5 Kata Bijak Andien Aisyah yang Bisa Mengajarkan Makna Kehidupan

Sebagai manusia, Andien Aisyah terus belajar dan berproses dalam menjalani fase kehidupannya

25 Agustus 2020

5 Kata Bijak Andien Aisyah Bisa Mengajarkan Makna Kehidupan
Instagram.com/andienaisyah

Andien Aisyah dikenal sebagai sosok Mama yang tangguh dan selalu memberikan energi positif. Mama dari Anaku Askara Biru dan Anaku Tarisma Jingga ini juga memiliki cara tersendiri untuk menjadi seorang manusia yang pandai bersyukur. 

"Alhamdulillah. Terima kasih ya Allah, saya masih diberi kesempaan menghirup semesta-Mu di usia 35 tahun ini," tulis Andien dalam unggahannya. 

Tepat pada tanggal 25 Agustus 2020, usia Andien bertambah dan sekarang telah menginjak 35 tahun. Selama hidup, mama dua anak ini telah banyak merasakan berbagai pengalaman. 

Tak jarang pengalamannya pun dibagikan melalui unggahan di media sosial, sehingga menjadi pembelajaran tersendiri untuk orang lain. 

Terkait dengan kata-kata motivasi, berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai beberapa pesan positif dari Andien berdasarkan kutipan hasil wawancara eksklusif saat pemotretan Millennial Mama of the Month edisi Desember 2019.

Kata bijak dari Andien ini dapat dijadikan pembelajaran hidup untuk diri sendiri nih, Ma!

1. Tidak ada salahnya untuk menerima perasaan negatif yang muncul

1. Tidak ada salah menerima perasaan negatif muncul
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Sedih, kecewa, marah bukan hanya wajar, tetapi justru sangat penting. Rasa-rasa yang dianggap 'negatif' tersebut sangat baik dalam membantu mengenal diri kita sendiri dan kemudian bisa berdamai.

Sebagai seorang manusia, Andien tidak selalu merasa bahagia karena pasti akan menemukan titik terendah di fase kehidupannya. Layaknya orang lain yang tumbuh dan berproses, mama dua anak ini masih mengalami perasaaan yang bisa dikategorikan 'negatif'.

Menurut Andien perasaan sedih, kecewa, marah atau perasaan negatif lainnya memang harus diterima dengan baik tanpa perlu disangkal. 

"Kalau tiba-tiba seorang Mama merasakan perasaan negatif, saya menyarankan untuk jangan diabaikan. Ada baiknya untuk justru merasakannya dan coba observasi kira-kira mengapa bisa memiliki perasaan tersebut," jelas Andien. 

Editors' Picks

2. Setiap hari seperti bersekolah ketika sudah berperan sebagai orangtua 

2. Setiap hari seperti bersekolah ketika sudah berperan sebagai orangtua 
Instagram.com/andienaisyah

Menjadi orangtua itu seperti sekolah setiap hari. Semakin mengenal anakku, semakin pula saya mengenal diri sendiri, sehingga bisa memahami kehidupan. 

Menjalani peran sebagai seorang orangtua untuk dua jagoan kecilnya membuat Andien banyak belajar banyak hal. Menurutnya, menjadi orangtua itu seperti sekolah karena dijalani dari hari ke hari.

"Saya merasa masih perlu banyak belajar. Semuanya berjalan paralel dan saling terkonstelasi. Tidak ada hari tanpa belajar bahkan mengobservasi dan merefleksi," ungkap Andien. 

Rasa lelah Andien justru terbayarkan dengan melihat anaknya tumbuh menjadi sosok yang sehat serta bahagia.

Intinya menjadi orangtua itu membuat seseorang berproses dan belajar tanpa batas nih, Ma. 

3. Menjadi istri dan orangtua membantu Andien lebih mengenal diri sendiri

3. Menjadi istri orangtua membantu Andien lebih mengenal diri sendiri
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Perjalananku menjadi seorang istri dan Mama mampu mengubah kehidupan saya. Saya merasa kedua perjalanan ini banyak membuat berefleksi dan mengenal diri sendiri.

Andien mengaku momen yang membuat kehidupannya terasa berubah yakni ketika sudah berperan sebagai istri dan orangtua. Bagi Andien, momen ini mampu membuatnya lebih mengenal diri sendiri.  

"Jika sudah bisa mengenal diri sendiri, ini akan membantu saya dalam bagaimana cara berpikir dan bersikap," kata Andien.  

Walau peran tersebut tidaklah mudah untuk dijalani, namun Andien terus berproses dan belajar setiap hari. Berbagai momen yang hadir dijadikan sebagai pengalaman hidup penuh pembelajaran.

4. Mencintai setiap proses membantu untuk terus tumbuh dan belajar menjadi pribadi yang baik

4. Mencintai setiap proses membantu terus tumbuh belajar menjadi pribadi baik
Instagram.com/andienaisyah

Mencintai setiap lebih dan kurangnya. Mencintai positif dan negatifnya. Mencintai setiap rasa. Mencintai setiap berhasil dan gagal. Mencintai setiap proses membantu kita untuk menjadi seorang manusia. 

Setiap orang tentu memiliki masalah masing-masing dan selalu ada jalan keluar untuk menyelesaikan semuanya, begitu juga dengan Andien.

Andien selalu percaya ketika sudah berdamai dengan semua keadaan, maka akan membantunya mengatasi setiap masalah yang sedang dihadapinya. Setiap fase yang muncul membantunya berproses ke arah lebih baik sebagai seorang manusia. 

Walau tidak selalu mudah untuk melaluinya, namun mencintai setiap proses dan mencari solusi menjadi langkah yang tepat.  

5. Memandang hidup melalui kacamata yang positif 

5. Memandang hidup melalui kacamata positif 
Instagram.com/andienaisyah

Hidup ini tarik menarik. Kalau kita sudah berhasil 'upgrade' hidup dengan memandang semuanya dengan kacamata yang lebih positif, maka lingkungan pun akan mengikuti. 

Ma, dalam hidup pasti akan selalu diwarnai dengan penilaian dari orang lain di sekitar. Andien pun sempat menyinggung terkait "you have to indentify and know your source of happiness" ketika diwawancarai oleh tim Popmama.com. 

Dari kata-kata di atas, kita bisa belajar untuk penting sekali pintar dalam memilih lingkungan pertemanan yang baik serta saling mendukung satu sama lain. Tujuannya agar merasakan rasa nyaman dalam menjalani hidup. 

Hanya saja perlu diingat bahwa untuk menciptakan rasa bahagia dan ketenangan dibutuhkan untuk memandang hidup melalui kacamata yang positif. Dengan begitu, lingkungan sekitar pelan-pelan akan mengikutinya. 

Itulah beberapa kata-kata bijak dari Andien Aisyah. Di antara kalimat positif di atas, menurut Mama mana yang ingin segera diterapkan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.