Membuka Pandora Baru Hubungan Suami Istri dengan Seks Tantra

Jangan lewatkan sensasi seks ala dewa-dewi malam ini juga!

24 Juli 2020

Membuka Pandora Baru Hubungan Suami Istri Seks Tantra
Freepik/Yanalya

Saat menulis artikel ini, Popmama.com mengerti apa yang Mama bayangkan dengan kata Tantra, yang terbesit dibenak Mama adalah berjam-jam lamanya melakukan hal itu penuh kesabaran. 

Bahkan lebih dari itu Ma, mari kita bedah mengenai seks yang jarang orang melakukannya, terlebih bila kamu tidak suka berfilosofi, mungkin tidak akan pernah mengenalnya. 

Berikut rangkuman khas mengenai seks tantra yang sangat cocok dilakukan buat kamu pecinta gaya seks dengan konsep self healing.

1. Tantra bukan hanya seks tapi juga berbagai segi pengalaman manusia terhadap alam

1. Tantra bukan ha seks tapi juga berbagai segi pengalaman manusia terhadap alam
Unsplash/Bibek Raj Sreshtra

Sebelum masuk ranah seksnya, terlebih dahulu kita harus memahami sejarah Tantra. Tantra sangatlah filosofis, banyak rasa yang harus digali berdasarkan pemahaman historis terbentuknya sebelum berujung pada kenikmatan seksnya. 

Tantra dimulai di India dan berawal  pada ribuan tahun yang lalu. Menurut Dawn Cartwright, instruktur tantra dan pendiri Institut Chandra Bindu Tantra, "Tantra adalah jalur meditasi kuno dengan akar dalam spiritualitas Buddha Hindu dan Tibet." 

Meskipun Tantra melibatkan studi, meditasi, dan kerja nafas, aspek yang paling membuat orang penasaran adalah praktik seksual karena, ya memang seks adalah daya tarik, demikian pula bila ini adalah Tantra.

Cartwright menjelaskan, “Tantra memandang setiap segi pengalaman manusia, termasuk seks, sebagai potensi untuk transformasi pribadi dan aktualisasi diri. Bagi pengikut Tantra, hidup adalah meditasi. Setiap kegiatan makan, minum, bernapas, menari, bercinta - dapat dilakukan dengan kesadaran."

Editors' Picks

2. Fokus ke "tidak memiliki tujuan"

2. Fokus ke "tidak memiliki tujuan"
Unsplash/Dainis Graveris

Gagasan di balik seks tantra dalam tradisi spiritual Hindu adalah bahwa ketika seks dipraktikkan dengan kesadaran dan koneksi diri, itu adalah cara untuk mencapai pencerahan.

Seks tantra difokuskan pada hubungan seksual yang mengalir sangat lambat dengan penekanan pada pernapasan yang tersinkronisasi, sentuhan, kontak mata, dan keintiman dengan pasangan.  

Tidak seperti seks biasa, orgasme bukanlah sebuah tujuan akhir, melainkan memperpanjang dan merasakan koneksi yang mendalam menjadi fokus yang perlu dicerna dengan baik. 

“Praktik Tantra terfokus pada bantuan kita untuk mendapatkan lebih banyak energi yang mengalir melalui diri kita sendiri,” tambah Barbara Carrellas, penulis Urban Tantra: Sacred Sex for the Twenty-First Century.

Carrellas menjelaskan kamu dapat menggenggam Tantra seks dengan sempurna, "Jika kamu lebih berhati-hati dalam bernapas dan kamu tidak memiliki tujuan, dan menganggap semua bagian seks adalah perjalanan, dengan sendirinya kamu akan melambat."

Tantra sebenarnya menguntungkan kaum hawa lebih banyak. Perempuan pada umumnya butuh waktu lebih lama untuk mencapai keintiman, jadi seks tantra sebenarnya lebih selaras dengan respons raga dan jiwa pada perempuan. 

Dalam Tantra ketika pasanganmu mengambil waktu dengan terburu-buru, dan tidak berhasil mengejarmu atau melebihimu dalam mencapai klimaks. Itu bisa menjadi lebih buruk karena kamu akan ditinggal dalam keadaan masih tinggi atau malah belum sama sekali. 

3. Bagaimana melakukan Tantra

3. Bagaimana melakukan Tantra
Unsplash/Neelam Sundalam

Sebenarnya tidak ada resep untuk seks tantra tetapi ada beberapa prinsip panduan yang bisa kamu coba ikuti Ma.

Bernapas, sama seperti dalam yoga, fokus pada pernapasan akan membantu menempatkanmu pada saat itu dan membuat dirimu lebih sadar, dan juga hal ini mampu menggerakkan energi yang ada di dalam tubuhmu.

Melambat, Carrellas merekomendasikan pendekatan "tiga untuk 30".  Misalnya saja jika kamu biasanya melakukan 30 penetrasi dengan pasanganmu, maka lakukan itu hanya dalam waktu tiga kali dalam periode waktu yang sama. Dari sini jelas sekali bahwa tantra jelas bukan untuk orang yang tidak sabar.

Pandangan mata, "Dalam tantra, kita menggunakan pandangan mata sebagai pintu gerbang memasuk ruang kejiwaan," kata Carrellas.  "Itu membuatmu berada dalam kondisi yang dalam amat dalam dengan seseorang." Jadi, mungkin doggy style bukan cara terbaik untuk memulai jika kamu mencari kehidupan seks tantra.

Berombak-ombak, menggerakkan tubuh dalam Tantra sangat membantu menggerakkan energi yang ada di dalam tubuh. Carrellas menyarankan, “gerakkan otot panggul dan PC Anda (pubococcygeus, otot yang kamu gunakan dalam senam kegel) sebagai pompa energi, bukan hanya sebagai otot bercinta saja.

Bayangkan energi yang ada di alat kelamin ini bergerak ke atas tulang belakangmu, ke seluruh tubuh, di atas kepalamu, dan juga ke tubuh pasanganmu. Ya, dan jangan tertawa saat kamu membayangkan ini.

4. Praktik seks lain yang terinspirasi Tantra

4. Praktik seks lain terinspirasi Tantra
Unsplash/We-vibe Wow Tech

Praktik lain yang terinspirasi tantra yang dapat kamu coba disebut Daily Devotion, direkomendasikan oleh terapis seks dan praktisi tantra Jacqueline Hellyer. Cara kerjanya adalah kamu beserta pasanganmu melakukan "sarapan" setiap hari di pagi hari dengan dia berbaring tepat di belakangmu.

Kemudian pasanganmu memasukkan penisnya ke vagina kamu dan menyimpannya selama lima hingga 10 menit.  Hellyer merekomendasikan, “Biarkan penis hanya berbaring di sana, bernapas bersama. Tidak ada gerakan, mungkin ini seperti pemerasan vagina yang aneh. Lalu rasakan apa yang terjadi."

Jika melakukan hubungan seks yang tidak bergerak tidak membuatmu bergairah, kamu juga dapat bereksperimen dengan posisi seks tantra tradisional Yab Yum, yang seharusnya mendorong lebih banyak keintiman dan hubungan antar pasangan. 
 
Yab Yum adalah tempat seorang perempuan duduk di pangkuan pria lalu melingkarkan kakinya di pinggangnya, dengan kedua lengan pasangan saling berpelukan dan penghubung cakhra yang dialiri dari alat kelamin yang saling berpelukan, alias alat kelamin kedua orang terhubung. Kamu bisa melihat video YouTube yang informatif namun seksi untuk mengetahuinya.

Tantra adalah pandora baru bagi hubungan seks kamu yang sudah kelewat itu-itu saja. Kamu bisa mencobanya sesekali ataupun juga sesering mungkin. Karena ada banyak manfaat meditasi yang kamu peroleh bagi pengalaman seksmu juga pengalaman hidupmu. 

Cobalah malam ini juga! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.