5 Manfaat Sentuhan untuk Membuat Hubungan Semakin Erat

Sentuhan adalah kebutuhan dasar manusia.

15 November 2019

5 Manfaat Sentuhan Membuat Hubungan Semakin Erat
pixabay/Free-Photos

Intimasi bukan hanya lewat aktivitas seksual saja. Saling menyentuh bagian-bagian tertentu pada pasangan juga bisa menjadi alat komunikasi yang baik. Pernah dengar touch starved?

Touch starved adalah ketika seseorang memiliki keinginan kuat untuk disentuh, tidak harus dengan kegiatan seksual. Contoh sentuhan yang bisa dilakukan adalah pelukan, ciuman, atau sesuatu yang sederhana seperti berpegangan tangan. Manusia merasakan keinginan ini karena fakta bahwa tubuh melepaskan hormon oksitosin selama kontak skin to skin.

Tanpa adanya sentuhan biasnaya orang dewasa lebih rentan terhadap depresi. Bagi seorang bayi yang kurang mendapat sentuhan juga dapat mengalami masalah perkembangan atau bahkan meninggal.

Nampaknya ada kehangatan yang kurang dirasakan.

Touch starved memang jarang dibahas, tapi pada dasarnya manusia memang butuh akan sentuhan.

Itulah alasannya kenapa kita sangat menikmati waktu-waktu pijat, ciuman atau bahkan sekadar berpegangan tangan. Saling menyentuh juga bisa meningkatkan keintiman sebuah hubungan.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum manfaat sentuhan agar kamu dan pasangan memiliki hubungan yang semakin erat.

1. Sentuhan adalah kebutuhan dasar manusia

1. Sentuhan adalah kebutuhan dasar manusia
pixabay/366308

Penting sekali. Karena beberapa orang ada yang memiliki bagian sensitif tertentu, jika disentuh ia akan sangat menikmati sentuhan tersebut. Tapi secara general, ada 3 bagian dari laki-laki dan perempuan yang paling suka jike disentuh.

Bagi laki-laki bagian itu ialah leher, rambut, dan punggung. Sedangkan pada laki-laki bagian itu adalah leher, punggung, kaki dan paha.

2. Menghilangkan depresi

2. Menghilangkan depresi
pixabay/Pana Kutlumpasis

Ingin tahu fakta unik tentang touch starving?

Touch starving tidak menuntut seseorang untuk melakukan aktivitas seksual. Perasaan touch starving ini akan terpuaskan hanya dengan bersentuhan saja. Seharian cuddling di atas kasur mungkin bisa jadi jawabannya.

Masalah depresi dan kesehatan mental katanya ada kaitannta dengan touch starving ini. Biasanya dialami oleh para lansia, tahanan, dan orang yang menjalani kehidupan sendiri.

Editors' Picks

3. Sentuhan menyangkut kesehatan manusia

3. Sentuhan menyangkut kesehatan manusia
pixabay/ Pexels

Menyentuh dan disentuh adalah dasar interaksi manusia, dan ini menyangkut kesehatan kita. Banyak penelitian menunjukkan bahwa manusia membutuhkan sentuhan, terutama di masa kanak-kanak.

Ada banyak manfaat dari sentuhan manusia, mulai dari menghilangkan stres, mengubah mood, hingga mengurangi rasa sakit.

Baca juga:

4. Sentuhan di bagian punggung lebih mudah

4. Sentuhan bagian punggung lebih mudah
pixabay/Karen Warfel

Survey online anonim yang dilakukan Be With menunjukkan beberapa fakta. Misalnya 64 persen perempuan lebih suka dipegang punggungnya karena salah satu bagian tubuh yang paling mudah untuk disentuh.

Memegang punggung bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan kita juga akan merasa baik-baik saja jika secara tiba-tiba pasangan sesekali menyentuh punggung kita. Iya kan, Ma?

Meski sedikit kaget, disentuh punggung di ruang umum, namun ini tidak akan membuat kamu marah.

5. Merekatkan hubungan

5. Merekatkan hubungan
pixabay/ S. Hermann & F. Richter

Rutinitas kita tidak pernah berakhir, mulai dari kehidupan, pekerjaan, dan tugas-tugas lainnya. Percikan-percikan sederhana lewat pelukan dan sentuhan bisa sangat bermanfaat bagi hubungan. Bagi beberapa pasangan memang bersentuhan menjadi hal alami.

Kalau kamu lagi berantem sama pasangan, coba deh kasih dia sentuhan di beberapa titik. Kadang kala cara ini berhasil untuk meredam amarahnya. Jadi enggak berantem lagi deh.

Itu tadi pembahasan mengenai sentuhan manusia yang ajaib tapi ampuh dan banyak manfaatnya.

Jangan ragu untuk memberikan kehangatan melalui sentuhan demi membuat hubungan kamu dengan pasangan jadi semakin erat dan hangat. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!