Berapa Lama Durasi Ideal Berhubungan Seks? Cek Faktanya!

Kira-kira harus berapa lama ya?

17 Juni 2021

Berapa Lama Durasi Ideal Berhubungan Seks Cek Faktanya
Freepik/standret

Kehidupan seks di atas ranjang untuk pasangan suami istri memang mempunyai cerita masing-masing. Tak jarang, durasi berhubungan seks antara satu pasangan dengan yang lainnya akan berbeda. 

Ada yang durasi bercintanya hanya dalam hitungan menit, namun ada juga pasangan suami istri yang tahan hingga dua jam. Seringkali cepat atau lamanya durasi saat bercinta dikaitkan dengan kejantanan laki-laki.

Pada akhirnya, ada yang bertanya-tanya mengenai "berapa lama durasi ideal saat berhubungan seks?"

Pertanyaan tersebut seolah muncul di benak beberapa pasangan karena akan memengaruhi kehidupan seksual mereka. 

Jika Mama ingin mengetahui durasi ideal ketika sedang berhubungan seks bersama pasangan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kira-kira harus berapa lama ya? 

Editors' Picks

1. Sekitar 7-13 menit termasuk durasi ideal saat berhubungan seks 

1. Sekitar 7-13 menit termasuk durasi ideal saat berhubungan seks 
Freepik/gpointstudio

Saat berhubungan seks dengan pasangan, terkadang banyak orang yang terpaku dengan durasi. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Society for Therapy and Research pada 2005 pun berusaha menjawab pertanyaan mengenai durasi ideal saat berhubungan seks ini. Seorang terapis seks berpendapat kalau durasi ideal bercinta, yakni selama 7-13 menit. 

Berdasarkan studi tersebut juga dijelaskan bahwa durasi 1-2 menit untuk berhubungan seks dinilai terlalu cepat. Semantara itu, durasi 10-30 menit justru dinilai terlalu lama. 

Hanya saja kebanyakan sesi bercinta mulai dari saat penetrasi hingga orgasme, berlangsung antara 1 hingga 10 menit saja. 

Menurut John Wincze, profesor perilaku manusia di Brown University dikatakan bahwa durasi berhubungan seks yang terjadi sekitar 1-10 menit dialami oleh sekitar 90 persen laki-laki bahkan di seluruh dunia. 

2. Perempuan ingin pasangannya lebih banyak aksi saat foreplay dan afterplay

2. Perempuan ingin pasangan lebih banyak aksi saat foreplay afterplay
Freepik/yanalya

Sebuah survei yang dirangkum dalam Journal of Sex and Marital Therapy mengatakan bahwa perempuan menginginkan lebih banyak foreplay dan afterplay. Survei tersebut dilakukan oleh 5.655 perempuan Jepang, mereka berharap pasangannya mempunyai lebih banyak aksi saat sebelum dan sesudah berhubungan seks. 

Foreplay adalah bagian awal yang penting saat berhubungan seksual. Foreplay termasuk istilah yang memang digunakan ketika sedang melakukan persiapan atau pemanasan saat bercinta bersama pasangan. Pemanasan ini bertujuan untuk membangkitkan gairah agar semakin intim dan mengurangi rasa canggung saat berada di atas ranjang.  

Perlu diketahui bahwa perempuan membutuhkan waktu sedikit lebih lama saat sesi foreplay dibandingkan laki-laki.

Demi merangsang gairah pasangan saat foreplay, cobalah untuk menemukan titik-titik sensitif di tubuhnya. Sentuhan dan sedikit ciuman tanpa disadari memberikan kesenangan bagi kedua belah pihak. 

Sementara itu, tahap afterplay perlu dilakukan untuk menciptakan hubungan lebih intim, bukan justru saling berbalik badan dan tidur. 

Afterplay adalah tahap pendinginan yang perlu dilakukan setelah selesai orgasme. Mengingat saat sesi bercinta cukup membuang banyak energi, sehingga kedua belah pihak akan sama-sama merasa lelah.

3. Eksplorasi posisi seks membantu durasi bercinta lebih lama 

3. Eksplorasi posisi seks membantu durasi bercinta lebih lama 
Freepik/lookstudio

Setiap pasangan suami istri tentu ingin kehidupan seks mereka di atas ranjang bisa menyenangkan, bahkan hasrat seksualnya terpenuhi dengan baik. Jika ingin berhubungan seks tahan lama, salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan beberapa posisi.

Eksplorasi posisi seks agar tidak monoton bisa membantu membuat durasi lebih tahan lama. Setidaknya gunakan dua atau tiga posisi seks saat bercinta, namun pastikan untuk berdiskusi dengan pasangan terlebih dahulu. 

Nah, itulah penjelasan dari para ahli sekaligus penelitian untuk menjawab pertanyaan mengenai "berapa lama durasi ideal saat berhubungan seks?"

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru. Bisa soal durasi, kira-kira si Dia bisa bertahan berapa lama nih? 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.