Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Hal yang Dilarang di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Tamu undangan dilarang memberikan sumbangan amplop hingga membawa kendaraan pribadi

10 Desember 2022

5 Hal Dilarang Pernikahan Kaesang Pangarep Erina Gudono
Instagram.com/erinagudono

Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo sebentar lagi akan meminang kekasihnya, Erina Gudono. Akad nikah mereka akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. 

Kemudian resepsi pernikahan akan berlanjut pada hari Minggu (11/12/2022) di Puro Mangkunegaran, Solo. Acara resepsi dengan konsep ngunduh mantu tersebut akan dihadiri oleh sekitar 6.000 tamu undangan.

Untuk mengurangi kejadian yang tak diinginkan terjadi, ada beberapa hal yang dilarang di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono seperti yang telah dirangkum Popmama.com berikut ini.

Disimak, yuk!

1. Dilarang lupa membawa undangan

1. Dilarang lupa membawa undangan
Instagram.com/inul.d

Satu hal yang identik dengan acara pernikahan adalah undangan. Nah, di pernikahan Kaesang dan Erina ini para tamu yang diundang tak boleh lupa membawa undangan pernikahan. 

Kala itu, sempat beredar hoaks yakni undangan pernikahan Kaesang dan Erina dalam bentuk digital. Aslinya, undangan pernikahan mereka berupa fisik yang dilengkapi dengan barcode.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawanya, ya. 

Editors' Picks

2. Dilarang mengenakan pakaian batik motif parang lereng

2. Dilarang mengenakan pakaian batik motif parang lereng
Instagram.com/erinagudono

Panitia meminta tamu undangan untuk tidak mengenakan pakaian batik motif parang lereng saat menghadiri acara resepsi di Pura Mangkunegaran.

Menurut Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Solo, aturan tersebut berdasarkan ketentuan dari Kanjeng Gusti Mangkunegara X. Motif parang lereng hanya diperbolehkan untuk seseorang yang memiliki kasta tertinggi di kerajaan. 

3. Dilarang memberikan sumbangan pada pengantin

3. Dilarang memberikan sumbangan pengantin
Instagram.com/erinagudono

Para tamu undangan yang hadir juga dilarang memberikan sumbangan dalam berbagai bentuk, baik uang maupun barang. Peraturan ini berlaku demi mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Alasan lainnya karena pernikahan mereka konsepnya seperti pesta rakyat. 

Oleh karena itu, selama berlangsungnya acara tak akan disediakan kotak sumbangan. Nantinya para tamu bisa langsung mengucapkan selamat kepada kedua pengantin dan menikmati hidangan yang telah disajikan.

4. Membawa kendaraan pribadi

4. Membawa kendaraan pribadi
Instagram.com/erinagudono

Acara pernikahan Kaesang dan Erina akan dihadiri oleh 6.000 tamu undangan. Untuk mengantisipasi jumlah volume kendaraan yang membeludak, para tamu dilarang untuk membawa kendaraan, terutama mobil.

Sebagai solusinya, telah disiapkan sekitar 220 bus yang akan membawa para tamu ke lokasi acara resepsi. 

5. Warga dilarang rebutan saat pembagian makanan

5. Warga dilarang rebutan saat pembagian makanan
Instagram.com/erinagudono

Saat acara Kirab berlangsung, pihak panitia menyediakan ribuan makanan gratis untuk masyarakat di Jalan Riyadi Kota Solo, Jawa Tengah. Pesta rakyat yang menjadi konsep pernikahan Kaesang dan Erina ini tentu akan menyorot perhatian warga sekitar.

Oleh karena itu, Gibran meminta semua warga yang hadir dan menyaksikan untuk tertib saat pembagian karena dipastikan makanan tersebut akan terbagi dengan rata. 

Itulah beberapa hal yang dilarang di pernikahan Kaesang dan Erina Gudono. Dengan begitu, para tamu undangan diharapkan bisa mematuhi segala aturan. Ini tentu bertujuan agar acara pernikahan tersebut bisa berjalan dengan khidmat dan lancar. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk