Apa Itu Pink Flag dalam Hubungan?

Pink flag merupakan tanda adanya masalah dalam hubungan

5 Agustus 2022

Apa Itu Pink Flag dalam Hubungan
Pexels/Ketut Subiyanto

Menjalani sebuah hubungan dengan baik-baik saja apalagi pernikahan tentu bukanlah persoalan yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang. Terlebih lagi bila ada masalah yang hadir di dalam hubungan.

Meski tak terlalu sering, masalah besar maupun kecil di dalam hubungan bisa saja datang menghampiri silih berganti.

Masalah-masalah yang ada tersebut hendaknya perlu kamu pahami dan ketahui dengan pasti. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab masalah tersebut bisa menjadi sebuah pertanda bahwa hubungan yang kamu jalani bersama pasangan sedang tidak baik-baik saja.

Selain red flag dan yellow flag, di dalam hubungan, ada tanda atau sinyal lainnya yang perlu kamu ketahui dengan baik, yaitu pink flag.

Bagi sebagian orang dan mungkin termasuk kamu, istilah pink flag masih terdengar begitu asing dan tidak familiar. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta tentang pink flag dalam hubungan.

Yuk Ma, disimak!

1. Pink flag tanda adanya masalah dalam hubungan

1. Pink flag tanda ada masalah dalam hubungan
Pexels/Keira Burton

Menurut pelatih kencan dan pembawa acara 'The Dates & Mates Podcast', Damona Hoffman, pink flag atau bendera merah muda adalah tanda yang menunjukkan bahwa ada masalah dalam hubungan, seperti merasa sudah tidak cocok dengan pasangan.

"Pink flag adalah indikator halus bahwa kamu mungkin tidak cocok dalam suatu hubungan," jelas Damona yang dilansir dari laman HuffPost Life.

Damona mencatat bahwa tanda dari pink flag tidak sejelas red flag yang cenderung menjadi masalah dan dapat dikenali oleh siapa pun.

Meski tidak terlalu serius, pink flag dalam hubungan penting untuk diatasi daripada membiarkannya berlarut-larut.

Menurut Damona, pink flag bisa diartikan sebagai bentuk peringatan yang jika diabaikan bisa berubah menjadi red flag. Meski begitu, bila disikapi dengan cara berbeda, maka tanda ini bisa dijadikan sebagai pemecah masalah di dalam hubungan.

2. Pentingnya mencatat tanda pink flag sebagai refleksi hubunganmu

2. Penting mencatat tanda pink flag sebagai refleksi hubunganmu
Pexels/Alex Green

Seorang terapis Alysha Jeney menekankan betapa pentingnya mengenali pink flag saat muncul di dalam hubungan.

Menurutnya, pink flag bisa menjadi sesuatu yang agak aneh saat dirasakan. Meski demikian, Alysha tetap menyarankan kamu untuk mencoba memberi waktu pada hubunganmu supaya dapat menentukan tingkat keparahannya.

Alysha berpendapat, tanda-tanda pink flag yang muncul juga bisa kamu gunakan sebagai titik refleksi untuk melakukan evaluasi di dalam hubunganmu.

Oleh sebab itu, tanda-tanda pink flag yang muncul dalam hubunganmu sangat penting untuk dicatat.

Editors' Picks

3. Tidak peduli menjadi salah satu tanda umum dari pink flag

3. Tidak peduli menjadi salah satu tanda umum dari pink flag
Pexels/Timur Weber

Tanda-tanda yang muncul dari pink flag hadir dalam berbagai bentuk yang bervariasi dan tidak sama. Walau demikian, tetap ada beberapa contoh umum yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk kamu pahami.

Menurut terapis relasional Liz Higgins, salah satu tanda umum yang muncul dari pink flag ialah ketidakpedulian, seperti tak peduli di mana kamu berada, atau tak peduli dengan apa yang sedang kamu lakukan.

Selain itu, menurut Liz, tidak cukup sering mengirimkan pesan juga bisa menjadi tanda adanya pink flag dalam hubungan. Meski masalah itu kelihatannya tampak sepele, hal ini tidak boleh kamu abaikan begitu saja.

4. Perubahan perilaku jadi tanda lain pink flag dalam hubungan

4. Perubahan perilaku jadi tanda lain pink flag dalam hubungan
Freepik/freepik

Lain halnya dengan Liz, terapis pernikahan dan keluarga Mabel Yiu berpendapat bahwa tanda pink flag dalam hubungan yang harus kamu perhatikan ialah perubahan perilaku.

Misalnya, pasanganmu dulu sangat sayang kepadamu, namun lama-kelamaan rasa sayang kepadamu menjadi jauh berkurang dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, perhatikan juga tentang perubahan perilaku yang nampak secara fisik. Menurut Mabel, kamu bisa mengenali dari perilakunya yang tidak lagi berniat untuk berkencan atau tumbuh sebagai pasangan bersamamu.

Bila tanda pink flag tersebut dirasa sudah muncul dalam hubungan, Damona menyarankan kepadamu untuk mencari tahu tentang kebutuhan dan keinginanmu dalam suatu hubungan dan mengomunikasikannya kepada pasangan.

Dengan kata lain, daripada menjadikan pink flag sebagai penanda hubungan akan berakhir, lebih baik jadikannya sebagai penanda bahwa kamu perlu mendapatkan lebih banyak informasi tentang hubunganmu.

5. Pink flag berpotensi lebih merusak daripada red flag

5. Pink flag berpotensi lebih merusak daripada red flag
Pexels/RODNAE Productions

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pink flag memang lebih mudah diabaikan daripada tanda red flag. Meski demikian, tanda pink flag sangat penting kamu ketahui. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab pink flag berpotensi lebih merusak daripada red flag.

Menurut pekerja sosial klinis berlisensi yang khusus dalam terapi pasangan dan keluarga, Tracy Ross, tanda pink flag terkadang terasa sangat halus sehingga kamu tak dapat mengenalnya pada saat pertama kali atau bahkan kedua kali muncul dalam hubungan.

Jika tanda-tanda yang muncul itu mulai mengganggumu berulang kali, Ross mengatakan bahwa sudah saatnya bagimu untuk memperhatikannya.

Perlu kamu ketahui, meski berbeda, pink flag ternyata bisa menjadi indikator yang akan mengarahkanmu untuk menemukan red flag dalam hubungan.

Cara Mengatasi Pink Flag dalam Hubungan

Cara Mengatasi Pink Flag dalam Hubungan
Pexels/Andrea Piacquadio

Terlepas dari tanda pink flag yang muncul dalam hubunganmu, Ross menekankan yang paling penting adalah tidak mengabaikan tanda-tanda yang ada.

"Ketidaknyamanan atau ketidakpastian seputar masalah ini sering mengarah pada penghindaran, dan semua jenis masalah hubungan tumbuh dari penghindaran," jelasnya.

Daripada membiarkannya begitu saja tanpa diselesaikan, lebih baik kamu luangkan waktu untuk memahami tanda-tanda pink flag yang dapat diamati. Bila sudah, kamu bisa membicarakan tanda-tanda itu bersama pasangan.

Jika kamu merasa tidak nyaman, dan mungkin khawatir bahwa hal ini akan menjadi masalah yang besar bagimu, kamu perlu menyelesaikan masalah ini secara sendiri atau bersama dengan pasangan.

Kamu bisa ajak pasanganmu, lalu duduk dengannya, dan pikirkan apa yang membuatmu merasa seperti itu.

Jadi itulah rangkuman beberapa fakta yang berhasil dikumpulkan tentang arti pink flag dalam hubungan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuanmu tentang arti pink flag yang sesungguhnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk