5 Cara Bijak Menghadapi Orang yang Suka Melakukan Playing Victim

Tanpa harus bermusuhan, cobalah untuk jaga jarak mulai sekarang

24 September 2021

5 Cara Bijak Menghadapi Orang Suka Melakukan Playing Victim
Freepik/wirestock

Apakah di sekitar kamu ada orang yang suka melakukan playing victim?

Playing victim adalah perilaku seseorang yang sering menunjuk kesalahan pada pihak lain. Padahal bisa jadi masalah tersebut berasal dari orang itu sendiri. Biasanya ia selalu mengidentifikasi dirinya seolah-olah sebagai korban dan merasa memiliki keyakinan bahwa orang lain yang menyebabkan kekacauan yang terbaik, bahkan membuat ia menjadi sengsara. 

Kebiasaan buruk dan merugikan orang lain tersebut bisa tejadi karena ada sejumlah faktor, sehingga karakter yang suka melakukan playing victim ini terjadi selama bersosialisai dengan orang lain. 

Kendari demikian, ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan untuk menghadapi pelaku playing victim. Yuk, ikuti langkah-langkahnya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com!

1. Langsung beritahu terkait sikapnya yang mengganggu orang lain

1. Langsung beritahu terkait sikap mengganggu orang lain
Freepik/gpointstudio

Mereka yang suka melakukan playing victim selalu menunjuk orang lain untuk disalahkan bukan?

Sedangkan jika kamu mengatakan bahwa dia telah bersikap playing victim, maka tidak akan berhasil mengubah tingkah lakunya. Ia justru membela diri seolah segala ucapannya selalu benar dan tidak ingin disalahkan. 

Kendati demikian, sebaiknya langsung saja bersikap tegas dan beritahu beberapa sikapnya yang seolah sedang playing victim. Dari sikap yang diperlihatkan justru sudah mengganggu kamu dan orang-orang sekitar lainnya.

Langkah ini akan berguna karena dapat mengubah situasi yang ada, sehingga dia pun tidak lagi bersandiwara atau berhenti mencari simpatik dari orang lain lagi.

Editors' Picks

2. Memberikan pilihan solusi yang mudah dilakukan

2. Memberikan pilihan solusi mudah dilakukan
Freepik/wayhomestudio

Seseorang yang playing victim biasanya mengalami sakit emosional dan berpotensi mengganggu karena kurang bisa dikontrol dengan baik. Mereka pun selalu merasa tidak berdaya dan percaya bahwa masalahnya disebabkan oleh orang lain. 

Daripada kamu dan orang lain ikut frustasi dengan keluhan serta energi negatifnya, alangkah lebih baik untuk memberikan beberapa alternatif solusi pada permasalahannya.

Meski orang dengan karakter mental playing victim tidak dengan mudah menerima solusi, namun tidak ada salahnya dicoba.

Berikanlah beberapa pilihan solusi yang paling praktis dan mudah dilakukan dia.

3. Tidak memberikan perhatian dan berdebat dengannya

3. Tidak memberikan perhatian berdebat dengannya
Freepik/yanalya

Menghadapi orang yang suka melakukan playing victim perlu bersikap tenang dan berhenti simpati berlebihan.

Sebaiknya, tidak memberikan atensi berlebihan kepada pelaku playing victim. Sebab memberikan perhatian hanya akan semakin membuatnya besar kepala dan menyebabkan perdebatan yang tak kunjung selesai. 

Jika terjadi perdebatan, maka hanya sia-sia dan dikhawatirkan ia bisa memperkeruh suasana. Apalagi jika yang kamu hadapi termasuk orang dengan mental tidak sehat dan pernah mengalami trauma di masa lalu.

4. Hindari mengikuti dramanya agar tidak memancing kekesalan

4. Hindari mengikuti drama agar tidak memancing kekesalan
Freepik/shurkin_son

Apakah kamu merasa kesal saat berhadapan dengan pelaku playing victim?

Kamu hanya perlu mengatur emosi dan hindari berinteraksi dengannya, bahkan berusaha menjauh dari lingkaran pertemanan bersamanya. Ini agar kamu tidak merasa semakin kesal karena kepandaian dia yang suka memutarbalikkan fakta.

Selain itu, kamu tidak perlu mengikuti dramanya dengan ikut alur emosinya. Kamu cukup merespons dia secara datar dan terkesan tidak antusias.

Langkah selanjutnya, tinggalkan dia dan kembali pada aktivitas keseharianmu yang lebih bermanfaat. 

5. Menjaga jarak dan mengontrol kedekatan dengan pelaku

5. Menjaga jarak mengontrol kedekatan pelaku
Freepik/8photo

Pasti kamu merasa emosi karena dia suka memanipulasi orang lain demi mendapat simpati dan perhatian.

Memang, tidak ada pertemanan yang sempurna. Namun, jika kamu sudah pernah dijadikan target oleh pelaku playing victim yang notabenenya adalah teman sendiri, usahakan untuk berjaga jarak.

Tidak perlu bermusuhan, tetapi hanya mengontrol kedekatan dan tidak memiliki hubungan yang terlalu dekat. Kamu masih bisa berteman dengan orang seperti ini dan bersikap profesional.

Demikianlah kelima cara bijak menghadapi orang yang suka melakukan playing victim. Bersikaplah tenang dan kontrol emosi agar keadaan tidak semakin rumit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.