Beda Usia 16 Tahun, Ajis Kalla Pinang Gadis dengan Mahar Fantastis

Mahar untuk Nadia Margreza berupa uang tunai Rp 300 juta dan rumah mewah senilai Rp 3 miliar

26 November 2020

Beda Usia 16 Tahun, Ajis Kalla Pinang Gadis Mahar Fantastis
Instagram.com/revha_rev

Haji Ajis Kalla (45) yang melamar salah satu peserta Puteri Indonesia 2013 asal Malangke, Luwu Utara, Sulawesi Selatan bernama Nadia Margreza (29) sedang menjadi pembicaraan banyak orang. 

Laki-laki yang akrab disapa Haji Ambo ini melamar kekasihnya dengan mahar fantastis pada Senin (23/11/2020) di Dusun Kambisa, Desa Baku-Baku, Kecamatan Malangke, Luwu Utara.

Demi pujaan hatinya, pemilik Country Cafe Resto (CCR) di Makassar ini memberikan mahar fantastis berupa uang tunai sebesar Rp 300.707.000, satu unit rumah mewah dan satu set perhiasan berlian senilai Rp 3 miliar. 

Pasangan yang beda 16 tahun ini memang sudah lama berpacaran dan memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius. 

Terkait dengan perbedaan usia saat membina hubungan, sebenarnya ada tiga pondasi yang perlu diterapkan oleh pasangan suami istri saat sudah menikah. Selalu mengutamakan komunikasi, saling menghargai dan mau beradaptasi satu sama lain menjadi kunci penting ketika sedang membangun bahtera rumah tangga dengan perbedaan usia yang cukup jauh. 

Mengenai tiga pondasi di atas, kali ini Popmama.com merangkum penjelasan untuk menjaga hubungan bersama pasangan walau terpaut usia yang cukup jauh. 

Bisa menjadi pembelajaran tersndiri dan dapat diterapkan bersama pasangan nih, Ma. 

Editors' Picks

1. Selalu mengutamakan komunikasi yang baik bersama pasangan 

1. Selalu mengutamakan komunikasi baik bersama pasangan 
Freepik

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki permasalahan yang berbeda-beda ketika membangun rumah tangga bersama. Walau masalahnya berbeda, seringkali komunikasi menjadi sebuah kunci untuk menyelesaikan atau bahkan meminimalisir terjadinya konflik. 

Ketika memiliki pasangan yang usianya terpaut cukup jauh, Mama tetap perlu mengutamakan komunikasi yang baik dan efektif. 

Perlu Mama ketahui bahwa hubungan yang tidak mengutamakan komunikasi hanya akan memicu kesalahpahaman dan berujung pertengkaran. 

Apabila ada sebuah kesalahan, cobalah untuk saling berkomunikasi. Adanya komunikasi yang baik justru membantu kedua belah pihak saling belajar, sehingga kesalahan tersebut tidak kembali terulang lagi. 

2. Menerima segala perbedaan dan belajar saling menghargai 

2. Menerima segala perbedaan belajar saling menghargai 
Freepik/senivpetro

Banyak orang menilai bahwa pernikahan pasangan yang usianya terpaut jauh sangat rentan mengalami masalah. Padahal hal tersebut bisa diatasi dengan baik, apalagi jika memiliki pondasi yang kokoh. 

Salah satu kunci sukses saat menjalani hubungan beda usia, yakni mau menerima segala perbedaan dan belajar saling menghargai satu sama lain. Jika ini diterapkan dengan baik dan konsisten, maka akan membantu pasangan suami istri lebih harmonis. 

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan atau pola pikir pasangan perlu dihargai untuk saling belajar memahami segala perbedaan. 

3. Mau berusaha untuk beradaptasi bersama 

3. Mau berusaha beradaptasi bersama 
Freepik/master1305

Adanya perbedaan pola pikir, kebiasaan atau cara pandangan seseorang menjalani kehidupan memang membuat seseorang unik. Perbedaan-perbedaan ini bisa Mama temukan apabila menikah dengan seseorang yang usianya terpaut jauh. 

Mama perlu menanamkan ke diri sendiri bahwa perbedaan itu membuat seseorang lebih unik dan bisa saling mengisi satu sama lain. 

Kunci lain untuk menjalani pernikahan beda usia, yakni dengan saling beradaptasi bersama. Selain berusaha untuk menerima perbedaan, proses adaptasi juga bisa dimulai dengan saling membicarakan harapan serta kekhawatiran ketika sudah membina rumah tangga. 

Lagi-lagi komunikasi diperlukan ketika pasangan suami istri mau berusaha saling beradaptasi, sehingga kedua belah pihak bisa menerima perbedaan yang ada. 

Nah, itulah rangkuman terkait tiga pondasi yang perlu diterapkan oleh pasangan suami istri ketika membangun bahtera rumah tangga dengan perbedaan usia cukup jauh. 

Semoga bisa bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.