Sedih Tak Berujung, 12 Seleb Ini Sangat Kehilangan Sosok Glenn Fredly

Terima kasih Glenn Fredly untuk semua karya-karya manisnya!

9 April 2020

Sedih Tak Berujung, 12 Seleb Ini Sangat Kehilangan Sosok Glenn Fredly
Instagram.com/jokowi

Kabar duka atas meninggalnya Glenn Fredly Deviano Latuihamallo akibat penyakit meningitis pada usianya ke-44 tahun tentu membuat banyak orang merasa sedih. Industri musik Indonesia begitu berduka ketika mendengar kabar Glenn telah tutup usia. 

Sosok Glenn tentu memberikan kesan tersendiri untuk semua orang yang mengenalnya. Ramah, murah senyum dan selalu memberikan pelukan erat seolah begitu melekat di dalam diri Glenn di mata para sahabat. 

Banyak orang yang kembali membuka album foto lama atau sekadar menggunggah foto berwarna hitam di media sosial sebagai salah satu duka mendalam untuk kepergian Glenn. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pun menuliskan sebuah ucapan belasungkawa untuk Glenn. 

Saya mendengar kabar duka ini semalam, bahwa seniman musik Glenn Fredly Deviano Latuihamallo telah meninggalkan kita untuk selamanya.

Mendiang adalah tokoh muda yang menginspirasi anak-anak muda Tanah Air, terutama para pemusik karena dedikasinya pada seni yang begitu luas dan dalam sebagai pencipta lagu, penyanyi, juga aktivis. Kepergian Glenn Fredly adalah kehilangan besar bagi dunia musik bangsa ini.

Saya dan keluarga menyampaikan duka cita yang dalam kepada keluarga besar mendiang Glenn Fredly, juga kepada seluruh insan musik Indonesia. 

Glenn Fredly telah berpulang, tetapi karyanya akan tetap abadi dan kita nikmati.

Begitulah ucapan duka serta apresiasi yang diberikan oleh Jokowi kepada sosok Glenn. Melalui unggahannya di media sosial beberapa seleb juga menuliskan ucapan belasungkawa atas kepergian Glenn Fredly. 

Aura Kasih juga menuliskan sebuah pesan untuk Glenn dan mengatakan "Selamat berbahagia bersama Tuhan, Renjana". 

Jika Mama ingin mengetahui siapa saja yang ikut berduka dan turut mendoakan selain Aura Kasih, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Dewi Lestari

1. Dewi Lestari
Instagram.com/glennfredly309

Indonesia kehilangan salah satu penulis lagu dan vokalis terbaiknya. 

Selamat jalan, Bung Glenn. You have left your mark. Yet, you’re still gone too soon. My thoughts and prayers are with your family, wife, and newborn.

Beristirahatlah dengan tenang. Karyamu abadi. #RIPGlennFredly

Duka mendalam dirasakan oleh Dewi Lestari. Sebagai seseorang yang sama-sama menyanyikan lagu Malaikat Juga Tahu, Dewi Lestari pasti sangat bangga karena karyanya sempat dinyanyikan ulang oleh Glenn. 

Seperti kata Dewi Lestari, karya-karya Glenn akan selalu abadi dan menjadi kenangan untuk semua orang. 

2. Dimas Djayadiningrat

2. Dimas Djayadiningrat
Instagram.com/glennfredly309

Hari yang sedih buat saya dan mungkin buat banyak orang lainnya.

Saya berkenalan pertama kali disaat Glenn memulai kariernya jadi vocalis band Funk Section, tahun 1995. Saya masih jadi Art Director di produksi video itu sampai akhirnya kami bertemu berulang kali di produksi video musik sampai kami pun berteman baik.

Doa yang terbaik untuk sahabat saya, Glenn. Orang yang selalu supportif, orang yang selalu saya peluk erat setiap kali saya bertemu.

Rest in Peace Glenn, you will be missed.

Sebagai seorang sahabat baik, Glenn tentu menjadi bagian dalam hidup Dimas Djayadiningrat. Menurut Dimas ada banyak hal yang akan selalu diingat dari sosok Glenn. 

Tidak hanya murah senyum dan ramah, namun selalu ada sebuah pelukan erat setiap kali mereka bertemu.

3. Sarah Sechan

3. Sarah Sechan
Instagram.com/sarsehshoku

Setiap jumpa energi hangat selalu terasa. Tidak pernah tidak tersenyum, selalu punya kata manis untuk setiap orang yang ada di dekatnya. 

Your music will stay forever in our ears, your lyrics in our hearts, memories of you will live on. Selamat jalan Glenn.

Kami sangat kehilangan, namun karyamu selalu abadi.
We love you.

Rasa kehilangan juga dirasakan oleh Sarah Sechan sebagai seseorang yang mengenal sosok Glenn.

Bagi mama satu anak ini, Glenn salah satu orang yang selalu memberikan energi hangat setiap kali perjumpaan. 

Demi mengenang momen bersama Glenn, Sarah Sechan mengunggah sebuah foto ketika dirinya membeli album terakhir milik Glenn berjudul Romansa ke Masa Depan

4. Ernest Prakasa 

4. Ernest Prakasa 
Instagram.com/ernestprakasa

Harusnya tahun depan kita menggarap sebuah project bersama, tetapi takdir berkata lain. Dengan dada sesak, saya ingin bersyukur untuk hidupmu yang begitu sarat makna dan manfaat bagi begitu banyak orang. 

Tuhan sayang Ale, Bung Glenn. 

Ernest Prakasa termasuk orang yang terkejut mendengar berita duka karena Glenn telah tutup usia pada usia ke-44 tahun.

Sebenarnya tahun depan, Ernest dan Glenn berniat untuk menciptakan karya bersama. Hanya saja, takdir berkata lain. 

Menurut Ernest yang mengenal sosok Glenn, ada banyak pembelajaran berharga yang selalu dibagikan oleh beliau.

Tak hanya sebuah karya, namun Glenn memberikan sebuah pembelajaran positif termasuk selalu merangkul sebuah perbedaan. 

5. Andien Aisyah 

5. Andien Aisyah 
Instagram.com/andienaisyah

Airmataku nggak berhenti netes daritadi. Mas Glenn pergi terlalu mendadak dan terlalu cepat di waktunya kita, manusia. Tetapi Tuhan ternyata punya waktu yang beda.

Mas, aku terlalu nggak percaya sama semua ini. Tetapi ternyata ini benar. Tuhan, jagain Mas Glenn ya. Aku sayang banget sama dia. Semua sayang sama dia. Insya Allah Semesta jaga Gewa dan Mbak Mutia.

“Cinta ini tak terhapus meski jendela waktu berbeda” Aku nggak nyangka lagu ini malahan tentang Mas Glenn. Rest in Love, Mas.

Menurut Andien, garis antara pertemuan dan perpisahan itu ternyata tipis sekali. 

"Bahkan antara sementara dan selamanya. Waktu adalah abstrak dan kita hanya bagian kecil di antaranya. Rest in Love under The Super Pink Moon, let go of all pain and suffering. You will be missed, Mas Glenn," tulis Andien sebagai salah satu ucapan belasungkawa teramat dalam untuk Glenn. 

Sebuah kabar yang begitu cepat dan serba mendadak, tetapi sang Pencipta begitu mencintai kepribadian dari Glenn dan harus terlebih dahulu berpulang. 

Editors' Picks

6. Reisa Broto Asmoro

6. Reisa Broto Asmoro
Instagram.com/reisabrotoasmoro

Rest in peace and rest in love Glenn Fredly.
May God puts you in the best place up there.

#IndonesiaBerduka kehilangan salah satu penyanyi bersuara emas, musisi legendaris bertalenta. Dengan lagu-lagunya yang selalu bikin suasana tambah romantis.

Baru kemarin saya ingat-ingat, konser pertama saya adalah nonton Glenn Live tahun awal 2000an. Farewell and so long..

Nggak nemu foto yang berdua malah nemu foto trio lestari. Ingat banget kalau dulu saya kebetulan syutingnya sampai malem, suka mampir ke studio sebelah untuk nonton langsung.

Turut berduka untuk kepergian Glenn, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan & ketabahan selalu. Amin. 

Ucapan belasungkawa juga diunggah oleh dr. Reisa Broto Asmoro melalui sebuah foto di Instagram pribadinya.

Foto lamanya seolah membawa kenangan indah ketika mereka bekerja di sebuah stasiun televisi yang sama. 

Selamat jalan, musisi legendaris Indonesia yang bertalenta!

7. Nafa Urbach 

7. Nafa Urbach 
Instagram.com/glennfredly309

Salah satu musisi kebanggaan indonesia. Thanks kak udah banyak sharing soal hidup, sudah sering juga menguatkan. 

Maafkan yah nggak sempat bertemu. Salam buat Tuhan, kamu pasti happy banget ketemu Tuhan. 

Nafa Urbach memiliki pengalaman yang indah bersama sosok Glenn semasa hidup. Bagi mama satu anak ini, Glenn bisa diajak bercerita mengenai hidup dan mau menjadi pendengar yang baik. 

Nafa pun mengucapkan maaf karena sudah lama tak bertemu. 

8. Dewi Gita

8. Dewi Gita
Instagram.com/glennfredly309

Meninggalkan bukan berarti mengusaikan dan itulah kamu Bung Glenn. Karena apa yang kamu tinggalkan masih akan terus terdengar. 

Masih akan terus ada riuhnya tepukkan untuk semua karya-karya yang kamu titipkan.

Rest in Love, Bung Glenn. 

Seperti yang Dewi Gita katakan dalam sebuah ucapan belasungkawanya bahwa karya-karya Glenn akan selalu abadi. Sebuah karya yang tercipta dari dalam hati pasti tak akan lengkang oleh waktu.

9. Daniel Mananta

9. Daniel Mananta
Instagram.com/vjdaniel

Rest in Peace, my brother in Christ @glennfredly309. 

Ini sulit banget untuk gue terima kenyataan ini. Terakhir gue ngobrol sama Bung Glenn di AMI Awards 2019 dan gue puji cover album dia “Romansa ke Masa Depan”. Filosofi di balik foto tersebut bikin gw terkagum-kagum. Cara dia menyebarkan cinta dan harapan melalui foto tersebut.

Dia bilang, gue harus nunggu foto untuk album berikutnya karena akan lebih pecah lagi. Sepertinya hari ini gue nggak akan pernah melihat foto album selanjutnya tersebut. Mungkin kita akan melanjutkan pembicaraan tentang album berikutnya di surga sana, dan foto yang lebih pecah tersebut.

Begitulah kenangan terakhir yang sempat diceritakan oleh Daniel Mananta sebagai kenangan terakhir bersama dengan Glenn Fredly. 

Menurut Daniel, Glenn termasuk orang yang penuh dengan cinta. Indonesia baru saja kehilangan akan, tetapi surga akan dimeriahkan oleh suara malaikat Glenn Fredly.

10. Marcell Siahaan 

10. Marcell Siahaan 
Instagram.com/Glenn Fredly

Saya kaget sekali mendengar berita Glenn pergi. Saya adalah pribadi yang sering berseberangan dengan almarhum mengenai pola pikir, ide dan visi. 

Tetapi satu hal pasti yang kami sama-sama sadari dan sepakati berdua adalah bahwa kami sama-sama berjuang untuk musik Indonesia dan terus berjuang dengan cara kami masing-masing, dengan musik kami, dengan pola pikir dan tindakan kami. 

Jangan khawatir, Bung. Saya akan lanjutkan sampai habis waktu saya.

Selamat jalan pejuang sampai ketemu. #RIPGlennFredly 

Marcell Siahaan sebagai salah satu rekan musisi merasa kagum dengan sosok Glenn. Menurutnya, Glenn selalu memiliki pola pikir, ide dan visi yang kuat dalam berkarya. 

Selepas Glenn tutup usia, Marcell Siahaan berjanji kalau dirinya akan melanjutkan semua perjuangan untuk berkarya di industri musik hingga ia tutup usia.

11. Maia Estianty

11. Maia Estianty
Instagram.com/glennfredly309

Kami pecinta musik Indonesia, kehilanganmu. Karyamu indahmu, suara emasmu dan kenangan-kenanganmu. Semoga perjalananmu pulang ke rumah ALLAH menjadi dunia yang menyenangkan untuk kamu. 

Bertemu dengan Sang Maha Cinta, RIP @glennfredly309. Untuk istri, anak serta keluarga besar selalu tabah, kuat dan sabar menghadapi ujian berat ini.

We love you Glenn. 

Sebagai salah satu musisi yang juga meramaikan industri musik Indonesia, Maia pun merasa sangat kehilangan sosok dari Glenn Fredly. Menurut Maia, karya indah dari Glenn beserta suara emasnya akan selalu dikenang oleh banyak orang. 

12. Aura Kasih  

12. Aura Kasih  
Instagram.com/glennfredly309

Mati itu bukan berarti aku nggak bahagia. Justru kamu mesti merelakan aku biar bahagia bertemu Tuhan. 

Kesedihan itu hanyalah ego sesaat, ego karena kehilangan dan nggak rela melepaskan orang yang biasanya selalu ada di samping kita. Kematian itu adalah kebahagiaan dalam bentuk lain.

Jadi, kalau kamu nggak sedih ketika aku mati itu artinya kamu rela melepasku bahagia. 

Begitulah salah satu kutipan yang dituliskan oleh Aura Kasih dari bukunya berjudul Lagu untuk Renjana

"Buku yang ku tulis untukmu RENJANA. Selamat berbahagia bersama TUHAN Renjana. Terima kasih," tulis Aura Kasih dalam unggahannya. 

Perlu Mama diketahui juga bahwa Renjana sendiri menjadi lagu yang cukup berkesan karena dinyanyikan oleh Glenn Fredly. Sebuah lagu tentang sebuah senja merah. 

Itulah beberapa ucapan belasungkawa dari para seleb Indonesia untuk Glenn.  

Selamat jalan untuk Glenn Fredly, semoga karya serta sosokmu bisa selalu menginspirasi dan teladan hidup banyak orang terutama para generasi muda di Indonesia.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.