15 Ilustrasi yang Bedakan Nafsu dan Cinta Sejati, Pernah Mengalaminya?

Beda banget antara cinta dan nafsu nih, Ma!

17 Oktober 2019

15 Ilustrasi Bedakan Nafsu Cinta Sejati, Pernah Mengalaminya
brightside.me

Nafsu dan cinta sejati memang cukup tipis bedanya. Setuju nggak, Ma? 

Padahal baik nafsu dan cinta sejati itu bisa dibedakan secara jelas selama membangun hubungan rumah tangga bersama pasangan. Sebenarnya ada beberapa yang telah berhasil membedakan dua hal ini, namun ada juga yang masih samar-samar dan kebingungan. 

Untuk Mama yang masih bingung cara membedakan antara nafsu dan cinta sejati, kali ini Popmama.com telah melansir dari Brightside mengenai beberapa ilustrasi yang dibuat oleh Natalia Kulakova. 

Kalau sudah sangat penasaran, simak ilustrasi ya!

1. Cinta itu tidak segan untuk membantu, bukan hanya selalu ingin dilayani 

1. Cinta itu tidak segan membantu, bukan ha selalu ingin dilayani 
brightside.me

Rasa cinta suami istri akan terasa begitu kental, hangat dan tulus ketika pasangan tidak segan dalam membantu dalam keadaan apa saja. Pasangan yang mengenal kata cinta biasanya akan menawarkan bantuan saat orang yang dicintainya sedang kesusahan. 

Perlu diingat bahwa cinta itu bukan hanya selalu ingin dilayani, namun juga bisa inisiatif membantu pasangannya tanpa perlu diminta. 

2. Kebaikan pasangan yang sering diperlihatkan lewat media sosial? Itu nafsu namanya!

2. Kebaikan pasangan sering diperlihatkan lewat media sosial Itu nafsu namanya
brightside.me

Adanya media sosial di era sekarang membuat seseorang lebih mudah dalam membagikan berbagai kebahagiaan melalui akun pribadinya mulai dari foto selfie, jalan-jalan, kulineran atau berbagai kebaikan dari pasangan. 

Pasangan yang bahagia itu seharusnya tidak membutuhkan komentar orang lain atas setiap foto yang terunggah di media sosial. Perlu diingat kalau hubungan pasangan yang saling cinta sebisa mungkin tidak terpengaruh oleh reaksi orang lain terhadapnya.

3. Tidak hanya terbiasa mengkritik, tetapi cinta sejati seharusnya bisa turun tangan memperbaiki 

3. Tidak ha terbiasa mengkritik, tetapi cinta sejati seharus bisa turun tangan memperbaiki 
brightside.me

Hubungan suami istri tentu tidak akan selalu berjalan mulus sesuai keinginan. Bahkan salah satu sikap pasangan yang terbiasa mengkritik bisa membuat hubungan keduanya menjadi buruk atau bahkan tidak sehat. 

Padahal seharusnya cinta sejati akan berusaha meminimalisir segala kritik yang diberikan ke pasangan. Jika ada kritik pun perlu disampaikan dengan cara yang berbeda atau justru perlahan-lahan turun tangan demi memperbaiki segala sesuatunya. 

4. Selalu ada cara bagi cinta untuk bisa saling menenangkan, meski keadaan sedang tak mendukung

4. Selalu ada cara bagi cinta bisa saling menenangkan, meski keadaan sedang tak mendukung
brightside.me

Saat punya masalah, terkadang seseorang mencari pelarian ke orang yang tepat di luar sana untuk sekedar berkeluh kesah. Padahal ada pasangan sebagai orang terdekat ketika ingin diajak untuk berdiskusi.

Daripada curhat di dunia maya atau mungkin dengan orang yang tidak tepat, ada baiknya berceritalah dengan pasangan. Bersama pasangan yang begitu mencintai, setidaknya mampu membantu untuk menenangkan situasi dan perasaan walau keadaannya seolah tidak mendukung. 

Baca juga: Ini dia 5 Keuntungan Curhat Bersama Pasangan

5. Nafsu akan memujimu ketika Mama sedang memberikan penampilan terbaik, bukan justru saat tampil apa adanya

5. Nafsu akan memujimu ketika Mama sedang memberikan penampilan terbaik, bukan justru saat tampil apa adanya
brightside.me

Ketika seseorang memiliki cinta yang tulus, maka pasangan perlu menerima dari berbagai sisi mulai dari baik atau buruk.

Bahkan kalau lebih besar cinta daripada nafsu, pasangan pun akan terbiasa memuji Mama diberbagai kesempatan baik saat sedang tampil terbaik atau justru apa adanya.

Setuju nggak nih, Ma?  

6. Cinta selalu berpikir bahwa apapun akan lebih baik jika dilakukan berdua

6. Cinta selalu berpikir bahwa apapun akan lebih baik jika dilakukan berdua
brightside.me

Kalau sudah menikah, maka segala sesuatunya akan dilakukan berdua. Setuju nggak nih, Ma?

Tidak hanya mengurus kebutuhan rumah tangga bersama saja, namun kalau ada masalah juga sebaiknya memang menyelesaikannya secara bersama-sama. Usahakan tidak menyimpan permasalahan sendiri dengan berusaha menutup diri seolah enggan bercerita. 

Jika ada masalah sekecil apapun, sebaiknya memang diselesaikan bersama dengan pasangan. Selain mengurangi pemicu stres, saat berbagi setidaknya pasangan akan memberikan solusi terbaik. 

Baca juga:

7. Selalu bercerita tentang dirimu sendiri tanda bahwa itu nafsu, itu sama sekali bukan cinta

7. Selalu bercerita tentang dirimu sendiri tanda bahwa itu nafsu, itu sama sekali bukan cinta
brightside.me

Dalam menjalani pernikahan itu istri dan suami memiliki porsinya masing-masing, sehingga tidak ada yang saling mendominasi. Jika ada yang selalu bercerita mengenai dirinya sendiri tanpa memikirkan perasaan orang lain, maka itu nafsu karena selalu ingin dipandang atau dimengerti.

Padahal masing-masing perlu ada bagian ketika sudah menjadi satu dalam ikatan pernikahan. Usahakan ini tidak sampai membuat rasa cinta berkurang dan memicu kekacauan di rumah tangga. 

Editors' Picks

8. Tak cukup hanya dengan kata-kata, cinta seharusnya bisa langsung membuktikan dengan tindakan nyata

8. Tak cukup ha kata-kata, cinta seharus bisa langsung membuktikan tindakan nyata
brightside.me

Walau termasuk ke dalam bahasa cinta, namun cinta itu bukan hanya sekedar kata-kata indah saja. Kata-kata buaian tanpa tindakan nyata juga sama sekali tidak ada artinya. 

Kalau cinta, seharusnya perlu membuktikan semua dengan tindakan nyata. Jangan sampai mengumbar janji melalui kata-kata saja ya. 

9. Hubungan yang disertai dengan cinta mampu memberikan kesempatan pada keduanya untuk berpendapat

9. Hubungan disertai cinta mampu memberikan kesempatan kedua berpendapat
brightside.me

Perbedaan pendapat tentu akan menjadi salah satu pemicu masalah yang sering dialami di dalam rumah tangga. Padahal hubungan yang ada cinta di dalamnya mampu menjadi obat bila keduanya sedang berbeda pendapat. 

Jika sedang mengalami masalah ini, maka ada baiknya memberikan masing-masing kesempatan dalam mengutarakan pendapat. Jika pendapat masing-masing sudah diutarakan, maka perlu dicari jalan keluar sebagai solusi untuk menyamakan pendapat. 

Ingat juga kalau mendengarkan pasangan itu sangat penting apalagi ketika dirinya memiliki pendapat yang berbeda. 

10. Tak ada kata mengganggu dalam hubungan yang tidak hanya berdasar pada nafsu 

10. Tak ada kata mengganggu dalam hubungan tidak ha berdasar nafsu 
brightside.me

Komunikasi penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas di dalam hubungan apalagi jika didasari dengan cinta. Namun, tak jarang ada situasi yang seorang merasa ragu untuk berkomunikasi dengan pasangannya. 

Padahal segala sesuatu yang ditunda atau tidak dikomunikasikan secara baik hanya akan menimbulkan masalah. Untuk mengatasi hal ini, usahakan tidak perlu ragu lagi saat ingin berkomunikasi dengan pasangan apalagi untuk sekadar curhat. 

11. Tak terlalu banyak drama dan kecurigaan, begitulah cinta yang sebenarnya

11. Tak terlalu banyak drama kecurigaan, begitulah cinta sebenarnya
brightside.me

Sering curiga dengan pasangan hanya akan membuat hubungan suami istri menjadi banyak drama. Rasa khawatir dan pikiran negatif seharusnya perlu dihindari untuk meminimalisir dampak buruk yang tak diinginkan. 

Meski dianggap sebagai bumbu-bumbu di dalam rumah tangga, bukan berarti rasa curiga atau cemburu kepada pasangan bisa terus terjadi. 

Kecurigaan yang berlebihan terhadap pasangan hanya akan memicu gangguan psikologis nih, Ma. 

Baca juga:

12. Jarak bukan sebuah halangan apalagi pasangan yang penuh cinta, beda dengan yang hanya nafsu saja

12. Jarak bukan sebuah halangan apalagi pasangan penuh cinta, beda ha nafsu saja
brightside.me

Setiap pasangan suami istri tentu menjadi masalah yang berbeda-beda termasuk masalah jarak yakni LDR. Menjalani hubungan jarak jauh tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk setiap pasangan. 

Meskipun begitu, pasangan yang penuh cinta tidak akan menganggap ini sebagai sebuah halangan. Bagi mereka, hubungan jarak jauh bisa dilandasi dengan sikap saling percaya hingga mampu membina komunikasi.

13. Bukan kemesraan yang cinta tunjukkan di depan umum, tetapi sebuah kebanggaan

13. Bukan kemesraan cinta tunjukkan depan umum, tetapi sebuah kebanggaan
brightside.me

Kemesraan itu hanya untuk kamu dan pasangan, tanpa perlu dipublikasikan ke publik apalagi kalau hanya ingin membuat orang lain cemburu atau iri saja. Kualitas hubungan bersama pasangan sebagai suami istri perlu dijaga kemesraannya tanpa memamerkan itu ke orang lain karena bisa saja justru akan memancing orang ketiga. 

Hubungan ini cukup menjadi kebanggaan saat bersama pasangan saja ya, Ma.

14. Cinta tidak meminta, dia akan tahu apa yang kamu inginkan dengan sendirinya 

14. Cinta tidak meminta, dia akan tahu apa kamu inginkan sendirinya 
brightside.me

Kepekaan menjadi salah satu yang diinginkan oleh seseorang terhadap pasangannya. 

Terlalu banyak meminta dan terkesan memaksa tentu akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman. Harus diingat bahwa seharusnya cinta tidak perlu banyak menuntut karena pasangan akan peka dengan sendirinya. 

15. Cinta tak pernah lekang oleh waktu, bahkan ketika usia sudah menua

15. Cinta tak pernah lekang oleh waktu, bahkan ketika usia sudah menua
brightside.me

Cinta sejati tentu hal yang paling indah dan diinginkan oleh banyak pasangan. Tak pernah lengkang oleh waktu hingga usia sudah menua alias kakek nenek seharusnya masih bisa mempertahankan kualitas hubungan dengan pasangan. 

Itulah beberapa ilustrasi yang membedakan cinta serta nafsu. Jadi Mama dan pasangan sudah sama-sama jatuh cinta atau masih dikatakan nafsu saja nih?

Baca juga: 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul: "15 Ilustrasi Ini Jelaskan Bedanya Nafsu vs. Cinta Sejati"

Penulis: Fera Nur Aini

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!