BJ Habibie Wafat, 19 Seleb Ini Ucapkan Belasungkawa Termasuk BCL

Banyak cinta, kenangan dan doa untuk almarhum BJ Habibie

12 September 2019

BJ Habibie Wafat, 19 Seleb Ini Ucapkan Belasungkawa Termasuk BCL
Instagram.com/bclicious.medan/raffinagita1717/

Kabar duka datang dari Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Seperti yang Mama ketahui kalau BJ Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September hingga hari Rabu 11 September 2019. 

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Kini laki-laki yang biasanya disapa eyang itu, kini telah tenang menyusul istri tercinta. 

Sosok almarhum sebagai mantan presiden juga sangat melekat di hati masyarakat, sehingga banyak yang ikut berduka sekaligus memberikan ucapan belasungkawa. Jika Mama perhatikan di media sosial, ada banyak foto almarhum terunggah sekaligus ucapan doa dari para warganet. 

Bahkan para seleb pun mengunggah ucapan belasungkawa atas kepergian almarhum BJ Habibie. Untuk Mama yang ingin mengetahui siapa saja yang ikut berduka dan turut mendoakan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Melanie Subono 

1. Melanie Subono 
Instagram.com/melaniesubono

Eyang, SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN. Senangnya udah bisa ngelepas kangen sama eyang puteri, bisa berdua-duaan lagi. Kita di sini ikhlas asal eyang bahagia. SELAMAT JALAN.

Terima kasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG, kalau bahasa eyang “PEMBERONTAK” 

-Love you-

Kabar kepergian dari Presiden ketiga RI di media sosial diketahui dari Melanie Subono. Penyanyi sekaligus cucu keponakan dari almarhum ini pun menuliskan rasa terima kasihnya atas perjuangan dan jasa-jasa BJ Habibie untuk Indonesia.

2. Annisa Yudhoyono 

2. Annisa Yudhoyono 
Instagram.com/annisayudhoyono

Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un
Telah Berpulang Presiden RI ke-3
"Allahumma firlahu warhamhu wa`afihi wa`fu`anhu".

“Ya Allah, ampunilah dosanya, berilah rahmatMu ke atasnya, sejahtera dan maafkanlah beliau”.
Masih terkenang nasihat beliau untuk selalu menemani Pepo dan jangan pernah membiarkan Pepo sendiri setelah ditinggal Memo, dan juga menceritakan pengalaman-pengalaman hidupnya.

Pak Habibie juga menyampaikan, kapan saja beliau siap dipanggil karena ada Ibu Ainun yang menunggunya di akhirat. Banyak sekali kata-kata beliau yang menguatkan kami ketika ditinggal Memo pergi.

Terima kasih bapak Habibie atas pengabdian dan jasamu terhadap Indonesia. kami akan selalu kenang semua jasamu dan hatimu yang mulia. Mohon kita doakan bersama agar beliau Husnul Khatimah.

BJ Habibie yang dikenal sebagai bapak teknologi ini telah meninggalkan duka untuk Indonesia. Bagi Annisa Yudhoyono, almarhum selalu menemani serta menguatkan SBY ketika ditinggal pergi Ani Yudhoyono untuk selama-selamanya.  

Annisa Yudhoyono pun sangat mengingat kata-kata BJ Habibie yang selalu siap dipanggil kapan saja karena Ibu Ainun selalu menunggunya di akhirat. 

Semoga pasangan cinta sejati ini segera dipertemukan ya, Ma. 

3. Chacha Frederica

3. Chacha Frederica
Instagram.com/chafrederica

Inalilahiwainailahirojiun yang telah mengharumkan nama Bangsa di mata dunia telah pergi meninggalkan kita di dunia ini. (baca tulisan beliau yang mengetarkan hati di akhir-akhir hidupnya). Apapun kembali lagi kepada Allah SWT, tulisan eyang banyak membuka mata hati kita. ilmu agama di atas segalanya, harus bisa menjadi pondasi yang kuat sebelum ilmu apapun yang ingin kita dalami. Eyang sudah menceritakan itu sendiri, terima kasih Eyang Habibie.

Semua hasil pemikiranmu, jeri payahmu, penemuan-penemuanmu menjadi inspirasi bagi banyak anak bangsa di Negeri ini. Semoga segala apa yang Eyang perjuangkan menjadi timbangan pahala yang berat di mata Allah SWT dan memudahkan segala urusan Eyang di akhirat.

Semoga Allah ridho mempersatukan kita semua kembali di JannahNya. Engkau telah mengisnpirasi banyak orang Eyang.

Selamat jalan. Ya Rabb mudahkanlah segala urusan Eyang Habibie diakhirat, Maafkanlah bahagiakanlah hidupnya di alam barzah, ampuni segala dosa-dosa dan khilafnya.  ya Rabb, jasanya begitu banyak untuk Negri ini.

Terimalah segala amal ibadahnya dan selamatkan ia dari siksa kubur dan siksa api neraka ya Rabb. Alfatehah. 

Sebagai panutan banyak orang, sosok BJ Habibie mempunyai kesan tersendiri untuk Chacha Frederica apalagi beliau telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Atas semua yang dilakukannya untuk Indonesia, Chacha berterima kasih dan terus mendoakan almarhum.

4. Maia Estianty 

4. Maia Estianty 
Instagram.com/maiaestiantyreal

Ikut berduka cita atas meninggalnya Pak Bacharuddin Jusuf Habibie. Salah satu putra terbaik bangsa Indonesia. Semoga jiwa beliau diterima di sisi Allah swt dan bertemu Sang Maha Cinta (Allah swt) dan belahan jiwanya Ibu Ainun Besari. Berbahagialah di Surganya Allah. Al Fatihah.

Begitulah ucapan belasungkawa yang dituliskan oleh Maia melalui Instagram pribadinya. Sebagai salah satu putra terbaik bangsa Indonesia, kepergiaan BJ Habibie tentu memberikan luka mendalam termasuk untuk Mama tiga orang anak ini. 

Maia berdoa agar almarhum bertemu dengan sang Istri yang menjadi belahan jiwanya. 

5. Pandji Pragiwaksono 

5. Pandji Pragiwaksono 
Instagram.com/pandji.pragiwaksono

Akan sangat merindukan Eyang Habibie. Beliau adalah sosok yang sangat sangat ramah. Sangat enerjik. Semangat dalam hatinya yang mendikte tubuhnya.

Kalau berbicara mengenai kebangsaan matanya berapi-api & tenaganya seakan muda kembali.

"Hebat kamu, susah lho akting seperti itu," ucap beliau usai nonton Insya Allah Sah yang lebih menggambarkan kebaikan hati Almarhum ketimbang kualitas akting saya.

Innalillahi wa inna illaihirajiuun.

Satu lagi Negarawan meninggalkan Negeri yang dicintainya.

A very kind - one of a kind, person.

Pandji Pragiwaksono mengucapkan belangsungkawa sekaligus mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie. Apalagi almarhum sempat memuji akting dari Pandji di salah satu film yang dibintanginya. 

6. Tarra Budiman 

6. Tarra Budiman 
Instagram.com/tarrabudiman

“Hanya anak bangsa sendirilah yang dapat diandalkan untuk membangun bangsa, tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain” - BJ Habibie.

Selamat jalan Bapak.

Papa satu anak ini pun mengucapkan rasa dukanya serta mengenang jasa-jasa dari BJ Habibie melalui unggahan Instagram pribadinya. 

Banyak sekali yang kehilangan ya, Ma. 

7. Haykal Kamil 

7. Haykal Kamil 
Instagram.com/haykalkamil

Innalillahi wa innalillahi rojiun, Turut berduka cita atas meninggalnya Eyang BJ Habibie. 

Ya Allah terimalah amal ibadah almarhum dan berikan tempat yang layak disisiMu. Alfatihah.
(Btw gue nulis ini sambil nangis, cuma dua kali ketemu, tetapi nyesek banget. Banyak jasa beliau untuk kita semua)

Sambil menangis ketika sedang menuliskan caption untuk Instagram pribadinya. Haykal mengunggah satu foto ketika dirinya bertemu dengan almarhum sekaligus mengucapkan turut berduka cita. 

8. Arie Untung

8. Arie Untung
Dok. IDN Times

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibun. Allahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kitabahu fi ‘illiyyin. Wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu.”

Telah meninggal dunia BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun. Semoga beliau Husnul khotimah dan menjadi Ahli Surga. Amin. 

Ungkapan Hati BJ Habibie soal akhirat yang bikin merinding. 
8 Jan 2019

Ternyata kembali ke nol tidak ada yang dapat dibanggakan. Dulu bangga dengan jabatan apa itu Nakhoda apa itu KKM apa itu Direktur apa itu Bos perusahaan besar, busit semua. Beliau berpesan "Saya diberikan kenikmatan oleh Allah ilmu technology sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tetapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama itu lebih bermanfaat untuk umat. Kalau saya disuruh memilih antara keduanya maka saya akan memilih ilmu Agama." 

Insya Allah.
Jannah ya, Pak. 

Melalui Instagram pribadinya, Arie Untung pun mengabarkan kabar duka atas kepergiaan BJ Habibie dalam usia yang ke-83 tahun. Bahkan Arie pun masih mengingat ungkapan hati dari almarhum mengenai akhirat. 

9. Fitrop

9. Fitrop
Instagram.com/gadiiing

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali dan kepada Tuhan kami semua akan kembali.

Ya Allah! catatkanlah beliau termasuk golongan orang-orang yang berbuat kebaikan di sisi Engkau dan jadikanlah catatan itu dalam tingkatan yang tinggi serta gantilah ahlinya dengan golongan orang-orang yang pergi dengan ketaatan PadaMu. 

Rasa duka Fitrop atas kepergian dari BJ Habibie sempat dituliskan melalui media sosial pribadi nya. Fitrop pun berdoa agar almarhum yang termasuk golongan dari orang-orang baik bisa di tempatkan di sisi terbaik.

Editors' Picks

10. Bunga Citra Lestari

Selamat jalan Eyang. One of the most wonderful man i’ve ever known in my life. Thank you for all the love, all the kindness, all the support. It breaks my heart that i didnt  the chance to say goodbye to you. But you are in a better place right now.

I love you Eyang.

Sebagai pemeran Ainun di dalam sebuah film, BCL tentu cukup dekat dengan Habibie. Ketika berita kepergian dari BJ Habibie beredar di media sosial, dirinya sempat mengunggah sebuah emoji sedang menangis di dalam satu InstaStory pribadinya. 

Tak lama, BCL mengunggah sebuah video saat BJ Habibie memuji kepiawaiannya saat bernyanyi. 

11. Dian Nitami

11. Dian Nitami
Instagram.com/bu_deedee

“Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun” - B.J. Habibie -

Selamat jalan Pak Habibie, terima kasih atas semua yang sudah diperbuat untuk bangsa dan negara Indonesia. Semoga semua amal ibadah Bapak diterima Allah SWT.

Istri dari Anjasmara ini pun mengucapkan belasungkawa atas kepergiaan putra kebangaan Indonesia, BJ Habibie. Dian berterima kasih atas segala yang telah diperbuat oleh almarhum untuk bangsa dan negara Indonesia. 

Karya dan perjuangan beliau tentu akan selalu menjadi kenangan manis ya, Ma.

12. Teuku Wisnu

12. Teuku Wisnu
Instagram.com/teukuwisnu

Innalillahi wa inna ilahi rajiun, Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihii wa'fu anhu.

Salah satu sosok yang paling aku kagumi, di mana beliau sangat cerdas dengan segudang prestasi yang beliau sumbangsihkan pada negeri.

Namun, meski kecerdasannya melangit seperti pesawat N250 Gatot Kaca yang beliau rancang & pertama di Indonesia, hati beliau tetap membumi. Maa Syaa Allah, sangat rendah hati sekali. Dan juga yang kita tidak lupakan adalah bagaimana kesetiaan dan kisah cinta beliau dengan istri beliau rahimahallah. 

Dialah Pemimpin Negara Indonesia ke-3,
Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie Rahimahullah atau yang biasa kita panggil dengan Eyang Habibie.

Masih lekat dalam ingatanku ketika Eyang Habibie dan Eyang Ainun mengundang dan menjamu kami keluarga Cinta Fitri di kediamannya.

Bagaimana Eyang Ainun menceritakan bahwa beliau mengikuti sinetron Cinta Fitri dan nggak mau ketinggalan ceritanya.

Sekarang eyang Habibie sudah tiada. Banyak sekali jasa beliau yang kita tidak boleh lupa dan meninggalkan karya-karya yang luar biasa. Semoga karya-karya itu tersebut dinilai Allah sebagai ilmu yang bermanfaat, di mana pahala terus mengalir ke beliau Rahimahullah walaupun beliau sudah tiada.

Teman-teman, tolong doakan eyang Habibie Rahimahullah ya. Semoga Allah mengampuni segala dosanya, menerima amal kebaikannya & menempatkannya di Syurga. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamin. 

Pertemuan Teuku Wisnu bersama dengan BJ Habibie sangat berkesan. Dirinya mengatakan kalau almarhum termasuk salah satu penggemar salah satu sinetron panjang yang pernah dibintanginnya dulu. 

"Eyang Habibie menyampaikan bahwa pernah pulang buru-buru dari satu acara hanya karena Eyang Ainun mau nonton Cinta Fitri dan dari situlah awalnya eyang Habibie jadi ikutan nonton dan mengikuti Cinta Fitri," tulis Teuku Wisnu. 

Dari kesukaan almarhum terhadap sinetron dari Teuku Wisnu bersama Shireen Sungkar, dirinya seolah tidak ingin ketinggalan satu episode pun. 

Terlihat sekali kalau BJ Habibie termasuk salah satu orang yang menghargai karya-karya anak bangsa, termasuk sinetron. 

13. Tantri 'Kotak'

13. Tantri 'Kotak'
Instagram.com/tantrisyalindri

Beberapa tahun lalu kami mendapat kesempatan untuk menjadi tamu di rumah Eyang Habibie.  Berbuka puasa, solat berjamaah dan diajak berkeliling perpustakaannya yang besar sekali. Dengan sangat ramah beliau bercerita betapa cintanya Beliau dengan buku. Darinya saya belajar tentang kesetiaan, terima kasih Eyang untuk segala yang Kau tinggalkan, semoga husnul Khotimah. Amiiin. Al-fatihah.

Tantri yang sedang hamil anak kedua ikut sedih karena kehilangan sosok dari BJ Habibie. Sebagai orang yang pernah bertamu ke rumah almarhum, Tantri pun belajar banyak hal termasuk mengenai kesetiaan. 

14. Dimas Seto 

14. Dimas Seto 
Instagram.com/dimasseto_1

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, teringat kenangan pertama kali bertemu eyang Habibie 18 tahun yang lalu di suatu tempat yang jauh. Pertemuan yang berkesan selama 5 jam, tak terasa mendengar beliau bercerita. 

Banyak pelajaran yang saya dapat, nasihat-nasihat beliaupun masih teringat dalam pikiran ini. Selamat jalan eyang Habibie, semoga almarhum husnul khatimah, semua amal ibadahnya diterima di sisi Allah, kita semua akan menyusul, in syaa Allah kita bisa manfaatkan sisa umur kita untuk beribadah dan melakukan hal hal yang bernilai pahala. 

Pertemuan singkat dari Dimas Seto di suatu tempat 18 tahun lalu memberikan banyak pelajaran berharga untuknya. Nasihat-nasihat dari almarhum pun masih teringat di dalam pikiran Dimas. 

Semoga dari apa yang sudah dilakukan oleh BJ Habibie bisa dijadikan pembelajaran untuk anak-anak Indonesia. 

15. Zee Zee Shahab

15. Zee Zee Shahab
Instagram.com/zeezeeshahab

Innalillahi Wa innailaihi rojiun. 
Belum pernah dapat kesempatan untuk bisa bertemu langsung sama eyang, tetapi pak Prabu Revolusi alhamdulilah udah pernah beberapa kali bertemu bahkan wawancara. 

MasyaAllah banyak banget yang disampaikan dan memotivasi kita anak muda Indonesia, you’ll be missed eyang. Kita kirimkan alfatihah ya teman-teman, husnul khotimah InsyaAllah. 

Walau belum pernah bertemu langsung, Zee Zee Shahab ikut merasakan kesedihan Indonesia atas kepergiaan almarhum. Dari perjuangan dan kerja keras BJ Habibie selama ini, Zee Zee yakin kalau sosok beliau dapat memotivasi anak-anak muda Indonesia. 

16. Bella Shofie

16. Bella Shofie
Instagram.com/bellashofie_rigan

Innalillahiwainnailaihirojiun, Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya tokoh besar dan panutan seluruh masyarakat Indonesia bapak BJ Habibie.

Benar-benar sungguh sangat menginspirasi tentang semua perjalanan hidupnya, tentang usaha dan kegigihannya untuk kemajuan Indonesia. 

Terlebih lagi untuk urusan true love. Cinta sejati yang tak terpisahkan oleh maut sekalipun. Ya Allah pak terharu banget sedih, semoga tenang di sana, ditempatkan di tempat yang paling indah di sisi Allah Swt bersama cinta sejati bapak aamiin. 

Begitulah salah satu bentuk belasungkawa yang dituliskan oleh Bella Shofie. Menurutnya ada banyak pembelajaran yang bisa didapat dari BJ Habibie, termasuk cinta sejati. 

Dari almarhum, Bella pun belajar kalau cinta sejati itu tak akan terpisahkan oleh maut sekalipun. 

17. Jessica Iskandar

17. Jessica Iskandar
Instagram.com/inijedar

Selamat jalan Eyang BJ Habibie, semoga dimudahkan jalannya, diterima amal ibadahnya dan di tempatkan di tempat terbaik disisi Tuhan. Turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan.

Sebagai salah satu masyarakat Indonesia, Mama dari El Barack ini pun menuliskan doa dan harapan untuk almarhum agar mendapatkan sisi terbaik. 

18. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

18. Raffi Ahmad Nagita Slavina
Instagram.com/raffinagita1717

Selamat Jalan Bapak BJ Habibie.

INNALILLAHI WA INNAILLAHI ROJIUN

Melalui sebuah foto hitam putih yang diunggah ke Instagram terlihat Raffi Ahmad, Nagita Slavina serta Rafathar sedang berfoto dengan almarhum. Pasangan yang selalu menjadi sorotan publik ini pun mengucapkan rasa belasungkawanya. 

19. Ayudia Bing Slamet

19. Ayudia Bing Slamet
Instagram.com/ayudiac

Indonesia kehilangan paket komplit seseorang yang cerdas, berbakti pada negeri tetapi juga nggak lupa sayang istri.

"Doa Eyang, tidak apa Ibu Ainun meninggal dulu. Tidak terbayang sengsara Ainun jika terjadi sebaliknya. Biar Eyang saja yang patah hati."

Sekarang selamat bertemu kembali dengan kekasih hati, Pak Habibie. Semoga kita pun bisa melanjutkan apa yang menjadi keinginan Bapak supaya Indonesia bisa ‘on the right track’. 

Sampai jumpa lagi.

Dalam sebuah ilustrasi BJ Habibie yang sempat diunggah oleh Ayudia Bing Slamet. Mama dari Sekala ini mengatakan kalau Indonesia kehilangan sosok komplit karena tak hanya cerdas, namun begitu sayang terhadap istrinya.

Itulah beberapa ucapan belasungkawa dari para seleb Indonesia untuk Almarhum BJ Habibie. 

Selamat jalan untuk BJ Habibie, semoga sosokmu bisa menginspirasi dan teladan hidup banyak orang terutama para generasi muda di Indonesia. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;