Haru, Kisah Pasangan Setia Urus Istri yang Terinfeksi Virus Corona

Sang Suami rela merawatnya di rumah setiap hari

16 Februari 2020

Haru, Kisah Pasangan Setia Urus Istri Terinfeksi Virus Corona
Pexels/Min An

Ada kisah haru yang terjadi saat wabah virus corona. Tang Hai dan istrinya, Ting Li merupakan pasangan suami istri yang tinggal di Wuhan, Cina tengah berperang melawan virus corona. 

Dilansir dari laman Facebook Cultura Colectiva+, diketahui bahwa Ting Li adalah seorang perawat yang tertular virus corona karena membantu pasien di rumah sakit.

Namun, Tang Hai sang suami tidak berdiam diri begitu saja. Meskipun sakit, ia tetap setia mendampingi Ting Li.

Tang Hai membagikan kisah ini melalui sebuah rekaman video yang berisi hari-hari mereka berjuang melawan virus sebagai pasangan.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengangkat semangat istrinya serta pasien lain sehingga mereka semua bisa termotivasi dalam mengalahkan virus.

Video tersebut menunjukkan kehidupan Tang Hai dan Ting Li sebagai pasangan sehari-hari di rumah mereka sendiri.

Saat Ting Li terisolasi di sebuah ruangan karena virus corona, Tang Hai sebagai suami rela  melakukan segala yang dia bisa untuk merawatnya.

Meskipun dengan risiko penularan tinggi, Tang Hai melakukan apa yang dia bisa untuk menjadi lebih dekat dengan istri yang dicintainya agar Ting Li merasa lebih baik dan bisa termotivasi untuk pulih.

Tang Hai melakukan apapun, mulai dari memasak makanan favorit serta makanan yang meningkatkan tingkat energi istrinya.

 Ia juga membasmi kuman di ruangan di mana dia tinggal setiap hari dan juga seluruh rumah sehingga keduanya aman.

Selama melakukan perawatan, Tang Hai juga mengenakan pakaian pelindung ketika membersihkan rumah, jadi ia tidak terinfeksi.

 Mengingat jika ia terinfeksi virus corona juga, tidak ada obat untuk menyembuhkan dan tidak akan ada yang merawat istrinya.

Pasangan ini memiliki seorang putra yang masih kecil, tetapi sedang diungsikan jauh agar tetap aman dari virus corona.

Keduanya sepakat untuk tidak memberitahu putranya bahwa sang Mama sakit agar dia tidak khawatir.

Dalam setiap episode video yang diunggah, Tang Hai berbicara tentang kegiatan harian dan gejala-gejala yang dialami istrinya, apakah membaik atau tidak.

Tang Hai selalu tampak positif di depan kamera dan dengan yakin bahwa mereka akan mengalahkan virus bersama dan kembali hidup normal seperti sebelumnya.

Dari kisah ini setiap orang bisa belajar banyak bahwa ketulusan dan kasih sayang membawa seseorang rela berkorban untuk orang yang dicintai.

Apapun risiko dan tantangan yang dihadapi. 

Melalui kisah tersebut juga, kita belajar bahwa cara mengungkapkan cinta bisa dalam beragam bentuk ya, Ma. Salah satunya dengan perhatian. 

Berikutini Popmama.com berikan beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang pada pasangan.  

1. Berikan perhatian penuh

1. Berikan perhatian penuh
Unsplash/Matheus Ferrero

Semua orang cenderung suka diperhatikan, apalagi dari hal-hal kecil. Misalnya, dengan melakukan kontak mata saat berbicara karena menunjukkan bahwa Mama menyimak obrolan sepenuhnya.

Hindari untuk melakukan komunikasi dengan melakukan hal lain sehingga pasangan merasa diperhatikan dan dihargai dengan baik.

Mengingat komunikasi merupakan kunci dalam setiap hubungan.

Perhatian dapat diberikan dalam berbagai bentuk, seperti ekspresi kebahagiaan, pemahaman, dan keterbukaan karena kejujuran juga dapat menjadi hal penting dalam memertahankan hubungan.

Editors' Picks

2. Penuhi kebutuhan

2. Penuhi kebutuhan
Unsplash/Priscilla Du Preez

Tak hanya kebutuhan wajib yang perlu dipenuhi, Mama juga bisa mengantisipasi apa saja hal yang mungkin dibutuhkan pasangan. 

Bahkan saat pasangan belum memberitahu kepada Mama.

Dengan ini, pasangan akan merasa dipahami dengan cara sederhana, tetapi berkesan.

Kebutuhan tidak hanya dapat dinilai dari barang saja, tetapi juga hal lain secara batin. Baik dalam bentuk perhatian dan pengertian.

Namun, tidak hanya memberi, Mama juga perlu untuk menerima dan menghargai segala yang pasangan berikan sehingga hubungan tetap harmonis.

3. Melalui sentuhan

3. Melalui sentuhan
Unsplash/Jared Sluyter

Beri tahu bahwa Mama mencintai setiap hari. Lakukan dengan sentuhan yang penuh kasih sayang. Bisa dari bergandengan tangan atau berpelukan. Hal-hal sederhana seperti ini juga bisa menciptakan rasa nyaman dan aman dalam hubungan.

Selain itu, sentuhan fisik juga bisa membantu tenangkan sistem saraf pada tubuh, Ma.

Coba lah untuk menggunakan setiap kesempatan untuk menunjukkan rasa cinta melalui sentuhan agar pasangan merasakan kasih sayang yang penuh.

4. Selalu sediakan waktu

4. Selalu sediakan waktu
Unsplash/Scott Broome

Meskipun disibukkan dengan beragam kegiatan di dalam atau luar rumah. Penting bagi Mama untuk menyediakan waktu untuk pasangan.

Cara yang dapat dilakukan pun cukup mudah, misalnya melalui pesan singkat atau telepon.

Kehadiran dan ketersediaan waktu untuk pasangan sangat diperlukan dalam hubungan sehingga memupuk rasa percaya dan dukungan satu sama lain.

Mama juga perlu sesekali menghabiskan waktu berdua dengan pergi melakukan hobi bersama atau beragam aktivitas lain yang menyenangkan. Namun, pastikan waktu yang dihabiskan berdua tetap berkualitas ya, Ma.

5. Berikan pujian dan semangat

5. Berikan pujian semangat
Unsplash/Kristina Litvjak

Jadilah penggemar dan pendukung terbesar bagi pasangan baik secara pribadi maupun di depan teman-temannya. Tunjukkan bahwa Mama bangga memilikinya sebagai pasangan.

Berikan pujian dan semangat di setiap kesempatan.

Bentuk dukungan dari orang terdekat akan lebih memberikan hasil yang positif. Selain pujian dan semangat, Mama juga perlu memberikan ucapan terima kasih agar pasangan merasa keberadaannya dihargai dan merasa berarti.  

Itu lah beberapa cara sederhana yang dapat Mama lakukan dalam menunjukkan rasa cinta dan kasih pada pasangan. Tidak hanya saat perayaan Valentine pada 14 Februari saja, tetapi juga setiap hari agar hubungan tetap harmonis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.