Agar Tidak Salah Beli, Ini Dia 5 Trik Memilih Sepatu untuk Suami

Berikan suami sepatu dengan warna yang netral, ya

25 Mei 2019

Agar Tidak Salah Beli, Ini Dia 5 Trik Memilih Sepatu Suami
Freepik/mrsiraphol

Sepatu adalah item yang melengkapi seorang pria. Bahkan benda yang paling penting dalam menentukan style-nya.

Sebagai istri, tentunya Mama wajib menjaga penampilan suami agar selalu terlihat baik di manapun ia berada.  Namun saat memutuskan untuk membelikannya sepatu, Mama suka merasa bingung? 

Tenang, agar nggak salah beli Popmama.com akan membahas 5 trik memilih sepatu untuk suami. Langsung simak ulasannya, yuk!

1. Ada harga ada kualitas

1. Ada harga ada kualitas
Unplash/Sharon McCutcheon

Saat Mama membelikan suami sepatu denga harga murah atau KW, pasti dalam kurang dari 3 bulan sepatu tersebut mulai kelihatan memburuk seperti sobek, jebol, sol lepas atau insole-nya copot.

Agar tidak terjadi hal seperti itu, maka tidak ada salahnya kalau Mama membayar lebih untuk sepatu asli yang jelas punya kualitas dan bisa tahan lama.

Harga yang mahal pasti setara dengan kualitas sepatu dan membuat kaki suami selalu merasa nyaman saat memakainya.

2. Ketahui perawatan setiap jenis sepatu

2. Ketahui perawatan setiap jenis sepatu
Freepik/Rawpixel.com

Setelah memilih sepatu yang berkualitas, trik selanjutnya ialah mengetahui merawat beberapa jenis sepatu yang menurut Mama lebih mudah membersihkannya.

  • Sneakers

Membersihkan jenis sepatu ini cukup mudah, karena bahan dasarnya terdiri dari karet dan kulit sintetis. Membersihkannya hanya memakai sikat gigi bekas, air hangat dan baking soda.

  • Sepatu kulit asli

Merawat sepatu kulit hanya membutuhkan sikat yang terbuat dari karet dan cairan pembersih khusus dengan pemolesan yang rutin. Sebab sepatu kulit tidak boleh terkena air.  

  • Sepatu suede

Jenis sepatu ini juga membutuhkan sikat karet dan cairan pembersih khusus. Jika ada kotoran yang membandel caranya menggunakan kapur khusus untuk mengangkat kotoran tersebut.

Editors' Picks

3. Pastikan ukuran sepatu sang suami

3. Pastikan ukuran sepatu sang suami
Freepik/Jcomp

Ukuran sepatu adalah poin yang paling penting ketika ingin membeli sepatu.  Usahakan Mama memilih sepatu suami dengan ukuran yang pas dan nyaman. Tanyalah pada si Papa ukuran kakinya.

Sebab sepatu yang nyaman akan membuat suami merasa betah dan tidak merasa kesakitan saat memakainya.

Jika perlu Mama bisa membeli sepatu di toko khusus yang terdapat pengrajin sepatu dan memesan ukuran sepatu custom yang sesuai kaki sang suami. Dengan cara ini pengrajin akan membuat model sesuai keinginan dengan ukuran yang pas.

4. Pilih warna netral

4. Pilih warna netral
Freepik

Pemilihan warna sepatu adalah cara yang tepat dalam memilih sepatu pria. Warna sepatu netral terbilang aman digunakan untuk gaya berpakaian jenis apapun. Berikut pilihan tiga warna sepatu yang sering dijadikan sebagai warna netral:

  • Burgundy

Mama pernah mendengar warna burgundy? Ya, warna burgundy seperti coklat tapi agak gelap yang mendekati ungu talas. Burgundy akan memberikan kesan classy dan flkesibel bagi si pemakainya. Warna burgundy kurang cocok untuk gaya berpakaian serba hitam dan penggunaan warna ini sangat cocok pada acara-acara formal yang bersifat sosial.

  • Coklat

Selain burgundy, warna coklat merupakan warna sepatu netral yang sering dipakai banyak pria. Warna coklat kurang cocok dipadukan dengan pakaian Papa yang didominasi warna abu gelap dan lebih cocok untuk ke acara semi formal. Warna sepatu coklat dapat memberikan kesan muda dan rileks.

  • Hitam

Warna ini bisa dibilang sebagai dewanya warna sepatu. Sepatu berwarna ini cocok untuk semua jenis gaya maupun warna pakaian apapun. Memakai sepatu warna hitam akan memberikan kesan profesional.

5. Sesuaikan dengan aktivitas suami

5. Sesuaikan aktivitas suami
Freepik/Wavebreakmedia

Sepatu juga sangat penting bagi seorang pria. Oleh karenanya Mama dapat menilai si Papa, apakah ia cenderung orang yang konservatif, casual atau sporty. Trik selanjutnya ialah sesuaikan dengan kebutuhan atau gaya berpakaian sang suami.

  • Sneakers

Si Papa tipe orang yang bergaya casual? Jenis sepatu ini cocok untuknya yang suka menggunakan sneakers di acara-acara santai dan semi formal seperti hangout atau rekreasi bersama keluarga.

  • Sport shoes

Pada umumnya pria lebih menyukai olahraga. Dalam berolahraga pun terdapat beberapa jenis sepatu khusus. Jika suami menggemari suatu olahraga tertentu, belikanlah ia sepasang sport shoes.

  • Dress shoes

Kalau sepatu jenis ini digunakan untuk acara-acara formal atau untuk keseharian suami di kantor. Dress shoes biasanya berwarna hitam atau coklat.

Nah, itulah 5 tips memilih sepatu untuk suami yang tepat dan nyaman. Jangan lupa memilih kaos kakinya juga, pilihlah warna netral seperti hitam atau abu-abu yang lebih cocok digunakan untuk setiap gaya berpakaian si Papa.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;