Hal yang Harus Dilakukan Istri Jika Suami Sekantor dengan Mantan Pacar

Tidak mudah mengatasi cemburu saat tahu suami sekantor dengan mantan pacar, betul nggak Ma?

21 September 2018

Hal Harus Dilakukan Istri Jika Suami Sekantor Mantan Pacar

Setiap orang pasti punya masa lalu, begitupula suami kita. Menerima masa lalu pasangan adalah tanda kita mencintainya sepenuh hati dan berfokus pada masa depan bersama. Tetapi apa yang akan anda lakukan saat suami sekantor dengan mantan pacar?

Berikut Popmama.com bagikan hal yang dilakukan istri jika suami sekantor dengan mantan pacar:

1. Membina saling percaya

1. Membina saling percaya
Pexels/rawpixel.com

Inti dari pernikahan yang harmonis dan bahagia dibangun atas dasar saling percaya. Membina saling percaya adalah bentuk cinta dan penghormatan kita pada hubungan dengan pasangan. Tanpa rasa percaya maka kecurigaan akan muncul dan mulai menggerogoti kebahagiaan pernikahan.

Cemburu boleh saja dan terkadang menjadi hal manis apabila dilakukan dengan wajar dan hanya sesekali saja.

Apabila istri cemburu berlebih, suami pasti akan jengah dan merasa tidak dipercaya. Jangan sampai ia mengatakan, “Buat apa aku jadi suami kalau selalu dicurigai begini?”

Oleh karena itu, membina saling percaya harus dilakukan sejak awal pernikahan hingga seterusnya.

Editors' Picks

2. Saling terbuka

2. Saling terbuka
Pexels/Victor Freitas

Suami dan istri yang saling percaya satu sama lain biasanya dikarenakan adanya sikap saling terbuka. Mereka biasa membagi cerita di tempat kerja maupun berbagi pikiran kepada pasangan.

Jadikanlah pasangan anda tempat paling nyaman untuk mencurahkan perasaan, kebahagiaan, keluhan dan segala emosi yang anda rasakan. Sebagai istri, jadilah pendengar yang baik bagi suami.

Jangan sampai saat suami bercerita anda malah menanggapinya sekedarnya. Kalau sudah begitu bisa-bisa dia mencari orang lain sebagai tempat berbagi cerita. Tidak mau kan, Ma?

3. Jangan libatkan anak

3. Jangan libatkan anak
Pexels/Josie Stephens

Bagi anda yang sudah memiliki anak beranjak remaja, jangan sampai melibatkan anak dalam hal kecemburuan pada pasangan. Ada beberapa istri yang curiga terhadap suaminya sehingga apabila suami hendak pergi menemui teman, istri selalu meminta anak untuk menemani suaminya.

Tak sedikit yang menyelipkan pesan pada anak seperti, "Nanti laporan ya sama mama, si Papa bertemu dengan siapa. Perempuan atau laki-laki."

Hal ini sangat tidak sehat bagi perkembangan psikologis anak karena bisa berdampak traumatik.

Curiga dan cemburu biasanya dimiliki oleh istri yang selalu bergantung pada suami, seperti pada masalah finansial. Sehingga sebagai istri anda dapat memulai sebuah usaha atau memiliki karir sendiri sehingga membuka pergaulan dan wawasan anda tentang situasi di tempat kerja dan tidak merasa selalu bergantung pada pasangan.

4. Perlu kesepakatan

4. Perlu kesepakatan
Pexels/freestocks.org

Demi menjaga pernikahan tetap utuh, buatlah kesepakatan dengan suami. Minta pasangan untuk bersikap profesional di tempat kerja, tidak hangout berdua dengan mantan pacar, bersikap sewajarnya, dan fokus pada pekerjaan.

Saat ada acara familytime di kantor, minta suami mengajak anda dan anak-anak serta perlihatkan keharmonisan rumah tangga.

5. Jaga romantisme

5. Jaga romantisme
Pexels/Rosie Ann

Hal yang terakhir tapi sangat penting adalah semantiasa menjaga romantisme bersama pasangan. Walaupun sudah memiliki anak, luangkan waktu untuk berduaan misalnya menonton film, atau dinner romantis.

Sementara itu titipkan anak sesekali pada kerabat atau pada kakek neneknya. Menjaga romantisme akan menjadikan pernikahan selalu bahagia.

Nah, jadi tidak usah cemas berlebihan ya Ma. Kalau kamu merasa kesal dan jengkel, kamu perlu mengekspresikannya dengan cara yang elegan. Semoga tips mengatasi suami sekantor dengan mantan pacar diatas bisa membantu menjaga pernikahan kamu dengannya tetap bahagia ya, Ma.

Baca juga: Waspada! 8 Hal Inilah yang Bikin Istri Cemburu Tanpa Alasan

Baca juga: Suami Cemburu pada Anak, Ini 5 Hal yang Perlu Mama Pahami

Baca juga: Tips Menjadi Mama yang Tidak Pemarah

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.