5 Cara Mengatasi Kesendirian Karena Punya Sifat Pemalu

Pemalu dan menjadi sendiri banyak dirasakan banyak orang. Begini cara mengatasinya

16 November 2019

5 Cara Mengatasi Kesendirian Karena Pu Sifat Pemalu
unsplash/Aziz Acharki

Punya sifat pemalu memang kadang mengesalkan. Di sisi lain kamu harus berbaur dengan orang lain untuk bersosialisasi dan menghindari rasa malu itu. Tidak mudah memang untuk mengatasinya.

Meski sulit bukan berarti kamu tidak bisa untuk menghadapinya.

Manusia sebagai mahluk sosial pasti selalu membutuhkan sosialisasi. Memiliki teman membuat kita lebih bahagia dan sehat, bahkan katanya terhubung secara sosial adalah kunci kesehatan mental dan emosional kita.

Sayangnya, sebagian orang yang memiliki sifat pemalu merasa canggung saat bertemu orang baru. Kadang kondisi ini terasa asing dan bikin kamu tidak tahu harus berkata apa, atau bahkan khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain terhadap diri kamu.

Over thinking seperti itu adalah penyebabnya. Pola pikir inilah yang membuat kamu semakin terisolasi dan kesepian.

Lantas, bagaimana caranya untuk menghadapi perasaan tersebut? Berikut ini Popmama.com sudah merangkum cara mengatasi sifat pemalu agar lebih mudah bersosialisasi yang bisa kamu tiru.

1. Tidak perlu terlalu memikirkan orang lain, mereka tidak terlalu memikirkan kita

1. Tidak perlu terlalu memikirkan orang lain, mereka tidak terlalu memikirkan kita
unsplash/Rubén Bagüés

Percaya deh, orang-orang tak terlalu memikirkan apa yang kamu lakukan. Mereka juga tidak terlalu kepo dengan apa yang kamu pakai, bagaimana kamu bersikap, atau sama siapa kamu berteman.

Kebanyakan orang memang terjebak dalam kehidupan dan kekhawatiran mereka sendiri. Sama seperti kamu, orang lain juga lebih mikirin dirinya sendiri. Mereka nggak punya banyak waktu luang buat menilai banyak hal yang ada di diri kamu.

Jadi berhentilah membuang-buang waktu dengan merasa serba ketakutan orang lain berpikir sesuatu tentang diri kamu.

2. Bukan cuma kamu yang pemalu, beberapa orang sudah berhasil mengatasinya

2. Bukan cuma kamu pemalu, beberapa orang sudah berhasil mengatasinya
unsplash/Steven Lewis

Banyak kok yang jadi pemalu sama kayak kamu. Ketemu orang baru jadi canggung dan gugup. Keliatannya orang-orang ekstrovert akan terlihat penuh dengan kepercayaan diri. Tapi bukan itu masalahnya.

Beberapa orang lebih pandai menyembunyikan keraguan dirinya.  Mungkin kamu adalah orang selanjutnya yang bisa berbuat kayak gitu.

Editors' Picks

3. Percayalah, orang lain lebih toleran dari yang kamu bayangkan

3. Percayalah, orang lain lebih toleran dari kamu bayangkan
unsplash/Brooke Cagle

Kalau kamu malu melakukan sesuatu di depan umum dan tampak mengerikan di kepalamu, yakin deh orang-orang akan memakluminya. Setiap orang telah melakukannya pada titik tertentu sehingga sebagian besar hanya akan mengabaikan kamu dan melanjutkan kegiatan mereka.

4. Belajar menerima diri sendiri

4. Belajar menerima diri sendiri
unsplash/ Stem List

Ketika kamu sudah sadar bahwa orang-orang engga terlalu peduli sama kamu, saatnya kamu yang mikirin diri sendiri. Belajar menerima sikap kamu dan menyiasati perasaan kamu adalah caranya.

Kamu kadang terlalu keras sama diri kamu sendiri. Kamu mungkin mengkritik diri sendiri, dan malah lebih menyayangi orang lain daripada diri sendiri. Berhenti melakukan hal itu dan pelajari apa yang membuat kamu nyaman.

5. Kamu tidak butuh sempurna untuk disukai, atau kamu tidak perlu disukai, jadilah kamu apa adanya

5. Kamu tidak butuh sempurna disukai, atau kamu tidak perlu disukai, jadilah kamu apa adanya
unsplash/Justice Amoh

Faktanya ketidaksempurnaan dan keanehan kita bisa jadi daya tarik diri. Bahkan kelemahan yang kamu piker dipandang sebelah mata sama orang lain bisa jadi kekuatanmu.

Coba deh kamu lebih jujur dan terbuka terhadap diri kamu sendiri, dan ketidaksempurnaan kamu pun akan menjadi pengalaman yang unik.

Itulah 5 cara mengatasi sifat pemalu agar kamu mudah mendapatkan teman baru. Ayo bersosialisasi dengan banyak orang di luar sana, sudah siap untuk menerima diri kamu apa adanya dan menghindari sikap pemalu itu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!