Eksklusif: Berikan Pesan Cinta, Ririn Ekawati dan Jasmine Saling Mengagumi Satu Sama Lain

Ririn Ekawati bisa menjadi orangtua sekaligus teman untuk anak nih, Ma!

30 Juni 2020

Eksklusif Berikan Pesan Cinta, Ririn Ekawati Jasmine Saling Mengagumi Satu Sama Lain
Popmama.com/Michael Andrew

Ririn Ekawati termasuk sosok Millennial Mama yang memiliki pengasuhan, pola komunikasi dan bahasa cinta sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya. 

Walau berperan sebagai orangtua yang multi-peran, namun Ririn terus konsisten memberikan cinta dan kasih sayang untuk kedua anaknya yakni Putty Jasmine Salsabila Abeng (16) dan Abigail Cattleya Putri (3). 

Melihat Jasmine tumbuh menjadi sosok remaja perempuan, pelantun lagu Memeluk Pelangi ini sangat kagum atas pertumbuhan putrinya. 

"Melihat pertumbuhan Jasmine, saya bersyukur kalau dia bisa tumbuh menjadi anak yang mandiri dan pengertian. Apalagi dengan sesuatu yang pernah terjadi, Jasmine tipe anak yang cukup mengerti dengan kondisi saya," kata Ririn Ekawati ketika diwawancarai oleh Popmama.com

Ririn percaya bahwa komunikasi secara intens antara orangtua dan anak akan menghasilkan sesuatu hubungan yang hangat. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita terkait hubungan yang begitu erat antara Ririn Ekawati dan Jasmine, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak hasil wawancara eksklusif bersama keduanya disela-sela virtual photoshoot sebagai Millennial Family of the Month Juni 2020 yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Ririn Ekawati memberikan kebebasan kepada Jasmine untuk menentukan pilihan

1. Ririn Ekawati memberikan kebebasan kepada Jasmine menentukan pilihan
Popmama.com/Michael Andrew

Setiap orangtua memiliki pola asuh masing-masing di dalam keluarga mereka. Pola asuh inilah yang nantinya akan pelan-pelan membentuk karakter anak.  

Bersama anak sulungnya, Ririn Ekawati termasuk orang yang memberikan kebebasan asal tetap masih bertanggung jawab. Dengan begitu putrinya memiliki rasa tanggung jawab atas setipa pilihan atau tindakan yang dilakukannya. 

"Saya tipe Mama yang cukup santai, jadi tidak terlalu mengatur kehidupan Jasmine seperti yang orangtuanya inginkan. Saya membebaskan pilihannya, asalkan harus tetap bisa bertanggung jawab," ucap Ririn.  

Dengan membebaskan pilihan yang disenangi oleh Jasmine, Ririn sebagai orangtua hanya ingin putrinya menjalani segala sesuatu dari hati tanpa ada paksaan. 

2. Ririn Ekawati bisa menjadi orangtua sekaligus teman untuk anak

2. Ririn Ekawati bisa menjadi orangtua sekaligus teman anak
Popmama.com/Michael Andrew

Ketika diwawancarai oleh Popmama.com, Jasmine mengatakan bahwa sosok Ririn tidak hanya dianggap sebagai orangtua. Namun, sudah seperti teman sendiri karena sering menjadi tempat curhat. 

Ketika memposisikan sang Mama sebagai tempat curhat, Jasmine seringkali meminta berbagai saran dan solusi terbaik saat memiliki masalah. 

Ririn merasa menjadi orangtua sekaligus teman bagi anak-anak memberikan banyak keuntungan apalagi hubungan menjadi lebih dekat. Ririn merasakan dampak positif tersebut karena ketika Jasmine punya masalah, dirinya menjadi lebih peka. 

"Ketika bisa memiliki hubungan layaknya seorang teman, anak pada akhirnya bisa menjadi diri sendiri tanpa ada tembok antara kita berdua. Bahkan hubungan seperti ini membantu masing-masing dari kita bisa membicarakan berbagai hal menjadi lebih seru," ucap Ririn. 

3. Jasmine punya pesan cinta untuk sang Mama

3. Jasmine pu pesan cinta sang Mama
Popmama.com/Michael Andrew

Ririn Ekawati termasuk sosok Mama yang bisa menjadi panutan orangtua lain, apalagi ada banyak motivasi dari dirinya.

Sebagai sosok orangtua yang kuat, Jasmine juga belajar banyak hal dari sang Mama. 

"Kalau akademik, Mama selalu mengingatkan untuk bisa belajar mengetahui kemampuan diri sendiri dan mulai dari merencanakan masa depan," kata Jasmine. 

Jasmine merasa bangga memiliki orangtua seperti Ririn Ekawati karena ada banyak pembelajaran hidup yang didapat, bahkan tanpa disadari karakternya yang sekarang bisa tumbuh karena peran dari sang Mama.  

"Mama termasuk orang yang bijak dalam mengambil keputusan sebelum bertindak. Itu memberikan pelajaran kepada saya untuk bisa memikirkan orang lain, bukan hanya diri saya diri. Selain itu, Mama orang yang selalu memberi bantuan ke orang lain tanpa pandang bulu," ucap Jasmine. 

Walau termasuk tipe orangtua yang membebaskan dan santai, namun Jasmine mengatakan bahwa sang Mama sangat tegas. Jika ada kesalahan yang dibuat olehnya pasti akan ada nasihat yang diberikan oleh Ririn. 

"Saya pribadi belajar kalau dimarahi sama Mama itu berarti memang ada salahnya. Jadi tipe yang nurut, tanpa membantah," kata Jasmine. 

Di akhir interview bersama Popmama, Jasmine memberikan pesan untuk sang Mama agar bisa selalu mendukung segala pilihannya nanti. 

"Saya berharap semoga Mama bisa selalu support dan mempertimbangkan segala hal yang aku pilih ke depannya," tutup Jasmine di akhir interview.  

Itulah beberapa cerita keseruan antara Ririn Ekawati dan Putty Jasmine Salsabila Abeng sebagai sebuah keluarga yang begitu harmonis. 

Semoga dari hubungan yang terjalin di antara Mama dan anak ini mampu memberikan inspirasi tersendiri untuk keluarga lain ya, Ma.

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2020 – Ririn Ekawati

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Astika Alivia
Photographer - Michael Andrew

#MillennialMama of the Month

Ririn Ekawati
Millennial Mama

Ririn Ekawati

"Setiap Mama punya cerita perjuangannya masing-masing"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.