Tak Kalah Penting, 5 Ide Quality Time dengan Mertua

Hubungan baik dengan mertua bisa dilakukan dengan seru

8 Agustus 2020

Tak Kalah Penting, 5 Ide Quality Time Mertua
Freepik/pressfoto

Mertua adalah orangtua kedua setelah menikah. Tak heran jika perlu memiliki hubungan baik dengan mertua. Popmama.com akan memberikan ide quality time bersama mertua tersayang. 

Banyak pasangan yang merasa enggan berlama-lama saat berada di rumah mertua. Tak sedikit juga dari mereka yang mengaku tidak dekat dengan orangtua dari pasangannya. 

Padahal, mertua adalah orangtua kita juga. Mereka juga menjadi Kakek dan Nenek dari anak-anak kita. Maka dari itu, penting sekali untuk selalu menjalin hubungan baik dengan mereka. Yuk, cari tahu apa saja 5 ide quality time yang bisa dilakukan dengan mertua. 

1. Masak bersama mertua di akhir pekan

1. Masak bersama mertua akhir pekan
opnlttr.com

Meski bagi sebagian orang, memasak dengan mertua adalah hal riskan, namun ini penting sekali untuk dijadikan ide quality time. Cara terbaik untuk mendapatkan perhatian mertua adalah dengan meminta diajarkan memasak.

Terlebih jika sang mertua adalah orang yang senang di dapur, maka ide ini akan disambutnya dengan gembira. Mama bisa minta diajari menu favorit suami yang dibuat oleh Mama mertua. 

Dengan begitu, Mama bisa menghabiskan waktu lama di dapur berdua dengan mertua. Sembari belajar masak, Mama juga lebih mudah mendekati mertua dengan mengobrol di sela memasak. 

Editors' Picks

2. Makan di luar berdua

2. Makan luar berdua
Freepik/bearfotos

Untuk waktu yang lebih tak terganggu, Mama bisa sekali-kali mengajak mertua untuk makan bersama di luar. Tanyakan jenis makanan apa yang disukainya, atau langsung ajak ke restoran favoritnya. 

Jika menghabiskan waktu berdua saja, biasanya obrolan bisa lebih lancar mengalir.

Dari sana, suasana bisa lebih cair, perbincangan bisa lebih dalam, dan hubungan dengan mertua bisa lebih dekat.

3. Belanja bersama

3. Belanja bersama
Freepik/Vh-studio

Cara lainnya adalah dengan mengajak mertua belanja bersama. Ajaklah ke tempat favoritnya untuk belanja. Biasanya, orangtua punya tempat atau mal favorit. 

Window shopping sambil berjalan santai akan melumerkan suasana. Sembari belanja, kamu bisa lebih mengenal gaya dan tipe kesukaan mertua.

Selain quality time, cara ini akan lebih memudahkan Mama memilih kado ulang tahun untuk mertua, lho!

4. Menemani hobi mertua

4. Menemani hobi mertua
momitforward.com

Biasanya, orang tua memiliki hobi tertentu. Lihat lagi, sang mertua memiliki hobi apa. Seperti contoh, jika ia senang berkebun, siapkan waktu menemaninya bercocok tanam. 

Begitu juga jika senang berolahraga, tawarkan diri untuk ikut dalam rutinitas olahraganya, apakah itu naik sepeda, berjalan santai, atau berenang. 

Saat menjalani kegiatan favoritnya, suasana hati mertua jadi lebih baik dan momen quality time pun lebih lancar dan mulus. 

5. Berbagi berita menarik di chat

5. Berbagi berita menarik chat
Pexels/Adrianna Calvo

Qualitytime tidak melulu harus bertatap muka langsung. Menghabiskan waktu dengan chat mertua juga tak kalah penting. 

Jika bertanya kabar sudah terasa terlalu membosankan, kenapa tidak coba cara lain?

Mama bisa membagikan cerita atau info menarik pada mertua. Tentu dengan tema yang memang disukai mertua, ya.

Diawali dengan berbagi berita, biasanya pembicaraan bisa panjang dan berlanjut. Inilah yang bisa jadi quality time Mama dengan mertua. 

Itulah ide qualitytime yang bisa dilakukan dengan mertua tersayang. Menjaga hubungan baik bisa jadi menyenangkan juga, kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.