khawatir kalau terjadi apa-apa pada buah hatinya. Kedua, ia khawatir kalau anaknya melukai anak lain. Untuk hal ini, Mama harus mengambil serangkaian langkah pencegahan. Mulai dari selalu mengawasi waktu bermain anak, menjaga konten-konten yang ia saksikan.

Membiarkan si Kecil nonton YouTube memang ada manfaatnya. Namun, kalau nggak diawasi, kita nggak akan pernah tahu konten apa yang akan ia tonton. Oleh karena itu, Popmama sarankan untuk batasi penggunaan gadget hanya boleh dilakukan bersama Mama.

6. Saat si Kecil melakukan aksi berbahaya

6. Saat si Kecil melakukan aksi berbahaya
Shutterstock/Sharomka
Shutterstock/Sharomka

Namanya seorang Ibu pasti sangat memperhatikan keselamatan anaknya. Namun, di masa-masa pertumbuhan, anak belum sadar betul kalau semua hal yang ia lakukan mengandung konsekuensi. Sehingga mereka selalu saja melakukan hal-hal berbahaya yang membuat jantung seorang ibu mau copot. Mulai dari mencoba untuk memasukkan jarinya ke stop kontak, bermain benda tajam, manjat pohon, hingga balapan sepeda. Oleh karena itu, mungkin Mama bisa mencoba untuk melindungi si Kecil dengan menjauhkan hal-hal berbahaya darinya.

Itu dia lima hal yang bikin hati Mama gak ‘karuan’. Nah, menurut Mama hal apa lagi sih yang bikin hati seorang ibu dag dig dug? Coba deh yuk share di kolom komentar!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!