5 Tips Ini Wajib Dilakukan Saat Mulai Merasa Bosan Dalam Pernikahan

Begini cara mudah dalam mengatasi perasaan bosan dalam pernikahan

12 Juli 2018

5 Tips Ini Wajib Dilakukan Saat Mulai Merasa Bosan Dalam Pernikahan
Unsplash/Pablo Heimplatz

Gimana nih hubungan bersama pasangan selama pernikahan, Ma? Baik-baik saja atau justru ada tanda kebosanan?

Sebenarnya perasaan bosan itu wajar dirasakan semua orang, namun kalau sudah terlalu berlangsung lama ini justru akan membahayakan.

Tak jarang faktor bosan membuat seseorang mulai melirik orang lain dan melupakan pasangannya, sehingga memicu perceraian. Padahal dalam pernikahan perlu adanya komitmen, sehingga saat terjadi kebosanan perlu diperbaiki kedua belah pihak.  

Masalah kebosanan ini tidak bisa disepelekan ya, Ma.

Harus ada cara untuk mengatasi kebosanan dalam pernikahan Mama dan pasangan. Untuk itu, Popmama.com sudah merangkum beberapa tips mengatasi kebosanan di dalam penikahan. 

1. Selalu mengekspresikan bentuk cinta

1. Selalu mengekspresikan bentuk cinta
Unsplash/Priscilla Du Preez

Sudah mengekspresikan perasaan cinta dan sayang ke pasangan belum nih, Ma?

Saat sudah menikah, beberapa pasangan justru semakin jarang dalam mengungkapkan perasaan sayangnya. Bahkan ada juga yang lupa kapan terakhir kali mendapatkan rasa sayang itu. Padahal dengan mengekspresikan perasaan sayang secara intens tentu akan membantu mewarnai hubungan Mama dan pasangan. 

Apalagi setiap orang punya cara yang berbeda dalam mengekspresikan rasa sayangnya ke pasangan. Ada yang menunjukkannya dalam bentuk hal-hal sederhana seperti sebuah pujian, pelukan, kehadiran hingga sebuah perhatian sekalipun. Namun, ada juga yang lebih senang memberikan pasangannya hadiah. Kalau Mama sendiri lebih suka mengekspresikan dengan cara seperti apa nih?

2. Mengevaluasi diri sendiri

2. Mengevaluasi diri sendiri
Unsplash/Jon Asato

Jika Mama merasa kehidupan percintaan dengan pasangan menjadi terasa begitu membosankan berarti ada yang salah nih. 

Sebelum Mama mengeluh dengan kondisi hubungan yang akhir-akhir ini terasa membosankan, ada baiknya untuk mengevaluasi diri sendiri. Jika ada yang salah dari diri Mama, cobalah untuk mengubahnya ke arah yang lebih positif. Berusahalah untuk menantang diri Mama sendiri agar hubungan yang terasa membosankan ini bisa berakhir lebih baik.  

Saat mencoba untuk mengevaluasi diri sendiri, jangan sampai menyalahkan diri Mama sendiri karena mudah merasa bosan ya. Perasaan bosan itu wajar dan tentunya pernah dirasakan semua orang. 

Tidak perlu mengelak saat merasa bosan, Mama hanya perlu mencari jalan keluar untuk memperbaikin kebosanan ini saja ya.

Editors' Picks

3. Memberikan kejutan-kejutan kecil

3. Memberikan kejutan-kejutan kecil
Unsplash/Kira auf der Heide

Setiap orang pasti suka kalau diberikan kejutan ya, Ma. 

Sesekali tidak ada salahnya lho kalau Mama ingin memberikan kejutan kecil ke pasangan. Tidak perlu mahal hingga harus mengeluarkan banyak uang untuk mewujudkan kejutan kecil ini. 

Mama hanya tinggal melakukan hal-hal sederhana yang mungkin jarang dilakukan. Contohnya saja dengan mengubah penampilan gaya rambut, mengajak makan malam berdua hingga kejutan-kejutan kecil lainnya. Walau ini sesuatu yang bisa dibilang sederhana, Mama dan pasangan bisa mengenang memori indah ini bersama. 

Ingat ya Ma, tidak perlu mahal untuk membahagiakan pasangan. Pasangan yang bisa menghargai orang lain pasti juga akan mengapresiasi segala usaha Mama.  

4. Berhenti membandingkan pasangan 

4. Berhenti membandingkan pasangan 
Unsplash/Everton Vila

Pernah nggak sih merasa iri dengan kehidupan pasangan lain di luar sana? Atau mungkin justru mulai ada keinginan memiliki pasangan orang lain?

Situasi seperti ini harus bisa dicegah ya, Ma.

Apalagi lama kelamaan ini akan memicu Mama merasakan kebosanan dalam hubungan hingga ada perasaan membandingkan pasangan sendiri dengan pasangan orang lain. Padahal setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda termasuk pasangan Mama sendiri lho. 

Saat Mama mulai ada perasaan yang tidak seharusnya dirasakan, coba deh berusaha untuk berhenti membanding-bandingkan.

Ada baiknya untuk mencoba tetap fokus dengan apa yang sudah Mama miliki ya.  

Selain itu, cobalah untuk mengingat-ingat kembali tetap apa yang sudah pasanganmu lakukan selama ini.

Dengan begitu kamu akan lebih menghargai proses yang sudah dialami bersama, tanpa membandingkan pasanganmu dengan orang lain. 

5. Keluar dari rutinitas

5. Keluar dari rutinitas
Unsplash/Timo Stern

Melakukan rutinitas atau kegiatan bersama pasangan yang terkesan itu-itu saja pasti membosankan ya, Ma. Apalagi kalau terus diulang-ulang tanpa ada perubahan.

Merasa bosan itu hal yang manusiawi dan wajar, tetapi ada baiknya bisa dicegah agar tidak berujung panjang.

Kegiatan yang sudah menjadi keseharian Mama seperti mengurus Si Kecil, memasak di dapur hingga membersihkan rumah mungkin Mama bisa mengubah polanya. Jika selama ini, Mama mengerjakan semuanya sendiri karena pasangan sibuk bekerja mungkin di akhir pekan waktunya untuk istirahat sejenak.

Di akhir pekan, Mama dan pasangan bisa keluar dari rutinitas sehari-hari dengan melakukan aktivitas lain berdua.

Cara seperti ini biasanya ampuh dalam mengatasi kebosanan dalam hubungan. 

Setidaknya Mama dan pasangan bisa terbebas dari rutinitas yang terus berputar begitu saja. Buatlah komitmen untuk sama-sama rileks sejenak tanpa harus memikirkan rutinitas yang ada.

Pergunakan waktu akhir pekan dengan kegiatan yang belum pernah dilakukan dengan pasangan ya, Ma. 

Meskipun sudah menikah, Mama dan pasangan perlu lho untuk menciptakan momen-momen baru yang indah bersama.

Selain bisa mengatasi perasaan bosan dalam hubungan, Mama dan pasangan akan bersenang-senang tanpa perlu memikirkan rutinitas sehari-hari.