Selain Emosional, Film Marriage Story Wajib Ditonton Bersama Pasangan

Sudah menontonnya belum nih, Ma?

14 Desember 2019

Selain Emosional, Film Marriage Story Wajib Ditonton Bersama Pasangan
imdb.com

Marriage Story garapan sutradara Noah Baumbach menjadi film yang sedang dibicarakan banyak orang termasuk media sosial. Film dengan genre drama komedi ini menjadi salah tontonan keluarga yang bisa ditonton di akhir pekan, khususnya bersama pasangan. 

Walau bukan sebuah tontonan yang romantis, namun film Marriage Story memiliki pesan moral positif terutama untuk pasangan suami istri dalam menjaga keutuhan rumah tangganya. Apalagi untuk pasangan yang sudah memiliki seorang anak, penting sekali mengutamakan kebahagiaan si Kecil agar tumbuh menjadi sosok yang diidamkan oleh kedua orangtuanya.

Jika Mama belum menonton film Marriage Story dan ingin mengetahui beberapa hal yang menarik, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk, disimak supaya film ini bisa menjadi rekomendasi untuk menonton bersama pasangan di akhir pekan!

Editors' Picks

1. Film Marriage Story menceritakan tentang pahitnya pernikahan Nicole dan Charlie

1. Film Marriage Story menceritakan tentang pahit pernikahan Nicole Charlie
imdb.com

Film Marriage Story menceritakan tentang Nicole dan Charlie sebagai pasangan suami istri yang sedang menghadapi konflik di dalam rumah tangganya. Konflik yang hadir di dalam pernikahan mereka membuat keduanya harus menuju gerbang perceraian untuk mengakhiri segala masalah. 

Perceraian Nicole dan Charlie pun memicu masalah baru yakni pembagian hak asuh anak, sehingga masing-masing di antara mereka harus menyewa pengacara.  

Ego dari kedua orangtuanya tanpa disadari membuat anak mereka yang bernama Henry merasa tidak bahagia. Padahal dalam keadaan atau masalah apapun, suami dan istri tetap harus mengutamakan kebahagiaan anak. 

Namun, film ini memperlihatkan bahwa Nicole dan Charlie masih berusaha mempertahankan hubungan baik dengan cara komunikasi meskipun mereka pada akhirnya harus berpisah.

2. Film ini banyak diapresiasi menjadi nominasi dan mendapatkan berbagai penghargaan

2. Film ini banyak diapresiasi menjadi nominasi mendapatkan berbagai penghargaan
imdb.com

Perlu Mama ketahui bahwa Marriage Story pertama kali diputar di Venice Film Festival pada Agustus 2019 lalu. Kemudian akhirnya diliris secara resmi secara digital di Netflix pada 6 Desember 2019.

Tak disangka, kemunculan dari film ini pada akhirnya meraih banyak sekali penghargaan serta nominasi bahkan hingga di tahun 2020. Beberapa di antaranya Best Screenplay, Best Featured Film dan Best Actor dari Gotham Independent Film Awards. 

Penghargaan tahunan bagi industri film, serial dan televisi bergengsi yaitu Golden Globe Awards 2020 pun belum lama ini mulai mengumumkan para nominasi. Marriage Story yang sedang menarik perhatian banyak penonton ini pun masuk ke dalamnya hingga 6 nominasi.  

Marriage Story termasuk sebuah drama komedi tentang keluarga yang digarap dengan sangat menyentuh oleh Noah Baumbach.

6 nominasi yang diberikan Golden Globe Awards 2020 untuk film Marriage Story, antara lain: 
Best Motion Picture - Drama
• Scarlett Johansson untuk Best Performance By An Actress In A Motion Picture - Drama
• Adam Driver untuk Best Performance By An Actor In A Motion Picture - Drama
• Laura Dern untuk Best Performance By An Actress In A Supporting Role In Any Motion Picture
• Noah Baumbach untuk Best Screenplay - Motion Picture
• Randy Newman untuk Best Original Score - Motion Picture

Tak disangka film ini banyak sekali mendapatkan penghargaan ya, Ma. 

3. Ada pembelajaran mengenai pernikahan yang bisa dipetik bersama pasangan

3. Ada pembelajaran mengenai pernikahan bisa dipetik bersama pasangan
imdb.com

Film Marriage Story berdurasi 2 jam 17 menit ini memiliki beragam pembelajaran yang bisa diambil. Apalagi konflik sebelum perceraian yang terjadi di dalam hubungan Nicole dan Charlie begitu mengharukan. 

Sebagai film yang dikatakan layak ditonton dan cukup banyak diapresiasi dengan berbagai penghargaan, ada beberapa hal yang bisa dipetik dari film Marriage Story di antaranya: 

  • Belajar untuk mulai menghargai perasaan pasangan sejak awal pernikahan 

Terkadang dalam membangun sebuah rumah tangga, sikap untuk saling menghargai pasangan bisa saja pudar atau lupa begitu saja. 

Dari perjalanan cinta Nicole dan Charlie di film Marriage Story, penonton bisa mendapatkan pesan untuk sebisa mungkin menghargai apapun keinginan dari pasangan. Selama Nicole menikah dengan Charlie, ada keinginannya yang tak pernah terpenuhi walau sudah sempat diutarakan kepada Charlie sampai pada akhirnya Nicole memutuskan untuk berpisah. 

Pesan yang bisa diambil yakni sebaiknya berusaha untuk selalu mendengarkan keinginan pasangan. Jika hal tersebut terasa begitu sulit untuk dipenuhi, maka cobalah untuk memberikan pengertian kepada pasangan agar bisa sama-sama berusaha dalam mewujudkan semuanya. 

Proses mendengarkan dan mau mengusahakan setidaknya dapat membuat pasangan merasa dihargai. 

  • Belajar untuk setia kepada pasangan

Setia termasuk salah satu hal yang perlu dipertahankan saat sudah membangun sebuah rumah tangga. Apalagi memang tak bisa dipungkiri bahwa perselingkuhan yang dilakukan akan membuat masalah rumah tangga dan dapat menyakiti pasangan.  

Dalam film Marriage Story, Nicole mengetahui bahwa suaminya pernah tidur dan berselingkungan dengan rekan kerjanya di teater. Walau hanya dilakukan satu kali, namun Nicole sebagai seorang istri tentu tidak terima dan memicu hubungan rumah tangganya semakin bermasalah. 

Pesan yang bisa diambil yakni kesetiaan perlu dijaga dengan baik, sehingga tidak memancing permasalahan di dalam rumah bahkan mengorbankan anak. 

  • Berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan baik apapun yang terjadi

Berkomunikasi dan bicara dari hati ke hati bersama pasangan tentu menjadi salah satu cara tepat. 

Setiap pasangan tentunya pernah mengalami perbedaan pendapat karena pasti akan ada beda pandangan dalam menyelesaikan suatu masalah. Sebagai pasangan suami istri, Nicole dan Charlie juga memiliki masalah dan diselesaikan dengan cara yang seharusnya tidak dianjurkan. 

Ada salah satu adegan yang memperlihatkan ketegangan hubungan Nicole dan Charlie. Ketika Nicole sedang ingin berbicara baik-baik mengenai perpisahan mereka, namun situasi memanas dan emosi keduanya justru meledak. 

Pesan yang bisa diambil yakni usahakan untuk selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Utarakan semua yang ingin diungkapkan tanpa perlu membentak pasangan atau mengeluarkan kata-kata kasar, sehingga dapat membuatnya tersakiti. 

Nah, itulah sekilas mengenai lika-liku pernikahan yang dihadapi oleh Nicole dan Charlie. 

Untuk Mama yang sudah menonton film Marriage Story, kira-kira bagaimana nih pendapatnya?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.