Eksklusif: Berbeda Karakter dengan Suami, Mytha Lestari Punya 3 Kata Ajaib dalam Pernikahan

Mytha Lestari curhat kalau karakternya dengan suami bagai langit dan bumi

12 Mei 2021

Eksklusif Berbeda Karakter Suami, Mytha Lestari Pu 3 Kata Ajaib dalam Pernikahan
Instagram.com/barry.maheswara

Tak terasa pernikahan dari Mytha Lestari dan Barry Maheswara di tahun 2021 ini akan memasuki usia keempat. Pasangan yang telah resmi menikah pada 5 November 2017 lalu ini membangun keharmonisan rumah tangga dan jauh dari gosip. 

Mytha dan Barry pun terkadang mengunggah cerita terkait pernikahan mereka di Instagram masing-masing, bahkan tak jarang saling melempar pujian. 

Dalam sebuah unggahan Instagram pribadinya, Mytha sempat mengatakan bahwa fase hidupnya kini sudah sangat berbeda dari tahun-tahun yang lalu. Mama satu anak ini sudah di fase mencari harta sekaligus bahagia. 

"Banyak yang punya harta, tetapi nggak bahagia. Banyak yang bahagia, tetapi nggak punya harta. Dan gue sedang dalam fase cari harta dan bikin bahagia!" tulis Mytha dalam unggahan pribadinya. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif oleh Popmama.com perihal kehidupan rumah tangga, Mytha mengatakan bahwa pernikahannya bersama Barry benar-benar telah menyatukan dua karakter yang berbeda. 

"Kita berdua itu seperti langit dan bumi. Saya sangat perfeksionis, sementara itu Barry yang loose," ucap Mytha saat diwawancarai secara eksklusif pada Kamis (29/4/2021). 

Jika Mama ingin mengetahui cerita lain dari Mytha Lestari terkait kehidupan pernikahannya, kali ini Popmama.com telah melakukan sesi wawancara secara eksklusif untuk Millennial Mama of the Month Edisi Mei 2021.  

Simak rangkuman cerita dari Mytha Lestari terutama tentang menjaga keharmonisan bersama pasangan, walau memiliki perbedaan karakter.  

1. Mytha Lestari dan Barry mempunyai tugas untuk saling menyamakan persepsi

1. Mytha Lestari Barry mempunyai tugas saling menyamakan persepsi
Instagram.com/mytha_lestari

Mytha Lestari dan sang Suami sudah menjalani pernikahan lebih dari tiga tahun. Menjelang usia pernikahannya yang keempat, Mytha mengaku bahwa ia dan Barry menjalani semua hal yang ada di depan mereka dengan apa adanya. 

"Perubahan seiring pertambahan usia pernikahan, kita berdua lebih stres pastinya. Dalam artian usia pernikahan dari satu tahun menuju lima tahun itu katanya masa-masa terberat. Cuma saya dan suami semakin ke sini sudah mulai bisa paham satu sama lain," jelas Mytha. 

Meski kata orang usia pernikahan pertama hingga kelima termasuk masa-masa terberat, Mytha mengatakan bahwa hubungannya dengan suami pelan-pelan sudah sama-sama saling mengerti. 

"Untuk sementara satu, dua dan tiga tahun ini sebenarnya nggak ada masalah yang benar-benar fatal untuk kita berdua. Saya dan suami merasa menikmati setiap proses perjalanan pernikahan kita," lanjutnya. 

Mytha bercerita kalau tugasnya dengan sang Suami sejauh ini hanya perlu saling menyamakan persepsi. 

"Kita kadang berantemnya cuma gara-gara beda persepsi, jadi harus saling menyamakan. Saya yang perfeksionis dan Barry yang loose. Di satu sisi, si perfeksionis ini ingin diikuti standarnya karena saya udah cukup mengikuti standar dia sebagai pasangan," curhat Mytha.  

Mytha pun curhat kalau dirinya terkadang sudah berusaha menurunkan standar perfeksionis, namun sang Suami tidak ada perubahan sikap dan pada akhirnya memicu permasalahan di dalam rumah tangga mereka. 

"Hal-hal seperti ini yang terkadang menjadi bahan debat dan diskusi kita berdua sebagai pasangan," ungkapnya. 

Editors' Picks

2. Menurut Mytha Lestari, suaminya bukanlah sosok manusia terbaik

2. Menurut Mytha Lestari, suami bukanlah sosok manusia terbaik
Instagram.com/barry.maheswara

Sebagai seorang istri yang sudah beberapa tahun membina sebuah rumah tangga, Mytha Lestari pun semakin mengenal sosok suaminya. Kepada Popmama.com, Mytha mengatakan bahwa Barry termasuk suami yang datar dan tetap bisa romantis. 

"Jadi butuh orang dengan iman yang tinggi untuk mengetahui sisi romantisnya dia. Dikarenakan iman saya belum terlalu tinggi, jadi masih kurang paham terkadang," canda Mytha. 

Meskipun begitu, Mytha sempat menuliskan sebuah unggahan di Instagram terkait sosok Barry. Menurutnya, Barry bukanlah manusia terbaik, tetapi dialah yang bisa menerima Mytha paling baik di antara orang lain. 

"Barry itu sebenarnya tidak tahu cara bagaimana menunjukkan perasaan dan isi hatinya sendiri secara langsung, tetapi dia mampu mengungkapkan segala sesuatu di hatinya lewat sebuah tulisan manis," jelas Mytha. 

Mytha pun terkadang sering sekali kaget ketika sang Suami mengunggah foto dirinya atau momen mereka berdua di Instagram, apalagi sambil menuliskan kata-kata manis sebagai caption

"Kadang kaget aja ketika dia tiba-tiba posting fotoku. Terus ketika melihat bagian caption, kok dia so sweet ya," ucapnya.

3. Mytha Lestari mengaku termasuk tipe yang perfeksionis sebagai pasangan 

3. Mytha Lestari mengaku termasuk tipe perfeksionis sebagai pasangan 
Instagram.com/mytha_lestari

Berbeda dengan karakter sang Suami, Mytha Lestari mengakui dirinya sebagai tipe pasangan yang bisa dikategorikan tidak membosankan. Dalam artian cukup dinamis karena berubah-ubah. 

"Saya pribadi sebagai istri itu bisa dibilang cukup dinamis, bahkan terkadang seperti roller coaster. Bisa romantis banget, bisa diam banget tanpa mengucapkan satu kata, kadang-kadang juga annoying, bahkan bisa menyebalkan sekali karena sering ngomel-ngomel. Bisa dibilang, saya itu pasangan yang tidak membosankan," jelas Mytha. 

Dikarenakan mood swing yang bisa mengubah karakternya sewaktu-waktu, Mytha terkadang mempunyai karakter berbeda-beda di setiap situasi. 

Kepada Popmama.com, mama satu anak ini juga mengakui bahwa dirinya termasuk seorang istri yang perfeksionis. 

"Saya sangat perfeksionis, sementara Barry amat sangat loose banget. Jadi, kita berdua itu seperti langit dan bumi. Kalau digambarkan dalam sebuah kertas, saya itu penuh dengan aturan dan poin-poin. Sementara itu, Barry seperti kertas putih yang polos aja," papar Mytha. 

Meskipun mempunyai perbedaan karakter yang cukup jauh, namun Mytha dan Barry sebagai suami istri berusaha untuk menyamakan persepsi satu sama lain. 

4. Mytha Lestari dan Barry punya kata-kata ajaib untuk menjaga hati satu sama lain

4. Mytha Lestari Barry pu kata-kata ajaib menjaga hati satu sama lain
Instagram.com/mytha_lestari

Dalam kehidupan rumah tangga, pasangan suami istri akan terus tumbuh dengan hadirnya masalah dari tahun ke tahun. Masalah yang hadir pun dapat membuat suami istri terus berkembang dan semakin dewasa dalam mencari sebuah solusi. 

Menurut Mytha Lestari, hadirnya masalah dalam sebuah pernikahan membuat satu sama lain belajar untuk mengenal pasangannya. 

Ketika ditanya perihal cara menjaga hati pasangan ketika sudah membangun bahtera rumah tangga, Mytha menyamakan konsepnya seperti lagu anak-anak. Mytha mengatakan bahwa ada tiga kata-kata ajaib yang diterapkannya bersama Barry sebagai pasangan suami istri.  

"I love you", "Thank you" dan "I am sorry" menjadi sebuah kata-kata ajaib bagi Mytha serta Barry di kehidupan pernikahan mereka. 

"Sebenarnya menjaga hati pasangan itu cukup menerapkan apa yang diajarkan guru-guru TK ke murid mereka. Tiga kata-kata ajaib tadi bisa sangat membantu di dalam kondisi-kondisi tertentu, apalagi jika memang sedang dibutuhkan," ucap Mytha. 

Cara dari Mytha dan Barry dengan kata-kata ajaib ini bisa ditiru nih, Ma. 

Kepada pembaca Popmama.com, Mytha pun mengingatkan betapa pentingnya mengucapkan kata-kata ajaib mulai dari "I love you", "Thank you" dan "I am sorry" kepada pasangan. 

"Ketiga kata-kata ajaib itu sederhana dan mudah dilakukan, tetapi sering terlupakan. Terkadang kita bisa mengajarkan kata-kata itu ke anak, tetapi ke pasangan jarang atau sering dilupakan. Jadi menurutku, jangan pernah lupa three magical words itu," tutup Mytha. 

Nah, itulah beberapa pembelajaran yang bisa didapatkan dari sosok Mytha Lestari ketika sedang berbicara soal pernikahan. 

Semoga pengalaman dari Mama Mytha ini bisa menjadi inspirasi tersendiri ya, Ma!

#MillennialMama of the Month Edisi Mei 2021 – Myha Lestari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Video Editor - Bima Bintoro

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month

Mytha Lestari
Millennial Mama

Mytha Lestari

"Menjaga diri sendiri adalah bukti cinta keluarga"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.