Tak Hanya Duka, Ashraf Sinclair Menyisakan Pesan untuk Sahabat Artis

Dewi Sandra hingga Baim Wong mendapatkan pembelajaran berharga dari kepergiaan Ashraf Sinclair

19 Februari 2020

Tak Ha Duka, Ashraf Sinclair Menyisakan Pesan Sahabat Artis
Popmama.com/Sekar Retno Ayu Aprilianti

Seseorang yang kita pikir adalah milik kita. Ternyata bukan benar-benar milik kita.

Kita memiliki hatinya, tubuhnya dan cintanya. Tetapi kita nggak akan pernah memiliki jalan hidupnya.

Sebuah kutipan dari film yang dibintangi Bunga Citra Lestari berjudul Cinta Pertama sedang viral dan diperbincangkan banyak orang di media sosial. Kutipan ini seolah kembali mengingatkan bahwa "waktu" seharusnya dapat dipergunakan dengan baik dengan menciptakan berbagai momen berkualitas bersama pasangan. 

Kepergiaan Ashraf Sinclair pada Selasa (18/2/2020) kemarin masih menyisakan banyak duka untuk semua orang yang mengenal baik sosoknya. Tidak hanya BCL dan Noah Sinclair, bahkan masyarakat Indonesia pun seolah ikut merasakan kesedihan mendalam. 

Menurut Psikolog Alexandra Gabriella A., M.Psi, C.Ht berita duka menyelimuti keluarga BCL juga dapat dirasakan oleh orang-orang yang sedang memantau berita terkini atas kepergian Ashraf untuk selama-lamanya. 

Hal ini dikarenakan banyak sekali pemberitaan bahagia yang sempat diukir oleh BCL dan Ashraf semasa hidup, sehingga masyarakat Indonesia pun merasa cukup dekat serta turut merasakan apa yang sedang terjadi pada keluarga mereka. 

"Ketika BCL sekeluarga sedang mengalami suatu hal, baik yang positif maupun negatif akan membuat siapa saja yang sedang memerhatikan pemberitaan mereka turut merasakan. Namanya manusia pasti akan memiliki kemampuan untuk berempati. Saat berita duka yang terjadi pada BCL dan Noah, kita sebagai manusia tentu akan mudah berempati terhadap emosi yang mereka alami selama fase berduka ini," ucap Alexandra. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa duka yang sempat dibagikan oleh beberapa seleb atas kepergian dari Ashraf, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Semua orang yang mendengar berita duka ini ikut berduka serta merasakan kesedihan nih, Ma.

1. Zaskia Adya Mecca sempat melihat BCL menghapus air matanya saat Noah datang menghampiri

1. Zaskia Adya Mecca sempat melihat BCL menghapus air mata saat Noah datang menghampiri
Popmama.com/Panji Galih Aksoro

Dari pertama dengar kabar Ash, baru sekarang bisa agak sedikit rileks. Tadi pagi selama di rumah duka yang kerasa sesak dada, ngeliat Unge dan Noah harus melewati ini semua. Kita saja berat rasanya apalagi mereka. 

Tadi liat banget Unge lagi nangis terus Noah nyamperin, langsung Unge hapus air matanya. Dia senyum dan menguatkan Noah, lalu Noah meluk Mamanya. Mama ya, sesedih apapun akan mencoba selalu terlihat kuat depan anaknya. 

Semoga Allah beri kekuatan buat Unge, Noah dan kelak dikumpulkan kembali di dalam Surga-Nya bersama orang-orang yang dicintainya. Amin ya Rabb. 

Begitulah salah satu ungkapan perasaan yang dituliskan Zaskia Adya Mecca di Instagram Story pada Selasa (18/02/2020) kemarin. 

Sebagai seorang istri, Zaskia memperlihatkan rasa empati kepada BCL dengan turut hadir ke rumah duka. 

Melalui surat An-Nahl ayat 61, Zaskia juga kembali mengingatkan bahwa kematian seseorang yang telah ditakdirkan tidak dapat didahulukan atau bahkan diundur. 

"Apabila telah tiba waktunya yang ditentukan bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak pula mendahulukannya". - QS An-Nahl:61

2. Dewi Sandra menuliskan tulisan manis berjudul "Bunga dan Temanku"

2. Dewi Sandra menuliskan tulisan manis berjudul "Bunga Temanku"
Instagram.com/dewisandra

Sebuah tulisan manis yang berjudul "Bunga dan Temanku" sempat dituliskan oleh Dewi Sandra melalui Instagram pribadinya. 

Hari ini aku menangisi seorang ibu dan ayah yang kehilangan anaknya, keluarga yang kehilangan abangnya, seorang istri yang kehilangan cinta sekaligus suaminya dan seorang anak yang kehilangan figur yang takkan tergantikkan yaitu ayahnya.

Hari ini aku menangisi dirku sendiri yang kehilangan dia, dia yang meninggalkan kesan yang begitu dalam di hati.

Pagi ini ketika mendengar kabar duka kaya ngga mau percaya karena ngga masuk akal. Ini orang adalah manusia paling sehat setau aku tapi itulah manusia kita tidak akan pernah tau rahasia Allah. 

Kami terlalu lemah untuk melawan qodo dan qodarnya. Ketika mengantar jenazah ke tempat istirahatnya, hati pun hancur tapi sekaligus sekuat tenaga memaksakan diri untuk bersyukur kepadanya karena telah memberikan nasehat terbaik untuk kita semua. Bahwa puncak kehidupan yang sesungguhnya adalah kematian bisa datang kapanpun, dimanapun dengan cara apapun. Doaku semoga kami semua bisa mempersiapkan diri ketika waktu itu datang untuk kami. 

Hati semakin remuk ketika ucapan selamat tinggal terindah terlontarkan dari sang ayah almarhum yang membuat kita semua merenung dalam. Sesak napas ditemani air mata pun tak terbendungi. “We have had this beautiful man in our lives for 40 years. Ashraf is gone, but he is still with us through Noah. 

He would say to us all “Life must continue. For time is a gift and this gift that has been given to us, one day must be returned.”

Sebagai sahabat yang pernah bekerja sama dengan Ashraf dalam sebuah sinetron, Dewi Sandra memberikan doa terbaik untuk almarhum.

"Ashraf Daniel Bin Muhammad Sinclair, temanku. Semoga kamu Husnul Khotimah. Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Allahumaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fuanhu," tulis Dewi Sandra pada salah satu unggahannya. 

Dearest @bclsinclair the love of his life, the mother of his child. My prayers are with you and your family during this heartbreaking and sad time. Semoga Allah Ta’ala tambah sayang dan menguatkan kamu melewati fase ini, you are loved and you have friends who truly care. 

Editors' Picks

3. Ayudia Bing Slamet diberikan pesan dari BCL

3. Ayudia Bing Slamet diberikan pesan dari BCL
Instagram.com/ayudiac

Sebagai pasangan suami istri, BCL dan Ashraf sudah tak perlu lagi diragukan lagi karena selalu tampil romantis di setiap saat. Bahkan untuk Ayudia sendiri, BCL dan Ashraf menjadi sosok panutan dalam membesarkan Noah. 

Salah satu inspirasi aku soal kerjasama dalam mendidik anak. Barusan mampir, kita berdua speechless cuma berusaha kasih pelukan hangat. 

Justru kak Unge yang kasih pesan buat kita ‘you guys take care for each other ya, we never know’ sambil senyum. Semoga amal ibadah suami tercinta diterima di sisi Allah SWT. semogaa @bclsinclair, @aishahjennifer dan Noah selalu diberikan kekuatan. 

Begitulah salah satu ungkapan perasaan yang sempat dibagikan oleh Ayudia pada Selasa (18/2/2020) kemarin. Ketika pergi ke rumah duka, Ayudia pun mendapatkan pesan berharga dari BCL. 

BCL berpesan agar Ayudia, Ditto dan Sekala bisa saling menjaga satu sama lain karena waktu tidak akan pernah ada yang tahu. 

Pesan singkat dari BCL untuk Ayudia ini pun mendapat perhatian dari warganet. 

"Speechless ka Unge ngomong gitu. the real wonder women and stronger mom." - Kamal Asyhari.

"OMG ada yang nyangkut di tenggorokan bacanya. Kita dikuatkan oleh orang yang butuh dikuatkan. Alfateha untuk almarhum." - Cici Anggraeni.

Baca juga: Tak Mau Saling Ditinggal, Ayudia & Ditto Ingin Jadi Teman Sampai Surga

4. Tiara Pangestika turut merasakan kesedihan dari BCL

4. Tiara Pangestika turut merasakan kesedihan dari BCL
Popmama.com/Panji Galih Aksoro

Berita duka yang menimpa keluarga BCL pun sempat terdengar oleh Tiara Pangestika atau sering disapa Tipang. Melalui Instagram pribadinya, Tipang pun menuliskan kata-kata belasungkawa atas kejadian yang telah menimpa keluarga BCL. 

Sedih banget ngeliatnya, nggak kebayang hancurnya seperti apa. 

Semoga Almarhum diampuni semua kesalahan dan diberikan tempat terbaik. Semoga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kelapangan hati. 

Tak hanya rasa empati yang diperlihatkan oleh Tipang, namun ibu hamil pun seringkali merasa lebih rapuh dan mudah menangis. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon membuat tingkat neurotransmitter, sehingga mengakibatkan sejumlah gangguan emosi saat hamil. 

5. Dari kepergiaan Ashraf, Baim Wong diingatkan untuk sebaiknya tidak menunda ibadah

5. Dari kepergiaan Ashraf, Baim Wong diingatkan sebaik tidak menunda ibadah
Instagram.com/baimwong

Sama seperti Dewi Sandra usai kepergiaan Ashraf, Baim Wong pun mendapatkan pembelajaran berharga di dalam hidupnya. 

Jika Mama melihat Instagram pribadi dari Baim Wong pasti akan melihat tulisannya tentang sebuah kenangan manis bersama Ashraf. Rasa ingin menikmati kebersamaan dengan Ashraf menjadi sebuah kerinduan tersendiri untuk Baim. 

Begini rasanya ketika kehilangan sahabat, lama nggak pernah ketemu. Tapi disaat ada kesempatan ketemu, kita tahu kalau di antara kita berdua ada perasaan sangat dekat satu sama lain. Karena kita berdua sudah saling mengenal satu sama lain. 

Setiap ada pertemuan yang nggak disengaja, selalu menjadi pertemuan yang lama karena memang sebenarnya kita itu saling kangen. Kangen dengan semua kebodohan kita, kalau kita bercanda.

Tulisan yang diunggah oleh Baim ini menjadi sebuah ungkapan perasaan untuknya kepada Ashraf. Bahkan Papa dari Kiano ini menceritakan kalau hubungan dirinya dan Ashraf seringkali dipenuhi dengan canda tawa. 

"Kita selalu menikmati kebersamaan kita," tulis Baim. 

Tak hanya menceritakan tentang Ashraf saja, namun kepergiaan sahabatnya untuk selama-lamanya memberikan sebuah pembelajaran lain yang begitu berharga yakni seharusnya tidak ada kata "nanti" untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta.   

Jadi ingat ketika kemarin saya bilang sama Paula, "Sayang, gimana ngaji kamu? Mau dilanjutin nggak? Udah lama kamu nggak ngaji, sayang ilmunya. Semua harus dikejar apalagi kalau itu ibadah".

Paula bilang, "Iya nanti sayang, aku masih harus jagain Kiano".

Dan jawaban itu tidak ada salahnya sama sekali. Berat memang pengorbanan menjadi seorang Ibu. Paula perempuan yang sangat hebat. Sampai sekarang dia pun sendiri mengurus Kiano.

Tapi dengan meninggalnya sahabat saya ini menjadi sebuah pelajaran berharga bagi saya untuk mengenal arti waktu yang sebenarnya. Kata-kata 'Nanti' sepertinya jangan dijadikan kebiasaan. 'Nantinya' kita tidak pernah tahu kapan. Apakah itu seminggu, sebulan
atau setahun. 

Mungkin sampai 5 tahun lagi, kita masih bilang 'Nanti' dan apakah 'nantinya itu' kita masih punya waktu dari Allah untuk bisa melakukannya? Sama dengan mengerjakan sholat, sering kita menggunakan kata 'Nanti'. 

Pembelajaran berharga inilah yang didapatkan dari Baim untuk seharusnya tidak menunda-nunda segala hal, termasuk ibadah selama diberikan kesempatan hidup oleh sang Pencipta. 

Itulah beberapa duka dari beberapa seleb mengenai berita kepergiaan Ashraf Sinclair. Tak hanya menyisakan duka saja, namun Ashraf pun memberikan pembelajaran berharga meskipun telah tutup usia. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.