TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Keluarga Chandra Liow, Jadi Korban Kerusuhan 1998

Terlahir dari keluarga konglomerat, keluarga Chandra Liow bangkrut karena kerusuhan 1998

5 Oktober 2022

5 Fakta Keluarga Chandra Liow, Jadi Korban Kerusuhan 1998
Instagram.com/chandraliow

Chandra Liow menjadi sosok yang turut menghiasi dunia konten kreator khususnya YouTube. Kariernya sebagai konten kreator di YouTube berawal sejak tahun 2008 dan beberapa kali mendapatkan komentar negatif dari videonya. 

Komentar negatif tersebut justru semakin membangkitkan semangatnya, Chandra berhasil membuat wadah kreatif yang terkenal yakni Indovidgram.

Meskipun terlahir dari keluarga konglomerat, kesuksesan Chandra di dunia YouTube berawal dari bawah. Hal itu karena keluarga Chandra sempat menjadi salah satu korban kerusuhan tahun 1998.

Untuk lebih detailnya, berikut ini Popmama.com rangkum beberapa fakta menarik keluarga Chandra Liow yang dilansir dari beberapa sumber.

Yuk, disimak!

1. Lahir dari keluarga konglomerat

1. Lahir dari keluarga konglomerat
Instagram.com/chandraliow

Chandra Liow mengaku bahwa keluarga papanya bisa dibilang keluarga konglomerat dengan kekayaan yang melimpah. Setiap kelahiran anak-anaknya, mereka selalu memberi dua mobil untuk masing-masing anak. 

"Setiap kali anaknya lahir, kita empat bersaudara, itu anaknya lahir satu biji langsung dikasih dua mobil. Sebagai simbolis doang, bukan yang harus dipakai, simbolis doang," kata Chandra dalam obrolannya bersama Helmy Yahya.

Salah satu kekayaan mereka berasal dari bisnis furnitur pribadi yang kala itu sedang ramai-ramainya. 

Editors' Picks

2. Menjadi korban penjarahan pada kerusuhan 1998

2. Menjadi korban penjarahan kerusuhan 1998
Instagram.com/chandraliow

Bisnis furnitur milik keluarga Chandra Liow bangkrut begitu saja usai dijarah pada kerusuhan tahun 1998. Diketahui bahwa papanya Chandra keturunan Manado dan Tiongkok yang kala itu menjadi salah satu target kerusuhan. 

Kala itu, sang Papa juga sudah menyiapkan rompi anti peluru dan sepasang alarm di rumah demi keamanan satu keluarga. Chandra yang kala itu masih duduk di bangku sekolah dasar tak memahami betul apa yang dilakukan papanya. 

3. Mengalami kondisi perekonomian yang sulit usai dijarah

3. Mengalami kondisi perekonomian sulit usai dijarah
Instagram.com/chandraliow

Penjarahan yang terjadi pada saat itu membuat perekonomian keluarga Chandra Liow turun drastis. Mobil yang semula berjumlah delapan, berubah menjadi satu buah motor bebek. 

Kekurangan biaya untuk menempuh pendidikan turut menyelimuti perjalanan hidup Chandra. Hal itu mendorong Chandra untuk bertahan hidup dan berkembang, hingga dia memutuskan untuk memanfaatkan kreativitasnya dan mendapatkan keuntungan. 

"Kalau saya nggak jatuh saat itu mungkin saya nggak bakal bangkit," ungkapnya.

4. Sang Mama sempat melarang Chandra terjun ke dunia sinematografi

4. Sang Mama sempat melarang Chandra terjun ke dunia sinematografi
Instagram.com/chandraliow

Perekonomian keluarga Chandra yang kala itu sulit membuatnya kesulitan membayar biaya kuliah. Demi melanjutkan pendidikannya itu, Chandra memutuskan untuk mengambil beasiswa dengan mengikuti kompetisi film yang hadiahnya berupa pendidikan kuliah gratis. 

Saat film yang dibuat sudah rampung, sang Mama menonton tayangan tersebut. Dikarenakan tema film ada adegan berdarah-darah, sang Mama justru melarang Chandra untuk melanjutkan minatnya. 

Menurut mamanya yang berprofesi jadi pendeta, film tersebut bertentangan dengan kepercayaan mereka. Melihat respons sang Mama, Chandra pun menangis seakan mimpinya hilang begitu saja. 

Namun, dia tetap mengikuti kompetisi tersebut. Alhasil, dengan bangga Chandra berhasil memenangkan kompetisi tersebut dan meraih juara satu. Dari kemenangan tersebut, mamanya pun ikut senang dan langsung mendukung minat Chandra. 

5. Sosok papanya yang setia menemani di masa kritis

5. Sosok papa setia menemani masa kritis
Instagram.com/chandraliow

Terbiasa mandiri sejak kecil membuat Chandra Liow meraih kesuksesan pada usia muda. Namun hal itu membuat komunikasinya dengan keluarga jadi berkurang. 

Sang Papa mengaku hanya melihat kabar putranya dari tayangan-tayangan YouTube saja. Saat ditanyakan kabar, Chandra hanya menjawab baik-baik saja, padahal sang Papa tahu kalau Chandra juga mengalami masalah di kehidupannya. 

Sampai kepada Chandra yang dinyatakan positif Covid-19 hingga terkena badai sitokin. Kedua orangtuanya pun bergegas menjenguknya di rumah sakit, namun mamanya ikut terkena virus dan terpaksa harus isolasi mandiri. 

Peran sang Papa sangat luar biasa ketika Chandra berjuang melawan masa kritisnya. Papanya rela tidak tidur selama empat malam demi menjaga putranya yang terbaring tak berdaya. Dia kerap memegang tangan Chandra sembari memberi semangat. 

Atas perjuangannya bersama sang Papa, Chandra berhasil selamat dari maut. YouTuber tersebut pun mengungkapkan bahwa sang Papa bagaikan pahlawan yang mengalahkan Captain America.

Itulah beberapa fakta keluarga Chandra Liow yang jarang diketahui publik. Terlihat menginspirasi ya keluarga Chandra Liow!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk