Terkesan Sepele, Tapi Ini 7 Penyebab Suami Ilfil dengan Sang Istri

Coba diingat-ingat lagi, kamu termasuk nggak ya?

23 Oktober 2019

Terkesan Sepele, Tapi Ini 7 Penyebab Suami Ilfil Sang Istri
Pixabay/vetonethemi

Ilfil terjadi secara tiba-tiba, mungkin nggak sih? Tentu nggak mungkin. Suami kamu berubah sikap atau gaya bicaranya, itu bisa jadi tanda dia ilfil saat melihat kamu. Tapi itu terjadi secara tiba-tiba, lho. 

Pasti ada yang menjadi penyebab suami ilfil dengan istrinya.

Sementara, setiap perempuan inginnya selalu dipuji dan dikagumi. Seringkali kalau bertindak sesuatu tapi tidak ditanggapi, tidak diperhatikan, jadinya malah sensitif. Lalu berpikir yang macam-macam.

"Kenapa ya, kok suami aku cuek banget. Wah jangan-jangan ada yang lain nih!"

Stop berpikir demikian, Ma. Berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 hal sepele yang bisa jadi penyebab suami ilfil dengan istri. Baca sampai habis ya!

1. Bau mulut

1. Bau mulut
Pixabay/adamkontor

Tidak ada yang tahan bicara berlama-lama dengan orang yang bau mulut. Bayangkan kalau kamu bau mulut lalu suami kamu ada di depan kamu. Apakah salah, kalau dia jadi ilfil dan hilang mood untuk ngobrol sama kamu?

Jaga kebersihan mulut ya. Rutinlah menyikat gigi dan kumur-kumur atau memakan permen karet dengan kandungan mint untuk membuat napas kembali segar.

2. Makeup tebal dan foudation belang

2. Makeup tebal foudation belang
get-the-look.ca

Wah, laki-laki itu diam-diam suka komentar tentang makeup yang dipakai perempuan lho. Mereka memang tidak tahu merek atau jenis yang dipakai. Tapi yang pasti, mereka suka mengomentari hasilnya.

Kalau muka dan leher belang, aduh ini sudah pasti bikin ilfil. 

Belum lagi jika pakai eyeshadow dan blush on super tebal sampai warnanya mendominasi wajah, padahal cuma mau pergi ke swalayan untuk beli sebungkus jeli untuk si Kecil. Pasti suami mendadak ilfil deh lihat kamu.

Editors' Picks

3. Hobi mabuk berat

3. Hobi mabuk berat
Freepik

Ada orang yang tahan minum alkohol dalam jumlah banyak, tapi ada juga yang baru minum setengah gelas tapi sudah mabuk. Bicaranya kacau dan tingkahnya aneh. 

Beberapa laki-laki nggak mempermasalahkan hal ini. Namun kalau kamu seperti itu dan kamu tidak tahu batasannya, mungkin suami kamu bisa bad mood melihat perilaku seperti itu. 

Yang paling mengerikan adalah ketika kamu mabuk berlebihan hingga mempermalukan diri justru membuat si dia kapok untuk mengajakmu bersenang-senang.

4. Sering mengeluh

4. Sering mengeluh
Pixabay/5667089

Sering mengeluh tidak akan membuat masalahmu selesai secara tiba-tiba. Kebiasaan mengeluh justru membuat orang di sekelilingmu ikut merasa panas dan jengkel.

Lama-kelamaan karena keseringan mengeluh, suami jadi malas untuk menghabiskan waktu bersama kamu. Bareng dengan teman atau berada di kantor lebih lama akan menjadi hal yang menyenangkan dibanding bertemu dengan istrinya.

Yuk coba bersabar dan mulai berpikir positif.

5. Rambut rusak

5. Rambut rusak
Freepik

Saat pacaran kamu selalu ada waktu untuk ke salon, berlama-lama merawat rambut, blow dan catok. Lalu setelah menikah dan punya baby, waktu kamu terkuras untuk keluarga. Penampilan sedikit berubah tentu tidak masalah.

Tapi bagi sebagian laki-laki, melihat rambut istrinya kering, kusam, rontok, megar seperti singa, adalah hal yang paling mengerikan dan mengganggu.

Daripada penampilan kamu dibanding-bandingkan antara sekarang dengan dulu, lebih baik merawat diri sedini mungkin.

6. Suka memerintah

6. Suka memerintah
Pixabay/stokpic

Kalau perempuan manja, mungkin bisa jadi hal menarik bagi laki-laki. Sebagai suami, ia merasa dibutuhkan dan jadi lebih berarti untuk pasangannya karena sering membantu. 

Namun, ada juga istri yang kelewat manja sampai sering minta tolong pada suaminya. Rasanya ini kurang pas. Terlebih lagi kalau istri suka memerintah suaminya. Kalau tidak segera ddilakukan akan marah atau ngambek.

Kamu jangan seperti ini ya. Kamu harus ingat kalau laki-laki memiliki harga diri dan mereka memang harus dihargai. Terutama jika di hadapan anak-anak.

7. Berkata kasar kalau sedang marah

7. Berkata kasar kalau sedang marah
Pixabay/StockSnap

Apapun alasannya, berkata kasar saat sedang marah itu tidak diperbolehkan. Bicarakan sesuatu dengan baik agar hal yang menjadi penyebab kemarahan kamu tersampaikan dengan jelas. Beri tahu apa harapan kamu pada suami kamu.

Begitulah menyelesaikan masalah dalam sebuah hubungan. Mengikuti emosi dengan berkata kasar saat sedang marah bisa menyakiti hati orang lain. 

Bahaya jika kamu tinggal serumah dengan mertua, ini akan menjadi masalah yang berbuntut panjang.

Itulah 7 penyebab suami ilfil dengan istrinya. Kamu tidak seperti itu kan, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.