Eksklusif: Zivanna Letisha Ungkap Suka Duka Jalani Long Distance Marriage saat Hamil

Intip kunci sukses LDM agar tetap harmonis yuk, Ma

15 Juli 2020

Eksklusif Zivanna Letisha Ungkap Suka Duka Jalani Long Distance Marriage saat Hamil
Popmama.com/Bagus R Setiadji

Long Distance Marriage (LDM) menjadi salah satu istilah untuk suami istri yang sedang menjalani hubungan pernikahan jarak jauh.

Memutuskan untuk menjalani LDM yang jauh dari pasangan tentu tidaklah mudah karena membutuhkan perjuangan tersendiri. 

Menjalani hubungan jarak jauh menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk setiap pasangan, salah satunya Zivanna Letisha Siregar. 

Semenjak menikah sejak 21 Februari 2016, Zivanna dan Haries Argareza Harahap harus menjalani LDM.

Keputusan ini harus dijalani oleh mereka berdua karena pemenang Puteri Indonesia 2008 ini harus tinggal di Jakarta, sedangkan Arga harus bertugas di Google Tokyo, Jepang. 

"Kita kebetulan tinggal di beda negara karena suami harus bertugas di Tokyo, lalu saya harus masih kerja di Jakarta. Jadi LDM ini menjadi keputusan terbaik untuk kita berdua. Diawal menjalani LDM, kita berdua masih baik-baik karena saya pikir kita belum punya anak. Saya pun berusaha mengunjungi dia setiap tiga bulan sekali," kata Zivanna. 

Perbedaan jarak, ruang dan waktu seolah harus dihadapi oleh pasangan ini sampai akhirnya Zivanna hamil anak pertama. 

Jika Mama ingin mengetahui pembahasan menarik terkait kunci sukses Zivanna Letisha saat menjalani LDM sewaktu hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak hasil wawancara eksklusif bersama Zivanna Letisha disela-sela virtual photoshoot sebagai Millennial Family of the Month Juli 2020 yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Menjalani LDM saat hamil, Zivanna merasa cukup sensitif akibat peningkatan hormon

1. Menjalani LDM saat hamil, Zivanna merasa cukup sensitif akibat peningkatan hormon
Popmama.com/Bagus R Setiadji

Saat diwawancarai oleh Popmama.com, Zivanna mengatakan bahwa ada perbedaan ketika menjalani LDM sebelum dan sesudah hamil anak pertama. 

"Waktu sudah mulai hamil cukup berasa ketika harus menjalani hubungan jarak jauh beda negara. Saya merasa hamil sendirian ternyata berat juga," kenang Zivanna.

Hamil tanpa didampingi oleh suami menjadi tantangan tersendiri karena tidak mudah ketika dijalani. 

Ketika menjalani masa kehamilan, ibu hamil akan merasakan banyak perubahan seperti perubahan hormon, perasaan hingga bentuk tubuh. Zivanna pun sempat bercerita kalau dirinya menjadi lebih mudah marah dan sensitif, bahkan ketika sedang menghadapi hal-hal kecil. 

"Saat hamil, baru berasa kalau hamil jauh dari suami. Mungkin juga karena pengaruh hormonal juga, jadinya lebih gampang marah dan merasa sensitif. Ketika suami nggak telepon, langsung mikir yang macam-macam dan bete. Bahkan hal kecil bisa jadi terkesan besar, ibaratnya senggol bacok kali ya hahaha," jelas Zivanna.

2. Kalau boleh memilih, Zivanna tak ingin fase LDM saat hamil terulang kembali

2. Kalau boleh memilih, Zivanna tak ingin fase LDM saat hamil terulang kembali
Popmama.com/Bagus R Setiadji

Perjalanan LDM yang dijalani oleh Zivanna dan sang Suami memiliki cerita suka duka tersendiri. Masa-masa kehamilan anak pertama pun harus dilewati oleh Zivanna dengan bantuan teknologi. 

Ketika ditanya soal perasaan selama menjalani proses LDM selama hamil, Zivanna mengaku tidak ingin lagi fase tersebut terulang kembali. 

"Kalau saya bisa memilih dan mengulang waktu, rasanya saya tidak mau lagi menjalani LDM ketika hamil. Itu perjuangan dan cukup melelahkan sekali," kata Zivanna.

Walau begitu, perjuangan LDM Zivanna saat hamil berakhir karena sang Suami turut menemani proses persalinan anak pertamanya. 

"Saat mau melahirkan, saya bersyukur karena suami sudah pulang ke Indonesia. Jadi dua minggu sebelum melahirkan, saya sudah cuti kerja dan suami juga sudah bisa menemaniku secara langsung," jelas Zivanna.

Tepat di tanggal 16 November 2017, Zivanna dan Arga pun dikaruniai bayi laki-laki bernama Ryoji Ibrahim Harahap yang berhasil mengisi keseruan di keluarga kecil mereka. 

3. Saling percaya dan intens berkomunikasi bisa menjadi kunci dalam menjalani LDM

3. Saling percaya intens berkomunikasi bisa menjadi kunci dalam menjalani LDM
Popmama.com/Bagus R Setiadji

Bagi Zivanna Letisha, salah satu resep ampuh yang bisa bertahan dan tetap awet selama menjalani hubungan LDR yaitu perlu membangun komunikasi secara intens. 

Bahkan komunikasi yang baik dapat mempermudah setiap orang untuk menyampaikan perasaan sayang mereka atau sekadar memberi kabar tentang apapun ke pasangan.  

"Sewaktu LDM, saya tipe orang yang suka laporan ke suami. Contoh kecil ketika kontrol ke dokter untuk konsultasi dan USG, biasanya dia akan ikut hadir secara virtual. Jadi semuanya dilakukan sambil melakukan video call, bahkan ketika pengajian empat bulan tetap ikut walau lewat virtual," ucap Zivanna. 

Zivanna dan Arga beruntung karena kehadiran teknologi seperti video call bisa membantu komunikasi mereka menjadi semakin intens. 

Ketika ditanya soal kepercayaan saat menjalani LDM, Zivanna mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting untuk kedua belah pihak. 

"Kepercayaan menjadi salah satu yang bisa dipegang oleh masing-masing pasangan. Demi semua proses berjalan lancar perlu sekali positive thinking dan komunikasi terus secara intens. Bahkan kita berdua cukup sering menonton film berdua, walau pada kenyataannya nonton di tempat masing-masing," tutup Zivanna. 

Menurut Zivanna intinya apapun yang bisa dikomunikasikan dengan baik tentu akan semakin melancarkan semua proses selama menjalani LDM.

Nah, itulah cerita menarik dari Zivanna Letisha terkait kunci harmonis saat menjalani LDM sewaktu masa-masa kehamilan anak pertamanya.

Semoga dari pengalaman serta pesan positif yang diceritakan oleh Zivanna Letisha bisa memberikan inspirasi tersendiri ya, Ma. 

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Juli 2020 – Zivanna Letisha

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Shalsabilla Nursyah
Photographer - Bagus Aji

#MillennialMama of the Month

Zivanna Letisha
Millennial Mama

Zivanna Letisha

"Terapkan disiplin sejak dini akan mempermudah masa depan anak"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.