10 Tanda Suami Tetap Tergila-gila pada Mama

Salah satunya, tidak pernah marah berlarut-larut

27 September 2020

10 Tanda Suami Tetap Tergila-gila Mama
Freepik/cookie_studio

Pernikahan bisa merubah sebuah hubungan. Ada yang ke arah lebih baik, ada yang tidak baik. Jika masih bertanya-tanya, Popmama.com punya 10 tanda jika Papa masih tergila-gila pada Mama. 

Mama pasti masih ingat bagaimana romantisnya hubungan sebelum menikah. Melihat kenyataannya saat ini, banyak yang kehilangan romantisme dan cinta seiring bertambahnya umur pernikahan mereka. 

Namun jika Mama penasaran, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan apakah Papa masih tetap sayang seperti pada masa pacaran dahulu. 

1. Ia sering melakukan kontak mata

1. Ia sering melakukan kontak mata
Freepik/nensuria

Menurut penelitian yang dilakukan seorang psikolog bernama Zick Rubin, pasangan yang jatuh cinta sering berpandangan sekitar 75% dari waktu bersama mereka. 

Jika Papa memandang Mama dengan serius saat mengobrol, berarti ia tak hanya mendengarkan namun juga menyimak dengan baik. Ini adalah salah satu tanda dirinya masih sangat sayang pada Mama. 

Sedangkan pasangan yang rasa cintanya sudah menurun cenderung menghindari kontak mata dan mendengarkan pasangan berbicara sambil melakukan hal lain. Beberapa contohnya adalah mengobrol sambil bermain ponsel, atau enggan melihat langsung. 

2. Selalu menghargai keinginan Mama

2. Selalu menghargai keinginan Mama
Freepik

Saat mengungkapkan sebuah keinginan, biasanya pasangan yang sedang jatuh cinta akan memberi dukungan yang baik. Seperti contoh, Papa akan mendukung jika Mama punya hobi baru, atau punya suatu keinginan. 

Menurut Journal of Psychophysiology, para pria senang melihat pasangannya mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

3. Menghabiskan waktu intim dengan fokus

3. Menghabiskan waktu intim fokus
Freepik/Racool_studio

Momen bercinta sering jadi hal yang membosankan dan monoton. Namun tidak jika pasanganmu masih tetap tergila-gila padamu. 

Pria yang mencintai seseorang akan banyak melakukan kontak mata saat di ranjang. Bahkan, ia bisa saja memanggil namamu saat sedang terangsang. 

Tandanya, ia fokus dengan kehadiranmu, bukan sedang berkhayal dengan dunianya sendiri. 

4. Konsisten perhatian pada Mama

4. Konsisten perhatian Mama
Freepik/Racool_studio

Saat pacaran, bentuk perhatian adalah memberi hadiah, coklat, atau bunga. Namun saat menikah, semua perhatian itu akan berubah. Ingat, hanya berubah, bukan menghilang. 

Jika ia ingat makanan favorit Mama dan membawakannya saat pulang kantor, itu tanda Papa masih jatuh cinta. Begitu juga saat ia masih ingat detil tentangmu yang mungkin Mama sendiri tidak ingat betul. 

Perhatian bisa berbeda dari awal pernikahan, namun percik cinta yang tetap ada membuat dirinya terus konsisten memberikannya padamu. 

Editors' Picks

5. Tak masalah berkumpul dengan teman Mama

5. Tak masalah berkumpul teman Mama
Freepik

Pertemanan perempuan dan pria sangatlah berbeda. Namun jika Papa mau tetap menemani Mama meski ia mengatakan tidak terlalu cocok dengan lingkungan pertemanannya, itu adalah tanda cinta. 

Menurut Sophia Dembling, penulis buku Introverts in Love: The Quiet Way to Happily Ever After, mengesampingkan egonya dan membiarkan Mama bahagia adalah caranya mengungkapkan rasa cinta. 

Jadi, hargailah pasangan yang tetap mau menemani Mama ke pesta yang isinya mungkin tidak ia sukai. Tandanya Papa tetap mencintai Mama sepenuh hati. 

6. Ia cepat menyelesaikan masalah

6. Ia cepat menyelesaikan masalah
Freepik/Yanalya

Istilah pria selalu salah dan perempuan selalu benar tidak sepenuhnya salah. Para pria yang ingin cepat menyelesaikan masalah adalah mereka yang benar-benar mencintai pasangannya. 

Ia tahu bahwa membiarkan masalah berlarut-larut tidak baik bagi hubungannya dan bisa saja menyakiti perasaan Mama. Oleh karena itu, jika suatu hari Papa mengalah, bukan berarti ia malas menghadapi argumen. Namun sebagai tanda ia mencintai Mama dan tidak ingin melihatmu kesal berlama-lama. 

7. Ia rela menaruh gadgetnya

7. Ia rela menaruh gadgetnya
Freepik

Saat ini, gadget sudah seperti kekasih yang tak bisa lepas dari tangan. Namun jika Papa bisa menaruh gadget dan memilih berada dekat Mama, itu sebuah tanda jelas bahwa ia ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama. 

Kesadaran ini adalah sebuah tanda cinta yang hanya bisa datang dari dalam hati seseorang. Jika Mama melihat sikap ini di Papa, segera lakukan hal yang sama. Hargai usahanya yang ingin menjaga cinta pada Mama. 

8. Ia mau mengerjakan hal yang Mama tak suka

8. Ia mau mengerjakan hal Mama tak suka
aptparenting.com

Setelah bersama bertahun-tahun, pasti Mama tahu apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh Papa, begitu juga dengannya. Salah satu tanda cinta dan ia masih tergila-gila pada Mama adalah rela melakukan hal yang tidak disukai Mama. 

Seperti contoh, Papa tahu bahwa Mama tidak suka kamar mandi yang kotor. Maka ia akan membersihkannya tanpa diminta. Begitu juga jika ada film yang tidak disukai Mama, ia akan dengan cepat menggantinya. 

Hal kecil ini sebenarnya menunjukkan besarnya tanda cinta seseorang padamu. 

9. Ia tak pernah mengatakan ingin bercerai

9. Ia tak pernah mengatakan ingin bercerai
Freepik/Yanalya

Tak selamanya pasangan hidup dengan akur dan bahagia. Pasti ada saja pertengkaran dan masalah yang melanda. 

Sebesar apapun masalahnya, seberat apapun kesalahan yang mungkin dilakukan Mama, ia tak pernah mengatakan ingin bercerai, sekalipun. 

Jika setelah bertahun-tahun Mama belum mendengar kata ini, bisa dipastikan ia masih jatuh cinta padamu. 

10. Ia tetap memberi kejutan 

10. Ia tetap memberi kejutan 
Freepik

Salah satu tanda cinta yang bisa dilihat dengan jelas adalah ketika ia terus berusaha membuatmu bahagia, salah satunya dengan kejutan. 

Tak perlu kejutan besar saat ulang tahun. Kejutannya bisa saja berupa makanan yang selama ini sedang Mama idam-idamkan, atau kopi yang Mama katakan ingin minum pada Papa kemarin sore. 

Inti dari sikapnya ini adalah bagaimana Papa ingin terus membuat hubungannya menyenangkan dan seru. Ia juga senang melihat Mama tersenyum bahagia saat diberikan kejutan tersebut. 

Jadi, jika Papa melakukan sebagian besar dari poin di atas, berarti ia masih tergila-gila pada Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.