Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

83 Kata-Kata Bijak dalam Hubungan yang Mewakili Ungkapan Hati Terdalam

Bisa jadi ungkapan isi hati tentang hubungan pertemanan sampai pernikahan

28 November 2022

83 Kata-Kata Bijak dalam Hubungan Mewakili Ungkapan Hati Terdalam
Freepik/Jcomp

Kata-kata bijak dalam hubungan ibarat nasihat untuk diri sendiri dan orang lain, seperti pasangan, teman, sahabat, atau anggota keluarga. Kata-kata bijak menjadi bahan refleksi agar hubungan sehat dapat terwujud.

Selain itu, kata-kata bijak bisa menjadi bentuk ekspresi diri. Apabila kamu tipikal orang yang sulit mengutarakan perasaan, kata-kata tersebut dapat digunakan untuk menyampaikannya isi hati. Sehingga, kamu merasa lebih lega dan tenang.

Nah, berikut kata-kata bijak dalam hubungan yang dirangkum Popmama.com. Kata-kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan hubungan keluarga, pacaran, pertemanan, persahabatan, ataupun rumah tangga. 

Simak kata-katanya, yuk!

1. Kata-kata bijak dalam hubungan cinta dan kehidupan

1. Kata-kata bijak dalam hubungan cinta kehidupan
Freepik/Fxquadro

Ketika menjalani hubungan dengan kekasih, ada kalanya hubungan diwarnai pertengkaran. Baik kamu dan pasangan merasa kecewa, sedih, marah, ataupun kesal. Hal tersebut wajar sebab kalian adalah manusia biasa yang bisa membuat kesalahan.

Hubungan yang sehat bukan hubungan yang terus membahagiakan. Terkadang konflik menjadi 'bumbu-bumbu' pacaran yang membuat kalian bertumbuh dewasa, selama konflik dihadapi dengan cara yang tepat.

Berikut kata-kata bijak dalam hubungan cinta dan kehidupan yang bisa jadi refleksi:

  1. Meski saling mencintai, pasangan kekasih harus mempunyai batasan (boundaries) sehingga kalian tidak mudah kehilangan diri sendiri.
  2. Bukan tugas pasangan untuk terus membahagiakan kamu, tapi kamulah satu-satunya yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu. Jadi, meski sudah memiliki pasangan, jangan lupa melakukan hal-hal yang kamu sukai.
  3. Mencintai bukan berarti kamu menoleransi perilaku dan sikap buruk pasangan. Beritahu ketidaknymananmu agar pasangan berusaha memahami kebutuhanmu dalam hubungan.
  4. Hubungan bukan cuma membuat cinta, tapi juga sikap saling menghormati. Tanpa sikap respek, kalian hanya akan saling menyakiti.
  5. Cara mempertahankan hubungan adalah dengan menerima diri dan pasangan. Kemudian, kalian saling bertumbuh menjadi orang lebih baik lagi.
  6. Cinta memang tentang perjuangan. Namun, ketahuilah dengan baik siapa yang kamu perjuangkan. Jangan sampai kamu memperjuangkan orang yang selama ini tidak menghargaimu dengan baik.
  7. Kenali dan nilai seseorang dengan logika terlebih dulu. Jika logikamu bisa menerimanya, hatimu pun akan terbuka.
  8. Cinta yang baik adalah cinta yang berlandaskan kepercayaan, kebebasan, dan kesetiaan. Pastikan baik kamu dan dia adalah orang yang bisa dipercaya dan orang yang bisa menjaga komitmen. 
  9. Cintailah seseorang karena kamu mampu mencintainya. Jangan mencintainya karena kamu ingin dicintai karena kamu akan rentan kecewa.
  10. Cintailah dirimu sepenuh hati agar bisa mencintai orang lain tanpa menuntut mereka mencintaimu.
  11. Memaafkan tanpa akal sehat hanya akan membuatmu terus-menerus tersakiti. 
  12. Keterbukaan dan kepercayaan adalah dua hal yang harus diupayakan bersama dalam hubungan. Jika hanya salah satu pihak, hubungan tersebut telah menyakiti pihak yang lain.
  13. Ketika kamu dalam hubungan yang buruk, kamu tak pernah dipaksakan untuk bertahan. Kamu harus cukup kuat untuk menyudahinya.
  14. Saat menjalin hubungan, kamu harus tahu kapan terus berjuang atau harus berhenti berjuang. 
  15. Hubungan yang layak diperjuangan adalah dijalain oleh dua orang yang saling memperjuangkan.
  16. Dicintai oleh seseorang memberimu kekuatan, sementara mencintai seseorang memberimu keberanian. (Lao Tzu)
  17. Cinta itu seperti angin. Kau tak dapat melihatnya, tapi kau dapat merasakannya. (Nicholas Sparks)

Editors' Picks

2. Kata kata bijak dalam hubungan pertemanan atau persahabatan

2. Kata kata bijak dalam hubungan pertemanan atau persahabatan
Freepik/Freepik

Sama halnya dengan hubungan pacaran, hubungan pertemanan pun memiliki dinamikanya sendiri. Ada masanya kamu dan teman-teman merasa bahagia. Namun, ada masanya juga hubungan pertemanan merenggang.

Kata-kata bijak dalam hubungan persahabatan ini bisa menggambarkan kondisi hubunganmu sekarang:

  1. Terkadang teman adalah orang yang lebih dekat daripada keluarga.
  2. Tetap terbuka untuk mengenal banyak orang. Namun, lingkupilah dirimu dengan teman-teman yang memiliki values yang sama. Sehingga, kalian bisa bertumbuh bersama.
  3. Teman sejati selalu bersama dalam semangat. (L.M. Montgomery)
  4. Teman yang benar-benar hebat sulit ditemukan, sulit ditinggalkan, dan tidak mungkin dilupakan. (G. Randolf)
  5. Teman adalah orang yang selalu ada di samping. Dia yang menenangkanmu dan mendukungmu untuk berbenah diri.
  6. Patah hati karena hancurnya pertemanan sering kali meninggalkan luka mendalam.
  7. Kita adalah teman-teman yang kita pilih. Itulah gambaran dirimu. Jadi, pilihlah teman dengan baik.
  8. Memilih teman bukan sesuatu yang jahat. Kamu perlu memilah dan memilih orang-orang di sekitarmu sebab teman yang buruk dapat menjatuhkanmu.
  9. Teman-teman baik adalah hadiah dari Tuhan yang layak disyukuri.
  10. Sama seperti hubungan pacaran, hubungan pertemanan pun bisa jadi kandas. Hal tersebut wajar karena ada beberapa hal dalam pertemanan yang mungkin tidak bisa diselesaikan.
  11. Ungkapkan banyak cinta dan terima kasih pada teman-teman baik yang selalu mendukung dan mendorongmu untuk bertumbuh lebih baik.
  12. Sahabat terbaik adalah orang yang bahagia ketika melihat pencapaianmu dan orang yang sedih melihatmu terluka.
  13. Sahabat adalah keluarga kedua yang menenangkan hati.

3. Kata-kata bijak dalam hubungan bahasa Inggris beserta artinya

3. Kata-kata bijak dalam hubungan bahasa Inggris beserta artinya
Freepik/Halayalex

Supaya kata-kata lebih berkesan, kamu juga bisa menggunakan kata bijak dalam bahasa Inggris. Kata-kata bijak ini dapat menggambarkan hubungan cinta, keluarga, ataupun pertemanan.

Berikut beberapa contohnya:

  1. Family. Where life begins and love never ends. (Keluarga. Di mana kehidupan dimulai dan cinta tidak pernah berakhir)
  2. Family is the most important thing in the world. (Keluarga adalah hal terpenting di dunia)
  3. You're the one girl that made me risk everything for a future worth having. (Kau adalah satu-satunya perempuan yang membuatku mempertaruhkan segalanya demi masa depan berharga)
  4. Seeing your smile is happiness for me. Meanwhile, having you is the most beautiful gift in my life. (Melihat senyummu adalah kebahagiaan bagiku. Sementara, memilikimu adalah hadiah yang paling indah dalam hidupku)
  5. Every love story is beautiful, but ours is my favorite. (Setiap kisah cinta itu indah, tapi kisah cinta kita adalah favoritku)
  6. Loving you never was an option, it was necessity. (Mencintaimu tidak pernah menjadi pilihan, itu adalah kebutuhan)
  7. Being in love with you makes every day an interesting one. (Jatuh cinta denganmu membuat setiap hari menjadi hari yang menarik)
  8. If I could go with you in the dream, I would continue to sleep forever. (Jika aku bisa pergi denganmu dalam mimpi, aku akan terus tidur selamanya)
  9. Friends are the family you choose. (Teman adalah keluarga yang kamu pilih)
  10. Friendship is the definition of purest love. (Persahabatan adalah pengertian dari cinta yang paling murni)
  11. Friendship is the source of the greatest pleasures, and without friends even the most agreeable pursuits become tedious - Thomas Aquinas (Persahabatan adalah sumber kesenangan terbesar, dan tanpa teman, hal yang paling menyenangkan pun menjadi membosankan - Thomas Aquinas)
  12. A good friendship is a conversation that never ends. - Gloria Steinem (Persahabatan yang baik adalah percakapan yang tidak pernah berakhir - Gloria Steinem)
  13. The secret to friendship is being a good listener. (Rahasia persahabatan adalah menjadi pendengar yang baik)
  14. Having a best friend can bring out the best in you. (Mempunyai seorang sahabat dapat memunculkan kualitas terbaik di dalam dirimu)
  15. Friendship consists in forgetting what one gives and remembering what one receives - Alexandre Dumas (Persahabatan terdiri dari melupakan apa yang diberikan dan mengingat apa yang diterimanya - Alexandre Dumas)
  16. What is a friend? A single soul dwelling in two bodies - Aristoteles (Apa itu sahabat? Satu jiwa yang tinggal dalam dua tubuh - Aristoteles)
  17. Friendship is the only cement that will ever hold the world together - Woodrow Wilson (Persahabatan adalah satu-satunya perekat yang akan menyatukan dunia - Woodrow Wilson)
  18. Best friends are the people in your life who make you laugh louder, smile brighter and live better. (Sahabat terbaik adalah orang-orang dalam hidupmu yang membuatmu tertawa lebih keras, tersenyum lebih cerah, dan hidup lebih baik)
  19. Love comfort like sunshine after rain. (Cinta menghibur seperti sinar mentari setelah hujan)
  20. When I looking at you, I can feel my heart race. (Ketika aku melihatmu, aku bisa merasakan hatiku berdebar kencang)
  21. Three words have my life in them, I love you. (Tiga kata yang selalu ada di dalam hidupku, Aku cinta kamu) 
  22. Have I mentioned today how lucky I am to have you in my life? (Sudahkah aku hari ini mengatakan betapa beruntungnya aku memiliki kamu di hidupku?)
  23. Distance is never an issue. Because I know, in the end I have you. (Jarak tidak akan pernah menjadi masalah. Karena aku tahu, pada akhirnya aku memiliki kamu)
  24. I really feel like flying in the sky when I look at you. I hope the wind will tell you how much I love you. (Aku benar-benar merasa seperti terbang ke langit ketika aku melihatmu. Aku harap angin akan memberitahumu betapa aku mencintaimu)
  25. Thank you for being my support in my tough times. (Terima kasih telah mendukungku pada waktu-waktu terberatku)
  26. Your absence makes me realize how unhappy and incomplete I’m without you. (Ketidakhadiranmu membuatku menyadari betapa tidak bahagia dan tidak lengkapnya aku tanpa dirimu)

4. Kata-kata bijak dalam hubungan keluarga

4. Kata-kata bijak dalam hubungan keluarga
Freepik/Freepik

Bagi sebagian orang, keluarga adalah rumah yang menenangkan. Namun, ada pula yang beranggapan sebaliknya. Hubungan keluarga memang cukup kompleks dan rumit.

Beberapa kata-kata bijak ini berisi hubungan keluarga.

  1. Bisa membuat keluarga bahagia adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup ini.
  2. Keluarga adalah tempat terbaik bagi kita untuk belajar tentang sebuah pengorbanan.
  3. Terkadang keluarga adalah orang terdekat yang paling menyakiti.
  4. Hubungan keluarga yang sehat tetap perlu membutuhkan batasan agar anggota keluarga saling menghormati dan menghargai.
  5. Kehangatan dalam keluarga tidak diukur dari ukuran luas rumahnya, tapi luasnya kebahagiaan yang menempati.
  6. Buat apa punya keluarga banyak kalau yang dicari cuma harta tahta, bukan kebersamaan bersama.
  7. Tak perduli dimana pun kita berada, keluarga tetap selalu mendoakan untuk kebaikan agar kita dijauhkan dari keburukan.
  8. Bahagia itu sederhana. Melihat keluarga masih diberi kesehatan dan masih bisa berkumpul bersama.
  9. Percayalah bahwa keluarga adalah tempat terbaik untuk berbagi.
  10. Kebahagiaan terbaik adalah ketika kita bisa berkumpul bersama keluarga, baik dalam suka maupun duka.
  11. Salah satu kebahagiaan terbesar adalah saat melihat senyum dan keceriaan menghias wajah setiap anggota keluarga.
  12. Keluarga, seperti sebuah cabang pohon, kita semua tumbuh ke arah yang berbeda. Namun akar kita tetap satu.

5. Kata kata bijak dalam hubungan rumah tangga

5. Kata kata bijak dalam hubungan rumah tangga
Freepik/Freepik

Apabila kamu sudah menikah, kata-kata bijak ini bisa jadi inspirasi saat ingin menyampaikan isi hati pada pasangan. Ungkapkan perasaanmu dengan jelas. Supaya kalian bisa berlatih saling mendengarkan.

Berikut contoh kata-kata bijak dalam hubungan rumah tangga:

  1. Kebahagiaan rumah tangga harus selalu diperjuangkan.
  2. Pernikahan harus dirawat dengan komunikasi, dijaga dengan kesetiaan, dan ditumbuhkan dengan cinta.
  3. Rumah tangga yang bahagia adalah rumah tangga dijalani oleh dua orang yang saling mencintai dan menghargai.
  4. Rumah terindah adalah rumah yang senantiasa dipenuhi cinta di dalamnya.
  5. Menjalani biduk rumah tangga itu berarti kita harus punya cara untuk bahagia bersama dalam suka maupun duka. Terkadang terasa lelah, tapi tak boleh menyerah.
  6. Berbagi tugas rumah tangga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga keutuhan rumah tangga.
  7. Keharmonisan sebuah rumah tangga terletak pada sikap tanggung jawab dan terbangunnya komunikasi yang sehat.
  8. Suami-istri adalah dua orang yang saling bergandengan untuk melangkah ke depan.
  9. Cincin pernikahan hanya untuk dua orang. Bagaimana mungkin cincin tersebut terbagi menjadi tiga?
  10. Pernikahan yang kandas adalah salah satu cara Tuhan untuk membuat kita sadar bahwa menjadi lebih baik itu perlu untuk rumah tangga berikutnya.
  11. Cinta dalam pernikahan adalah kesabaran tanpa batas, kemesraan tidak selalu bisa dinikmati setiap hari.
  12. Pernikahan bukanlah sebuah tujuan, melainkan proses awal menuju perjuangan yang besar.
  13. Pernikahan bukan sumber kebahagiaan. Pernikahan adalah jalan panjang yang kemungkinan besar tidak selalu tentang kebahagiaan.
  14. Menjalankan pernikahan perlu sikap kedewasaan.
  15. Terkadang pernikahan memang bukan untuk semua orang. Bila bahagiamu adalah dengan jalan tidak menikah, maka pilihlah jalan tersebut.

Itulah kumpulan kata-kata bijak dalam hubungan. Kira-kira, kata-kata mana yang paling mewakili perasaanmu?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk