Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keharmonisan Keluarga a la Joanna Alexandra

Menerapkan deep talk agar anggota keluarga terbuka satu sama lain

21 November 2019

Pu 4 Anak, Ini Rahasia Keharmonisan Keluarga a la Joanna Alexandra
Instagram.com/Joannaalexandra

Lingkungan terdekat dalam hidup manusia adalah keluarga. Keluarga adalah pondasi utama yang membentuk kepribadian, pengenalan norma hidup, dan kesehatan mental. Sehingga penting dalam membangun hubungan keluarga yang harmonis satu sama lain.

Walaupun tidak jarang dalam keluarga pasti selalu ada permasalahan, namun dengan ikatan yang erat dan kompak sebuah keluarga bisa tetap langgeng dan harmonis.

Aktris tanah air Joanna Alexandra telah menikah sejak usianya 20 tahun dengan Raditya Oloan Panggabean pada 16 Juni 2007. Saat ini di usia pernikahannya yang telah 12 tahun, Joanna dan Raditya telah dikaruniai 4 orang anak.

12 tahun menikah, keluarga Joanna jarang diterpa gosip dan pemberitaan negatif di media sosial. Perempuan kelahiran 1987 ini, membagikan cerita dan tips dalam membangun keluarga yang kuat dan harmonis.

Berikut 5 Tips Rahasia Keharmonisan Keluarga a la Joanna Alexandra yang perlu kamu ketahui!

1. Joanna menikah dengan Raditya pada 16 Juni 2007 saat usianya masih 20 tahun

1. Joanna menikah Raditya 16 Juni 2007 saat usia masih 20 tahun
Instagram.com/Joannaalexandra

Pada 16 Juni 2007, Joanna Alexandra menikah dengan Raditya Oloan Panggabean. Saat itu Joanna masih berusia 20 tahun. Keluarga ini makin lengkap berkat kehadiran 4 orang anak yaitu, Zuriel Paris Jedidiah Panggabean, Zeraiah Moria Phineas Panggabean, Zoey Havilah Salajena Panggabean, dan Ziona Eden Alexandra Panggabean.

Aktris yang aktif bermain film dan sinetron ini, kerap membagian foto-foto aktivitasnya bersama keluarga di sosial media.

Mereka selalu terlihat harmonis, kompak, dan saling akrab satu sama lain.

2. Memiliki kebiasaan deep talk untuk mengutarakan apa yang anggota keluarga rasakan

2. Memiliki kebiasaan deep talk mengutarakan apa anggota keluarga rasakan
Instagram.com/Joannaalexandra

Pemain film Catatan Akhir Sekolah ini, membagikan kebiasaannya dalam menjalin komunikasi yang unik di dalam keluarganya. Menurut Joanna, ia dan keluarga bisa memiliki hubungan yang harmonis dan kuat karena rutin untuk melakukan deep talk.

Deep talk ini adalah kegiatan dimana masing-masing anggota keluarga senang untuk mengutarakan apa yang mereka rasakan secara mendalam dan detail.

"Kita suka ngobrol deep talk. Suamiku tuh sering ngulik apa yang lagi dirasakan hari ini. Biasanya aku cuma bilang, lagi senang, gak mood. Tapi, dia memaksa aku untuk memberikan detail. Gak cuma dipendam, tapi dikomunikasikan," papar Joanna."

Dengan membiasakan diri untuk bertukar cerita dan berani untuk terbuka, anggota keluarga akan lebih nyaman dan memperkuat hubungan satu sama lain.

Editors' Picks

3. Kebiasaan deep talk yang membuat Joanna mengetahui isi hati anak-anaknya

3. Kebiasaan deep talk membuat Joanna mengetahui isi hati anak-anaknya
Instagram.com/Joannaalexandra

Kebiasaan deep talk juga diterapkan kepada anak-anak Joanna. Hal ini untuk mencegah anak-anaknya terlihat bahagia namun ternyata memendam rasa sedih, iri, hingga kesal dengan orangtuanya. Kejadian ini pernah dirasakan oleh anak sulungnya, Zuriel.

"Pas Zoey lahir, mungkin karena baru pertama punya anak perempuan, semua perhatian jadi ke dia. Waktu aku ulang tahun, kita, satu keluarga sempat deep talk. Di sini, Zuriel cerita kalau dia merasa gak diperhatikan lagi sama aku. Aku kaget. Padahal waktu itu, umur dia sudah 9 tahun. Jadi, aku merasa dia sudah gak apa-apa dilepas. Ternyata, dia merasa kurang diperhatikan," cerita Joanna.

Setelah mendengarkan ungkapan hati si Anak, Joanna sempat meminta maaf dan bertekad untuk tetap memberikan perhatian yang sama kepada keempat anak-anaknya, meskipun telah beranjak besar.

4. Menyadari manusia bisa merasa capek sehingga tidak boleh malu meminta bantuan

4. Menyadari manusia bisa merasa capek sehingga tidak boleh malu meminta bantuan
Instagram.com/Joannaalexandra

Sebagai seorang Mama dari empat orang anak, tidak jarang Joanna merasakan lelah. Menurut Joanna, menjadi seorang Mama tidak perlu sempurna, ia juga butuh bantuan untuk dapat membesarkan anak-anaknya dengan baik.

"Tuntutan palsu itu, kalau sebagai Mama, kita harus sempurna. Aku sekarang udah menerapkan gak malu lagi kalau butuh bantuan. Sebagai Mama, kita adalah manusia yang bisa merasa capek. Jadi, jangan malu kalau butuh bantuan," ucap Joanna.

5. Keluarga adalah safe place bagi Joanna untuk belajar menjadi diri sendiri

5. Keluarga adalah safe place bagi Joanna belajar menjadi diri sendiri
Instagram.com/Joannaalexandra

Menurut Joanna, menjadi keluarga tidak harus sempurna. Namun, masing-masing anggota keluarga mau untuk saling berusaha. Begitupun untuk Joanna, ia menciptakan suasana yang aman atau save place dalam keluarganya. 

"Keluarga itu my safe place. Tempat yang aman untuk curhat sama suamiku. Tempat aku pulang. Tempat anak-anakku bisa menjadi diri mereka sendiri. Kita semua bisa belajar menjadi diri sendiri," tutupnya.

Dalam membangun keharmonisan Joanna juga menerapkan investasi waktu untuk keluarga. Joanna berusaha untuk melakukan waktu dengan menonton film bersama suami dan keempat anak-anaknya.

"Biasanya aku nonton bersama, terus nanti salah satu anakku memperagakan suatu adegan. Dan itu lucu sekali. Hal kecil itu bisa buat aku dan suami ketawa bahagia banget," kata Joanna.

Nah kamu telah mengetahui rahasia keharmonisan keluarga a la Joanna Alexandra. 

Apa rahasia kamu untuk menjaga keharmonisan dan kekompakan di keluarga?

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!