5 Permainan Sederhana yang Menyenangkan untuk Keluarga

Permainan yang dapat dimainkan semua anggota keluarga pada saat libur atau akhir pekan

20 Februari 2020

5 Permainan Sederhana Menyenangkan Keluarga
eblcoaching.com

Hari libur dan akhir pekan adalah saat yang paling tepat untuk berkumpul dan menikmati waktu bersama keluarga. Agar waktu bersama keluarga atau family time ini terasa lebih meriah dan seru, Mama bisa mengajak seluruh keluarga untuk bermain bersama.

Tidak perlu permainan yang  rumit atau membutuhkan dana yang banyak, banyak permainan yang menarik, mendidik juga tanpa biaya dan yang paling penting adalah permainan ini bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga.

Popmama.com meringkaskan beberapa ide permainan yang bisa dimainkan bersama-sama.

1. Petak umpet

1. Petak umpet
geosciencebooks2.com

Petak umpet adalah salah satu permainan jadul dan sederhana dan sangat cocok dilakukan oleh banyak orang. Semakin banyak yang bermain akan semakin seru.

Permainan ini juga baik untuk motorik anak, karena anak dapat aktif bergerak berlari kesana kemari saat hendak bersembunyi atau sedang mencari anggota keluarga lainnya.

Anak-anak juga diajak untuk kreatif berpikir, tempat mana yang paling aman untuk bersembunyi. 

Tak ayal lagi, rumah Mama dijamin akan sangat ramai oleh teriakan dan tawa anak-anak yang bermain dengan girang.

2. Ular tangga

2. Ular tangga
topyaps.com

Pada saat bermain ular tangga, anak-anak diajar untuk mengenal angka, bilangan dan matematika sederhana. Anak-anak dilatih untuk menghitung, pertama menghitung titik-titik yang terdapat pada dadu, kemudian kotak-kotak yang dilalui oleh pion.

Selain itu, permainan ular tangga juga melatih kemampuan sosial dan emosional anak, seperti anak harus sabar dalam menunggu giliran mereka memainkan pion-pion di permainan ular tangga dan juga saling berinteraksi dengan berbicara dengan anggota keluarga lain ketika memainkan permainan tersebut.

Untuk anak-anak bawah lima tahun (balita), Mama juga bisa mengajarkan konsep menang kalah dan mengajarkan agar balita bisa menerima kekalahan dengan baik.

Jika kalah, Mama bisa menekankan kepada anak, bahwa mereka juga dapat menang dilain waktu saat mereka memainkan permainan ini kembali.

Editors' Picks

3. Menahan ketawa

3. Menahan ketawa
bestlifeonline.com

Permainan ini sangat gampang sekali, seluruh anggota keluarga bergantian untuk membuat mimik wajah yang lucu.

Pada saat salah satu anggota keluarga sedang melucu, yang lain tidak boleh tersenyum, tidak boleh terlihat gigi, apalagi tertawa.  

Pemenangnya adalah orang yang bertahan untuk tidak tertawa paling lama.

4. Monopoli

4. Monopoli
flickr.com

Untuk anak-anak yang sudah lebih besar, mereka bisa diajak untuk bermain monopoli. Selain bermain, anak juga secara tidak langsung belajar mengenai finansial secara sederhana, seperti tidak berhutang sebab banyak berhutang akan menimbulkan kebangrutan.

Mereka juga menerapkan strategi pembelian aset dan bagaimana mengatur aset sehingga mendapatkan untung sampai menggunakan uang secara bijak.

5. Scrabble

5. Scrabble
freewordfinder.webnode.com

Scrabble adalah permainan menyusun kata dipapan. Anak-anak dan anggota keluarga lainnya mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak.

Biji-biji permainan berbentuk keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi.

Para pemain harus mengambil hingga sebanyak tujuh buah keping huruf dari kantong, dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang.

Itulah 5 permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah untuk mengisi waktu senggang. Jadikan quality time lebih seru dengan mengusai masing-masing peraturan permainan ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.