Bisa Dicontoh, 8 Tips Parenting dari Keluarga Kerajaan Inggris

seperti ini cara William dan Kate mengasuh ketiga anaknya

19 Oktober 2020

Bisa Dicontoh, 8 Tips Parenting dari Keluarga Kerajaan Inggris
hellomagazine.com
Tradisi royal baby Inggris

Saat berurusan dengan mengasuh anak, ada banyak pilihan role model yang bisa dicontoh. Salah satu yang memiliki gaya parenting baik adalah keluarga Kerajaan Inggris yaitu William dan Kate. 

Kehidupan keluarga Kerajaan Inggris memang seperti terlihat glamor dan jauh dari dunia luar. Tak banyak yang menyangka bahwa Pangeran William dan Kate memiliki cara mengasuh yang mirip dengan kebanyakan orang. 

Meski menjadi anggota kerajaan, namun bukan berarti pasangan ini membiarkan anak-anak mereka hidup semaunya saja. 

Dirangkum Popmama.com dari moms. com, ada 8 tips parenting dari William dan Kate yang mungkin bisa diikuti. 

1. Membiarkan anak menjadi dirinya sendiri

1. Membiarkan anak menjadi diri sendiri
instagram.com/@kensingtonroyal

Hidup sebagai keluarga kerajaan tidaklah mudah. Ada banyak peraturan yang harus dipatuhi. Namun hal ini tidak berlaku bagi anak-anak dari Mama Kate. 

George, Charlote, dan Louis diberi kebebasan untuk menjadi anak-anak dengan seutuhnya. Itu berarti membiarkan mereka untuk sering bercanda, berantakan, dan bersenang-senang di kebanyakan waktunya. 

Meski pembelajaran menjadi anggota kerajaan terus berlangsung, tapi kepolosan dan keunikan mereka terus dijaga oleh kedua orangtuanya. 

2. Orangtua juga boleh meminta bantuan orang lain

2. Orangtua juga boleh meminta bantuan orang lain
townandcountrymag.com
Tradisi royal baby Inggris

Menjadi role model banyak perempuan lain di dunia tidak lantas membuat Kate harus menjadi Mama yang sempurna. Ia tetap menjadi perempuan seperti pada umumnya. 

Kate sempat tinggal di rumah ibunya setelah beberapa minggu melahirkan George. Seperti kebanyakan anak perempuan yang selalu membutuhkan ibunya saat pertama kali melahirkan, ia pun menerima beragam bantuan dari ibunya. 

3. Tidak pernah teriak pada anak

3. Tidak pernah teriak anak
instagram.com/@kensingtonroyal

Mungkin ini yang bisa dicontoh setiap Mama di luar sana. Keluarga kerajaan ini memiliki peraturan untuk tidak teriak pada anak-anaknya. 

Selain itu, mereka juga tidak punya timeout. Dengan begitu, anaknya tidak mendapat hukuman jika melakukan kesalahan. Alih-alih dihukum, anak-anak diajarkan bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukannya.

Meski mereka sedang terlihat sulit diajak bekerja sama, Mama Kate dan Papa William memilih untuk mengajak anaknya bicara baik-baik. Tentu tidak saat emosinya sedang tidak stabil. Mereka akan mencari waktu untuk bicara baik-baik mengenai tingkah tidak menyenangkan anaknya. 

Editors' Picks

 4. Meminimalisir screen time

 4. Meminimalisir screen time
Pexels/Gustavo Fring

Seperti kebanyakan orang tua, William dan Kate juga memiliki batasan dalam menonton dan main gadget. 

Anak-anak diarahkan untuk lebih banyak bermain di luar ruangan dan beraktivitas di alam. Selain itu, mereka juga banyak belajar secara langsung. 

Beberapa contohnya adalah mendatangi tempat-tempat bersejarah di Inggris untuk sekaligus mengetahui latar belakangnya. 

5. Pelukan sangatlah penting

5. Pelukan sangatlah penting
instagram.com/@kensingtonroyal

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pelukan adalah sebuah kegiatan yang memiliki banyak efek positif. Tak hanya untuk pasangan, namun juga untuk orangtua dan anak. 

Mama Kate mengetahui pentingnya fungsi pelukan dalam penguatan hubungan ibu dan anak. Maka dari itu, ia sering memberikan pelukan pada anak-anaknya. 

Dengan begitu anak-anaknya bisa tahu bahwa orangtuanya benar-benar menyayanginya. 

6. Bicara dengan mata yang sejajar

6. Bicara mata sejajar
popsugar.com

Kate terkenal dengan caranya berbicara pada anak. Ia tak masalah berlutut atau bersimpuh untuk mengajak bicara anak-anaknya. 

Meski awalnya mendapat protes dari Ratu Elizabeth, namun ia tetap ada pendiriannya. Menurutnya, cara ini penting sekali untuk meningkatkan rasa percaya diri dan aman pada anak. 

7. Menghabiskan waktu bersama keluarga tak kalah penting

7. Menghabiskan waktu bersama keluarga tak kalah penting
zimbio.com

Meski kesibukan seperti tak ada akhirnya, namun Kate dan William tetap menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak hanya keluarga intinya saja, namun juga keluarga besarnya. 

Hal ini bisa memberikan pengertian pada anak bahwa keluarga sangatlah penting. Selain menjadi pendukung utama, anak-anak bisa menyadari bahwa keluarganya akan selalu ada di saat seperti apapun.

8. Memberi pengertian lebih pada anak

8. Memberi pengertian lebih anak
dailymail.co.uk
pangeran george dan puteri charlotte

Menjadi anak-anak yang harus ikut banyak kegiatan dewasa tidaklah mudah. Ada kalanya mereka merasa lelah dan bosan. 

Jika sudah seperti itu, pasti ada saja tingkah mereka untuk meluapkan kebosanan dan kejenuhannya. Alih-alih menghukumnya, Kate memilih untuk turut menertawakan tingkah si Kecil. 

Ia berusaha menjadi Mama yang baik dengan cara mengerti posisi dan perasaan si Kecil. 

Itulah beberapa tips parenting dari William dan Kate yang mungkin bisa mulai Mama aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.