Siapa Bilang Honeymoon Low Budget Itu Nggak Mungkin? Ikuti Tipsnya

Mau honeymoon tapi dana terbatas? Simak 10 tips honeymoon low budget berikut ini!

29 Desember 2018

Siapa Bilang Honeymoon Low Budget Itu Nggak Mungkin Ikuti Tipsnya
Pexels/Ibrahim Asad

Setelah melaksanakan resepsi pernikahan, biasanya pasangan pengantin baru akan melakukan bulan madu atau honeymoon. Manfaat honeymoon adalah mendekatkan satu sama lain dan melepas lelah setelah rangkaian panjang acara lamaran hingga pernikahan.

Ingin melakukan honeymoon tapi uang sudah habis karena menyelenggarakan resepsi? Kamu bisa lho berbulan madu yang berkesan tapi dengan dana yang terbatas. Nggak percaya? Yuk simak 10 tips honeymoon low budget ala Popmama.com berikut ini:

1. Tetapkan budget!

1. Tetapkan budget
Pexels/rawpixel.com

Kamu dan pasangan perlu membicarakan ini bersama. Berapa budget yang kalian miliki untuk melakukan kegiatan honeymoon? Hitung keperluan mulai dari tiket transportasi, biaya menginap dan makan, oleh-oleh, tiket masuk tempat wisata serta akomodasi selama disana.

Ingin sesuatu yang terbaik memang boleh, tetapi tetaplah realistis ya! Jangan sampai bermewah-mewah saat honeymoon namun kehabisan uang ketika awal memulai rumah tangga. Bisa jadi boomerang tersendiri tuh!

Toh, mau honeymoon dimanapun dengan budget berapapun akan terasa indah jika bersama orang yang kita cintai dan mencintai kita bukan?

2. Pilih destinasi berdua dengan pasangan

2. Pilih destinasi berdua pasangan
Pexels/rawpixel.com

Karena honeymoon ini akan kamu lakukan dengan pasangan maka tentunya destinasinya pun harus dibicarakan berdua. Bila kamu suka pantai tapi pasanganmu suka museum, maka kalian bisa merencanakan pergi ke sebuah daerah yang memiliki keduanya. Win-winsolution bukan?

Jangan lupa membuat itinerary mana saja tempat yang akan kalian kunjungi dari hari pertama hingga hari terakhir. Hal ini berguna agar kalian tidak kebingungan sesampainya disana.

3. Berburu tiket murah

3. Berburu tiket murah
Pexels/Torsten Dettlaff

Agar biaya honeymoon tetap on-budget, kamu dan pasangan harus rajin berburu tiket murah misalnya di event travelfair yang banyak diselenggarakan di berbagai kota.

Atau jika destinasi wisatamu terjangkau dengan jalur darat, tidak ada salahnya menggunakan moda transportasi kereta api. Nggak kalah seru lho! Apalagi saat ini banyak e-commerce yang menawarkan berbagai diskon tiket transportasi jenis apapun.

4. Pilih hotel dekat tempat wisata

4. Pilih hotel dekat tempat wisata
Pexels/Pixabay

Kalau kamu dan pasangan termasuk yang senang mengeksplor suatu daerah, maka tidak ada salahnya memilih hotel yang dekat dengan tempat wisata.

Manfaatnya adalah kamu tidak perlu pergi jauh-jauh menuju suatu tempat yang kamu inginkan. Lebih bagus lagi jika hotel tersebut menyediakan freeshuttle ke beberapa destinasi wisata lainnya dengan jarak yang agak jauh dari lokasi hotel.

Nggak ada salahnya juga kok menekan biaya dengan memilih hotel budget. Tapi setidaknya pilihlah 1 malam di hotel yang lumayan mewah untuk memanjakan diri dan pasangan.

Kalau kamu dan pasangan lebih suka berdiam diri di hotel saja selama honeymoon, maka lebih baik pilih hotel senyaman mungkin bagi kalian berdua.

5. Pikirkan akomodasi selama disana

5. Pikirkan akomodasi selama disana
Pexels/SplitShire

Mau bepergian dengan apa selama di tempat tujuan? Pilihannya terserah kamu dan pasangan.

Kalian bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk menjelajah berbagai tempat wisata. Kalau mau lebih murah sih bisa menyetir sendiri untuk yang ingin menyewa mobil. Karena biaya driver juga lumayan, lagipula enak berduaan saja kan tanpa orang ketiga? Hehe.

Editors' Picks

6. Cek tempat wisata promo bahkan gratisan

6. Cek tempat wisata promo bahkan gratisan
Pexels/mali maeder

Nggak ada salahnya menekan biaya dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang sedang promo bahkan gratis!

Coba cari tahu ya ada wisata gratis apa saja di tempat tujuan yang kamu tuju bersama pasangan. Lumayan kan bisa menghemat budget!

7. Wisata di cruise tidak selalu mahal

7. Wisata cruise tidak selalu mahal
Pexels/Mauricio mascaro

Ingin honeymoon yang beda dari yang lain? Coba deh melakukan cruise dengan pasangan menggunakan kapal pesiar. Dijamin akan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan diantaranya gala dinner bersama penumpang dari berbagai negara, dansa, pesta topeng atau pesta kostum, menikmati pertunjukan, hinga main air di kolam renang yang ada di dalam kapal pesiar.

Biaya wisata cruise tidak selalu mahal lho! Apalagi jika kamu melakukan pemesanan saat ada travelfair, dijamin lebih hemat.

Pesiar ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia bisa menjadi pilihan. Dengan dana sekitar 5 jutaan saja kamu bisa melakukan pesiar mewah dengan pasangan selama 3 hari.

Tapi siapkan dana ekstra untuk tiket pesawat menuju negara tetangga dan untuk kembali ke Indonesia ya!

8. Suka berpetualang? Yuk, camping!

8. Suka berpetualang Yuk, camping
Pexels/Miro alt

Jika kamu dan pasangan sama-sama suka berpetualang dan mendaki gunung, camping bisa jadi ide bagus dan menjadi solusi honeymoon murah tapi mengesankan.

Jangan lupa siapkan segala perbekalan sebaik mungkin, jaga kesehatan, dan tentu saja melaksanakannya saat cuaca baik dan mendukung agar segala sesuatunya berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Tipe honeymoon ini butuh dana sangat sedikit lho setidaknya untuk bekal makan, sewa tenda dan alat mendaki serta transportasi menuju gunung saja. Hemat bukan?

9. Jadi turis di kota sendiri? Siapa takut!

9. Jadi turis kota sendiri Siapa takut
Pexels/Elle hughes

Inti dari honeymoon adalah menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan. Jadi lokasi dimanapun sah-sah saja, termasuk di kotamu sendiri.

Agar memiliki pengalaman berbeda, pilihlah tempat wisata atau daerah yang jarang kamu kunjungi. Tips ini ampuh lho untuk memberikan atmosfer yang berbeda dari biasanya dan menjadikan kamu benar-benar merasa layaknya turis di kota sendiri.

Alih-alih menginap di rumah, lebih baik pilih tempat menginap yang belum pernah kamu datangi. Lebih spesial lagi jika hotel menyediakan layanan honeymoon karena kamarmu akan ditata indah dengan berbagai kelopak bunga mawar merah yang harum. Jadi dapet deh nuansa honeymoon-nya, iya kan?

10. Bertanya pada pasangan lain yang pernah honeymoon di lokasi yang kamu tuju

10. Berta pasangan lain pernah honeymoon lokasi kamu tuju
Pexels/rawpixel.com

Tips ampuh yang terakhir adalah jangan malu bertanya pada pasangan lain yang pernah melakukan honeymoon di lokasi yang kamu tuju. Pasangan lain ini bisa jadi saudara, teman atau kerabatmu.

Coba minta mereka menceritakan pengalaman mereka berbulan madu. Siapa tahu ada hal baik dan bermanfaat yang bisa kamu ambil dan meminimalisir biaya perjalananmu nanti.

Nah, itulah 10 tips honeymoon lowbudget yang bisa kamu terapkan demi menekan biaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!