Raih Gelar S3, Oki Setiana Dewi Ucapkan Terima Kasih ke Anak

Oki Setiana Dewi ungkap cerita perjuangan meraih gelar S3 bersama anak-anak

28 Februari 2021

Raih Gelar S3, Oki Setiana Dewi Ucapkan Terima Kasih ke Anak
Instagram.com/okisetianadewi

Kabar bahagia sedang dirasakan oleh Oki Setiana Dewi sekeluarga. Pasalnya Oki baru saja wisuda secara online, usai menempuh pendidikan S3 di UIN Syarif Hidayatullah pada Sabtu (27/2/2021). 

Di situasi pandemi Covid-19 ini, Oki harus menjalani Sidang Senat Terbuka Online untuk Wisuda Sarjana/Pascasarjana ke-119. 

Melalui Instagram pribadinya, Oki pun sedang membuka sesi tanya jawab seputar pendidikan. Ini menjadi sebuah kesempatan untuk para warganet, termasuk yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya setelah memiliki keluarga dan anak. 

Tak hanya itu, ada banyak cerita yang dituliskannya terkait perjuangan untuk menyelesaikan fase pendidikan hingga mencapai gelar S3. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita dan ungkapan syukur dari Oki Setiana Dewi karena telah berhasil menempuh pendidikan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Bisa menjadi inspirasi tersendiri nih, Ma.

Editors' Picks

1. Oki merasa Sulaiman Ali Abdullah sangat kooperatif selama ia menjalani perkuliahan

1. Oki merasa Sulaiman Ali Abdullah sangat kooperatif selama ia menjalani perkuliahan
Instagram.com/okisetianadewi

Dalam ceritanya di Instagram, Oki Setiana Dewi menuliskan sebuah rasa syukur dan terima kasih kepada Sulaiman Ali Abdullah. Anak keempat ini memang sudah menemani Oki sepanjang proses belajar selama kuliah sejak dalam kandungan. 

"Hai @sulaimanaliabdullah sayang. Ahamdulillah. Hari ini Umma di wisuda. Terima kasih sudah menemani Umma belajar selama ini," tulis Oki dalam unggahan terbarunya. 

Menurut Oki, Sulaiman sangat membantu dirinya karena sudah menjadi anak yang kooperatif selama di kandungan. Mama empat anak ini berharap semoga ilmu yang didapatkannya bisa diterapkan dengan baik, bahkan berguna bagi orang banyak. 

"Semoga wisuda Umma ini, menjadi pembelajaran untukmu kelak, betapa Ummamu ini berharap engkau dapat belajar dan menjadi orang yang lebih baik dari orangtuamu ini," ucap Oki. 

2. Anak-anak menjadi teman Oki sewaktu menjalani pendidikan

2. Anak-anak menjadi teman Oki sewaktu menjalani pendidikan
Instagram.com/okisetianadewi

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menempuh pendidikan, termasuk untuk perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak. Walau ada banyak tanggung jawab yang harus dijalani oleh Oki Setiana Dewi, namun ia tetap menjalani pendidikan hingga menyelesaikannya dengan baik. 

Dalam ceritanya di Instagram, Oki mencurahkan isi hatinya yang ingin berterima kasih kepada keempat anak-anaknya. 

Anak-anak menjadi teman semasa saya menjalani pendidikan saya. Dulu, selama mengandung anak kedua, saya bolak balik melakukan bimbingan tesis. Saya betul-betul mengejar agar bisa selesai sidang sebelum melahirkan. Maka, tiga hari sebelum melahirkan Khadeejah, saya pun menyelesaikan kuliah S2 saya. Bayi @khadeejah_faatimah_abdullah pun hadir saat wisuda. 

Selain itu, momen bersama Ibrahim Muhammad Abdullah saat hamil juga memiliki ceritanya sendiri. Selama momen kehamilan tersebut, Oki sedang menjalani beasiswa untuk Islamic Studies di Jerman. 

Saat mengandung anak ke-3, @ibrahimmuhammadabdullah dalam usia kandungan ke-7 bulan, dengan izin Allah saya mendapat beasiswa shorcourse untuk mempelajari Islamic Studies di Jerman. Maka Ibrahim menemani saya menjelajahi bumi Jerman dari satu kampus ke kampus lainnya.

Kemudian, ketika hamil Sulaiman ada tantangan baru untuk Oki yang saat itu sedang menyelesaikan pendidikannya. Mengingat Oki harus menyelesaikan menyelesaikan sidang promosi doktor sebelum melahirkan Sulaiman. 

Saat mengandung anak ke-4, kembali kejadian ini berulang. Saya mengejar agar bisa menyelesaikan sidang promosi doktor sebelum melahirkan. Bayi @sulaimanaliabdullah pun lahir setelah sebulan saya menyelesaikan sekolah saya. Alhamdulillah.

Oki mengingatkan bahwa cerita yang dituliskannya tersebut bukan bermaksud untuk riya, melainkan memberikan motivasi untuk banyak orang di luar sana. 

"Hanya ingin memotivasi sahabat semua, bahwa menjadi seorang istri dan ibu, tak lantas membuat pendidikan terhenti. Dengan adanya semangat, kesungguhan, pembagian waktu yang tepat, tak lupa support system yang ada, tentunya pertolongan dari Allah, insyaAllah engkau bisa!," ucapnya.

Mama empat anak ini memberikan semangat dan motivasi agar semua orang yang sedang menempuh pendidikan bisa menyelesaikannya dengan hasil terbaik. 

"Semangatlah dalam belajar dan semoga semangat itu menular pada anak-anak kita kelak," tulis Oki. 

3. Oki mengungkapkan bahwa support system keluarga sangat penting 

3. Oki mengungkapkan bahwa support system keluarga sangat penting 
Instagram.com/okisetianadewi

Oki Setiana Dewi tidak akan bisa menyelesaikan pendidikannya tanpa ada support system dari keluarga. Menurutnya, dukungan dari orang-orang terdekat memang sangat dibutuhkan untuk menjadi sebuah semangat dan energi positif. 

"Semua yang saya lakukan, termasuk pendidikan. Takkan mungkin bisa berjalan dengan lancar kalau tidak ada support system," ucap Oki. 

Menurut Oki, support sistem adalah dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang kita percayai sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan. Selain anak-anak, support system Oki berasal dari suaminya dan sang Mama. 

"Kepada keduanyalah saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi penyemangat dan rela direpotkan khususnya dalam menjaga anak-anak saat saya belajar," lanjutnya. 

Oki pun mengucapkan rasa terima kasih kepada warganet yang memberikan dukungan dan perhatian untuk dirinya. 

"I really appreciate it. Semoga Allah menganugerahi kebahagiaan dunia akhirat untuk sahabat semua. Uhibbukum fillah," tulis Oki. 

Jika Mama sedang menempuh pendidikan, kisah dari Oki yang berjuang untuk menyelesaikan segala sesuatunya tanpa meninggalkan tanggung jawab bisa menjadi contoh serta teladan. 

Kisah Oki yang sangat inspiratif ini bisa menjadi motivasi tersendiri nih, Ma. Semoga ada banyak pembelajaran yang bisa diambil. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.